* Belajar Kesetiaan? Contohlah 10 Hewan Monogami Paling Setia Ini

10 Contoh Hewan Monogami Paling Setia Terhadap Pasangannya Sampai Mati

Blogdope.com – Kisah cinta bak Romeo dan Juliet nyatanya tidak hanya sekedar kisah roman belaka. Dalam kehidupan nyata dapat kita temui pasangan yang setia satu sama lain sampai mati. Tidak hanya pada manusia, tetapi juga hewan. Artikel berikut memaparkan 10 contoh hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya.

Dunia ilmu pengetahuan mengenal hewan sangat identik dengan sifat poligami. Dengan kata lain, hewan identik dengan kebiasaan berganti pasangan setiap saat.

Hewan berjenis kelamin jantan bebas berkeliaran mencari hewan betina untuk kemudian dikawini.

Apakah ini berlaku untuk semua jenis hewan? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Terdapat beberapa jenis hewan yang bersifat monogami sepanjang hidupnya. Hewan-hewan tersebut memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi terhadap pasangannya.

Bahkan pada beberapa jenis hewan monogami ada yang bersedia menjaga kesetiaan terhadap pasangannya sampai mati.

10 Contoh Hewan Monogami Paling Setia

Hewan yang menganut monogami sepanjang hidupnya melakukan perkawinan hanya satu kali dengan pasangannya.

Jenis hewan ini akan menunjukkan tingkat kesetiaan yang sangat tinggi terhadap pasangannya. Bahkan dianggap memiliki tingkat kesetiaan melebihi manusia.

Dari beberapa penelitian yang telah dipublikasikan hasilnya, diperoleh kenyataan bahwa hewan-hewan monogami hanya akan setia terhadap pasangannya sampai mati.

Dengan kata lain, ketika pasangannya mati, maka hewan tersebut tidak akan kawin lagi seumur hidupnya.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika terdapat beberapa jenis hewan monogami yang dianggap sebagai simbol cinta yang paling setia.

Baca Juga :

Ternyata..Ada Rangkaian Fakta Unik Seputar Kejadian Bersin pada Manusia

Simak, Hewan Monogami ini Setia Sampai Mati

Berikut ini admin sajikan 10 contoh hewan monogami paling setia terhadap pasangannya yang disarikan dari berbagai sumber.

1. Merpati

Merpati merupakan contoh nyata jenis hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya sampai mati.

Burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang tingkat sebarannya paling banyak di seluruh dunia.

Hampir di setiap belahan bumi terdapat populasi burung merpati dengan beragam jenis. Kecuali di wilayah kutub dan antartika yang iklimnya ekstrim.

Keberadaan merpati sudah banyak dimanfaatkan sejak zaman dahulu kala. Ketika perangkat telekomunikasi masih belum secanggih sekarang, merpati banyak berguna sebagai pengantar pesan tertulis.

Kemampuan terbang burung merpati yang dapat mencapai puluhan kilometer menjadikannya alat utama proses komunikasi zaman dulu.

Begitu pesan tertulis yang dikirimkan telah sampai ke tujuan, burung merpati akan terbang kembali ke tempat asal pesan.

Merpati merupakan lambang kesetiaan paling nyata. Seberapa jauhnya ia terbang menjelajah, ia akan kembali kepada pasangan tetapnya.

Maka sangatlah tepat jika ada ungkapan, “Merpati tak pernah ingkar janji”.

Wujud kesetiaan burung merpati akan semakin terlihat manakala pasangannya sakit. Burung merpati akan tetap berada di sisi pasangannya apapun yang terjadi. Ia tidak akan pernah meninggalkan pasangannya.

Jika sampai terjadi pasangannya mati, maka merpati yang tertinggal akan ikut mati beberapa hari kemudian. Kematian tersebut terjadi karena serangan stress akibat ditinggal mati pasangannya.

hewan monogami paling setia
Kuda Laut, Contoh Hewan Monogami Paling Setia

Simak Juga : 

Mengenal Orangutan, si Kera Besar Asli Asia dengan Berbagai Fakta Unik dan Menarik

2. Kuda Laut

Kuda laut merupakan salah satu jenis hewan monogami. Binatang ini hanya akan melakukan hubungan seksual dengan satu pasangannya saja.

Sepanjang hidupnya, kuda laut jantan memilih sendiri kuda laut betina sebagai pasangannya.

Hampir sepanjang tahun, kuda laut akan berhubungan seksual. Pasangan hewan ini akan hidup bersama hingga keduanya mati.

3. Angsa

Dalam berbagai kebudayaan di dunia, hewan angsa menjadi simbol tentang cinta dan kesetiaan yang paling banyak ditemukan.

Kebiasaan pasangan angsa untuk menggabungkan kepala hingga membentuk gambaran hati menjadikannya sebagai alasan penetapan hewan monogami ini sebagai simbol setia.

Angsa akan saling berenang mendekat satu dengan yang lain manakala dirasa bertemu dengan pasangannya. Sembari berenang, angsa akan menggerakkan leher dengan koreografi khusus.

Pasangan angsa ini akan saling bergantian untuk mengerami telur-telurnya.

angsa hewan paling setia
Angsa, Lambang Kesetiaan pada Pasangan

Artikel Terkait:

Belajar Kesetiaan Terhadap Pasangan Dari Burung Bangau

4. Burung Parkit

Salah satu contoh hewan monogami yang bersifat paling setia adalah burung parkit. Sesuai khitahnya, burung parkit merupakan hewan sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Secara naluriah, burung parkit merasakan sedih dan kesepian manakala tidak berteman.

Jika salah satu pasangan burung parkit mati, peristiwa itu akan menajdi sangat menyakitkan. Akibatnya burung parkit akan merasakan penderitaan dan kegelisahan yang luar biasa.

5. Burung Hantu

Kesetiaan burung hantu terhadap pasangannya tidak hanya terbatas semasa musim kawin saja. Melainkan berlangsung sepanjang tahun.

Itulah mengapa burung hantu menjadi salah satu contoh burung monogami yang paling setia terhadap pasangannya.

Pasangan burung hantu akan saling bekerja sama merawat anak-anaknya. Mereka bahu-membahu mencari makan untuk anak-anak sampai mereka bisa hidup mandiri.

Keselamatan anak-anak burung hantu menjadi prioritas. Bahkan, induk burung hantu bersedia merelakan nyawa demi melindungi anak-anaknya.

6. Buaya

Tidak seperti ungkapan “buaya darat” yang menggambarkan ketidaksetiaan terhadap pasangan, hal sebaliknya yang terjadi pada hewan buaya.

Buaya terbukti memiliki kesetiaan terhadap pasangannya.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan, lebih dari tujuh puluh persen buaya betina selalu memilih buaya jantan yang sama. Ini terjadi setiap kali musim kawin buaya tiba.

Jika sampai terjadi buaya betina mati terlebih dahulu, maka buaya jantan tidak akan kawin lagi atau berganti pasangan.

Oleh karena itu buaya juga menjadi salah satu simbol kesetiaan dan langgengnya sebuah hubungan percintaan.

7. Serigala

Serigala memang terkenal sebagai jenis hewan pemburu yang bersifat sangat buas. Tetapi ternyata serigala tergolong hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya.

Hewan monogami ini jika telah bertemu dengan pasangannya maka mereka akan selalu bersama-sama.

Kebersamaan pasangan serigala akan terus berlangsung dan membentuk koloni serigala bersama anak-anaknya.

Koloni pasangan serigala dan anak-anaknya inilah yang kemudian menjadi sebuah keluarga yang utuh.

Sepanjang hidupnya, seekor serigala hanya akan mengawini satu lawan jenisnya. Sifat setia hewan serigala ditandai dengan kuatnya ikatan persaudaraan diantara sesamanya.

Apabila melihat salah satu serigala anggota kawanannya terluka, maka kawanannya akan berburu dan mencari makan untuknya. Bahkan kawanannya bersedia menjaganya sampai sembuh.

Untuk merawat bayi serigala, kawanan serigala memiliki peran dan tugas serta tanggung jawab yang sama. Mereka akan bersama-sama merawat bayi-bayi serigala.

Baca Juga :

Tupai, si Imut Berwajah Lucu dengan Aneka Fakta Unik dan Menarik

fakta penguin hewan monogami paling setia
Pasangan Penguin Contoh Nyata Hewan Monogami Paling Setia
8. Penguin

Sama seperti manusia pada umumnya, seekor penguin selalu berkomunikasi sepanjang waktu dengan sejenisnya.

Mereka akan lebih mengenal dan dekat dengan pasangannya melalui proses komunikasi ini.

Seekor penguin dapat menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya untuk bersama-sama dengan pasangannya. Perpisahan hanya terjadi sementara pada saat berburu makanan di musim dingin.

Binatang penguin saling menunjukkan perlindungan bagi seluruh keluarganya. Pada saat air membeku, penguin selalu membersihkan diri bersama keluarganya.

9. Rayap

Contoh hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya adalah rayap. Seekor rayap terkenal sebagai hewan paling setia dengan pasangan. Bahkan seekor ratu rayap biasanya hanya memilih satu penjantan untuk menjadi pasangan seumur hidupnya.

Koloni rayap terdiri atas ratu, raja, dan keturunannya. Masing-masing memiliki peran spesifik dalam koloni rayap.

Dalam sehari, seekor ratu rayap mampu memproduksi lebih dari tiga puluh ribu telur. Jika dihitung, maka seekor ratu rayap mampu bertelur setiap 15 detik, dan itu berlangsung sepanjang hidupnya.

fakta unik hewan paling setia
Tikus Padang Gurun, Setia Sampai Mati

Baca :

Anda Perlu Tahu, Beginilah Fakta Unik dan Menarik Seputar Bakteri

10. Tikus Padang Rumput

Secara umum, hewan tikus bukanlah tergolong hewan monogami. Ia terus berganti-ganti pasangan sepanjang hidupnya. Tetapi itu tidak berlaku bagi jenis tikus padang rumput.

Jenis tikus padang rumput sangat setia terhadap pasangannya. Oleh karena itu, hewan ini tergolong sebagai hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya.

Tikus padang rumput akan berbagi sarang bersama, mencari makan pun dilakukan bersama. Ketika ada tikus padang rumput betina lain yang mendekati, maka tikus jantan justru akan menyerang betina tersebut.

Artikel Populer Lain:

Nah, itulah 10 contoh hewan monogami yang paling setia terhadap pasangannya. Semoga dapat menambah luas wawasan dan pengetahuan Anda.

Pastikan Anda sudah subscribe e-mail ke blogdope.com agar tidak ketinggalan update artikel terbaru yang pastinya berguna.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: