Setia pada pasangan? Belajarlah dari burung bangau.

Blogdope.com – 10 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Bangau yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu fakta unik burung bangau adalah kesetiaannya terhadap pasangannya. Sehingga burung bangau seringkali dipakai sebagai lambang kesetiaan. Berikut 10 fakta unik dan menarik tentang burung bangau yang perlu Anda ketahui.

Ciri Fisik Burung Bangau

Dalam ilmu Biologi, burung Bangau dimasukkan ke dalam famili Ciconiidae. Karakteristik fisik badan burung bangau diantaranya berukuran besar, kaki dan leher panjang, memiliki paruh yang tebal dan kuat.

Rentangan kedua sayap burung bangau juga terhitung lebar.

Burung bangau memiliki habitat hidup pada daerah yang beriklim hangat. Sumber makanan burung bangau normalnya berupa ikan-ikan berukuran kecil, serangga, burung-burung kecil, cacing, dan juga katak.

Sarang tempat burung bangau hidup dan berkembang biak mempunyai ukuran yang luas. Lebar diameter sarang burung bangau dapat mencapai 2 (dua) meter. Sarang ini dibuat dan dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama, bahkan bisa mencapai tahunan.

Di beberapa negara, burung bangau dipakai sebagai simbol kesetiaan dan cinta kasih kepada pasangan.

Inilah 10 fakta unik dan menarik tentang burung bangau yang perlu Anda ketahui.

1. Burung Bangau terbang dengan menerapkan prinsip aerodinamika

Pada saatu terbang, burung bangau secara tidak langsung menerapkan prinsip aerodinamika. Burung bangau akan menjulurkan kepalanya ke arah depan, sementara pada saat yang bersamaan kedua kakinya didorong ke belakang.

Teknik terbang melayang dengan penerapan prinsip aerodinamika ini dilakukan oleh burung bangau dengan tujuan untuk menghemat energi.

2. Negara tuan rumah bagi burung Bangau adalah Polandia

Sebanyak 25 persen jenis burung bangau yang terdapat di seluruh dunia hidup dan berkembang biak di negara Polandia. Sebagian besar warga negara Polandia sangat mencintai burung bangau, sehingga kelangsungan hidup dan populasi burung bangau sangat terjaga.

BACA JUGA :   Inilah 8 Fakta Unik Seputar Amoeba yang Perlu Anda Ketahui

Bahkan Polandia mencantumkan burung bangau atau angsa pada lambang negara resminya.

3. Kawanan burung bangau memiliki kebiasan terbang unik

Kebiasaan terbang kawanan burung bangau memiliki keunikan tersendiri. Pada saat terbang, kawanan burung bangau akan membentuk formasi terbang menyerupai huruf V.

Formasi terbang ini menempatkan dua ekor burung di barisan paling depan, dan satu burung di barisan paling belakang.

Penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa dengan formasi terbang ini, kawanan burung bangau dapat mencapai jarak tempuh yang lebih jauh karena secara tidak langsung formasi terbang yang menyerupai huruf V ini ternyata dapat menghemat energi.

4. Burung bangau paling sering menjadi model origami di Jepang

Origami atau seni melipat kertas a la negara Jepang sering menjadikan burung bangau sebagai modelnya.

Warga negara Jepang menganggap burung bangau memiliki nilai filosofis yang sangat dalam. Sehingga sering dijadikan sebagai model origami atau seni melipat kertas di Jepang.

Hasil kegiatan melipat kertas tradisional atau origami di Jepang tersebut kemudian dipakai sebagai hiasan dekorasi rumah dan kamar, seperti kamar tidur, ruang tamu, dan bahkan dijadikan gantungan di jendela.

Kepercayaan yang berlangsung turun-temurun di Jepang menganggap bahwa jika seseorang dapat menyusun origami sampai berjumlah seribu buah, maka cita-citanya akan dapat tercapai.

5. Jenis bangau Tongtong terancam kepunahan

Jenis burung bangau Tongtong merupakan spesies burung bangau yang paling mendekati kepunahan populasi. Hal ini dikarenakan populasi burung bangau Tongtong adalah yang paling sedikit jika dibandingkan dengan jenis-jenis burung bangau lainnya.

BACA JUGA :   Berbentuk sederhana tapi mampu mengakhiri hidup manusia! Inilah 9 fakta unik tentang cacing pita.

6. Makanan berukuran kecil disaring menggunakan paruh

Paruh burung bangau yang panjang didesain mampu menyaring makanan yang berukuran kecil sekalipun. Saringan makanan ini menjamin tidak adanya makanan yang dilewatkan oleh burung bangau.

Pada bagian paruh burung bangau terdapat kelokan di tengah paruh, yang mana bagian ini akan memudahkan burung bangau untuk menyaring makanan berukuran kecil di dalam air.

7. Burung bangau dapat bertahan lama dengan berdiri di atas satu kaki

Burung bangau dapat bertahan lama berdiri di atas satu kakinya. Meskipun ukuran fisik tubuhnya relatif besar, ternyata kekuatan sebelah kakinya mampu menopang seluruh berat beban tubuhnya.

Teknik berdiri dengan sebelah kaki ini dilakukan oleh burung bangau untuk mengurangi rasa dingin yang diakibatkan terendamnya kaki di dalam air. Selain itu, dengan berdiri dengan sebelah kaki juga akan menyamarkan kaki bangau, sehingga ikan-ikan yang lengah mudah ditangkapnya.

8. Induk Burung bangau tidak pernah memberi makan ikan pada anaknya

Induk burung bangau tidak akan memberi makanan berupa ikan pada anak-anaknya yang masih kecil. Hal ini didasari kesadaran dalam diri burung bangau bahwa anak-anaknya yang masih kecil dapat tersedak atau mengalami kesulitan untuk mencerna tulang ikan yang keras.

Sebagai penggantinya, induk burung bangau akan memberi makan pada anak-anaknya yang masih kecil berupa susu yang diperoleh dari proses metabolisme tubuhnya sendiri. Mirip manusia ya?

9. Burung Bangau senang berpindah tempat hidup (migrasi)

Kawanan burung bangau dikenal karena kebiasaanya melakukan perpindahan tempat hidup dan habitatnya (migrasi) dalam jarak jauh dan waktu yang lama.

BACA JUGA :   Hiu Putih Raksasa, Hewan Predator Terbesar di Dunia!

Hal yang menyebabkan terjadinya proses migrasi kawanan burung bangau ini adalah keinginan untuk menemukan sebuah tempat dan habitat baru dengan suhu udara yang ideal. Perlu diketahui, bahwa suhu udara dan iklim yang ekstrim dapat berakibat buruk pada kesehatan burung bangau.

Kebiasaan migrasi burung bangau dijadikan patokan oleh manusia zaman dahulu untuk mengukur suhu udara dan menentukan waktu musim panas ketika pengukur suhu belum ditemukan. Hal ini dapat dijadikan indikasi sederhana karena burung bangau selalu mencari tempat yang hangat.

Pada zaman dahulu dimana manusia belum menemukan alat untuk mengukur suhu, mereka akan menggunakan kedatangan burung angsa sebagai  tanda bahwa musim panas sebentar lagi tiba, karena bangau selalu mencari tempat yang hangat.

10. Burung bangau akan menari indah pada saat musim kawin tiba

Seluruh burung bangau berjenis kelamin betina akan melakukan tarian yang indah sebagai upaya untuk merebut perhatian dan hati burung bangau jantan. Hal ini terjadi sepanjang musim kawin burung bangau.

Setelah seluruh burung bangau betina memperoleh pasangannya, maka proses kawin berlangsung.

Burung bangau betina akan pergi ke tempat yang dirasa cocok untuk bertelur, kemudian mengumpulkan ranting-ranting pohon dan membuat sarang bagi calon anak-anak mereka.

Demikian artikel mengenai 10 fakta unik dan menarik burung bangau yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *