10 Film Kartun yang Harus Dilihat untuk Belajar Bahasa Inggris

Blogdope.com – Belajar bahasa Inggris melalui film kartun atau animasi? Kenapa tidak? Tidak semua dongeng tentang seorang putri adalah dongeng yang terkait dengan cerita cinta. Ada beberapa jenis dongeng yang justru dapat membantu kita mempelajari sesuatu, termasuk bahasa Inggris. Inilah 10 film kartun dan animasi yang harus Anda lihat untuk belajar Bahasa Inggris.

10 Film Kartun untuk Belajar Bahasa Inggris dengan Menyenangkan

Pernahkah Anda melihat film kartun Putri Sofia?

Film kartun tentang Putri Sofia merupakan salah satu judul film yang sangat membumi. Kebanyakan cerita tentangnya di dalam film animasi tersebut menceritakan tentang sesuatu yang benar atau salah.

film kartun untuk belajar bahasa inggris
10 Film Kartun untuk Belajar Bahasa Inggris (gambar: aliefworkshop.com)

Dia mengajari orang-orang (dan juga binatang) tentang menemukan kebaikan dari dalam diri mereka sendiri dan dari orang di sekitarnya. Ia juga mengajari orang mengapa berkelakuan buruk itu adalah tindakan yang sangat salah.

Putri Sofia melakukannya melalui percakapan, dialog, dan juga nyanyian. Perkataan dan nyanyiannya sangat mudah dimengerti dan mudah diingat meskipun di sampaikan dengan sedikit cepat.

Berikut beberapa judul film kartun yang harus Anda lihat untuk belajar Bahasa Inggris.

Film Kartun untuk Belajar Bahasa Inggris

1. Film Kartun The PJ Masks

Film kartun pertama yang perlu Anda saksikan untuk belajar bahasa Inggris ialah sebuah film berjudul The PJ Masks.

Di dalam film kartun ini bercerita tentang petualangan Connor (Catboy), Amaya (Owlette), dan Greg (Gecko) sebagai the PJ Masks, tokoh pahlawan super saat malam hari. Film the PJ Masks di kemas dalam konsep film kartun berseri, sehingga kita dapat menemukan banyak episode di dalamnya.

Film Kartun The PJ Masks
Film Kartun The PJ Masks (Gambar: pinkids.wordpress.com)

Tokoh-tokoh dalam The PJ Masks menggunakan kekuatan yang mereka miliki untuk melindungi lingkungannya dari orang-orang jahat saat malam tiba.

Cerita di dalam film kartun The PJ Masks lebih banyak seputar masalah kepribadian, dari pribadi yang jahat dan perusak sampai ke pribadi yang baik dan bersifat pahlawan.

Karakter Catboy di dalam film kartun the PJ Masks tergolong orang yang memandang segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri. Sedangkan tokoh Owlette adalah orang yang sangat egois. Demikian juga halnya dengan karakter tokoh Gecko.

Ketika tokoh-tokoh superhero di dalam film animasi ini jatuh dalam kekalahan, mereka secara tiba-tiba menyadari bahwa mereka harus saling menyesuaikan kepribadian dan bekerja dalam sebuah tim untuk mengalahkan para penjahat.

Banyak sekali dialog di dalam film kartun The PJ Masks yang menggunakan kata-kata terkait aktivitas di sekolah. Tempo di dalam film kartun ini tidak terlalu cepat.

Demikian pula dengan perbendaharaan kosa kata atau vocabulary yang di pakai sangat banyak dan sering ditemui dalam percakapan sehari-hari.

2. Film Kartun Doc McStuffins

Film kartun Doc McStuffins adalah sebuah film kartun berwarna yang di dalamnya menggunakan kalimat-kalimat yang menghibur dan frase yang terkait dengan masalah kesehatan.

Doc McStuffins sendiri adalah tokoh yang berwujud seorang gadis kecil. Ia memiliki bakat untuk melakukan diagnosa, memperbaiki, atau menyusun ulang mainan yang rusak. Jadi, karakter Doc McStuffins digambarkan seabgai seorang dokter khusus mainan.

film kartun doc mcstuffin
Film Kartun Doc McStuffin (gambar: aliefworkshop.com)

Di dalam film kartun Doc McStuffins diceritakan bahwa mainan-mainan yang sedang rusak atau bermasalah pasti datang kepada Doc McStuffins. Tujuannya tentu saja agar mereka dapat segera diperbaiki.

Sebagaimana biasa, mereka menunjukkan ketakutan yang sama dan umum dirasakan oleh semua pasien. Jadi, sang dokter mengakhirinya dengan bernyanyi dan meminta pasiennya untuk tenang.

Dia menjelaskan rangkaian tes dan pengeekan yang harus di lakukannya untuk memperoleh sebuah diagnosa.

Film kartun ini menggunakan banyak sekali variasi ungkapan. Jadi, Anda dapat memperoleh banyak sekali ungkapan yang berbeda-beda. Kosa kata yang paling banyak di dalam film ini lebih mengarah ke tingkat menengah.

Meskipun demikian, tempo percakapan antar tokoh karakter di dalam film kartun ini tidaklah terlalu cepat dan sangat mudah di mengerti.

3. Film Kartun Fancy Nancy

Judul film kartun berikutnya yang bisa Anda lihat untuk belajar bahasa Inggris ialah film Fancy Nancy. Film kartun ini relatif masih baru.

Cerita di dalam film kartun Fancy Nancy tentang seoragn gadis bernama Nancy Clancy yang sangat suka menganggap dirinya mempesona dalam berbusana.

film kartun fancy nancy
Film Fancy Nancy (gambar: aliefworkshop.com)

Di dalam film kartun ini, Nancy seringkali berpakaian dengan model tutu, boa, permata, dan sebagainya.

Sehari-harinya, Nancy menunjukkan pada teman-temannya serta mengajari mereka bagaimana caranya agar terlihat anggun. Ia mengajari bagaimana cara berpakaian, bertingkah laku, dan berbicara dengan sopan.

Karena Nancy banyak menggunakan kosa kata yang terdengar “fancy”, maka Anda akan dapat mempelajari jenis kosa kata tingkat lanjut dalam bahasa Inggris. Kata-kata yang baru seringkali dijelaskan, baik secara verbal maupun visual.

4. Film Animasi Blue’s Clues

Blue’s Clues sebenarnya kurang tepat kalau kita sebut sebagai sebuah film kartun sepenuhnya. Akan tetapi bagaimanapun film ini merupakan animasi yang menggambarkan interaksi antara Steve dan anjingnya yang berbulu warna biru.

Seting cerita film ini seperti sebuah permainan interaktif seperti mencari dan menemukan untuk pemirsanya.

film kartun blues clues
Film Kartun Blue’s Clues (Gambar: Nawalakarsa.id)

Anjing Blue meninggalkan jejak kakinya sebagai petunjuk untuk pemirsa agar dapat memperkirakan apa yang terjadi selanjutnya.

Pokok cerita di dalam film kartun Blue’s Clues berfokus pada perkembangan keterampilan anak-anak, jadi kalimat-kalimat dalam dialognya sangat mudah dan temponya lambat.

Sebagian besar pertanyaan di dalam film ini menggunakan jenis pertanyaan Ya / Tidak (Yes/No Question), mirip seperti film kartun Sesame Street.

5. Film Animasi The Muppets

Faktanya, film The Muppets juga bukan sepenuhnya berupa film kartun. Akan tetapi lebih kepada animasi boneka sebagai tokoh utamanya.

Cerita di dalam film kartun ini berpusat pada tokoh Kermit the Frog, Miss Piggy, Gonzo, Fonzi the Bear, Animal, dan lain-lain. Karakter-karakter dalam film kartun The Muppets sangat menarik untuk anak-anak dan remaja.

film kartun the muppets
Film The Muppets (Gambar: tv.apple.com)

Penyajian cerita di dalam film ini di sajikan melalui nyanyian dan tarian, jadi itu akan sangat menghibur. Film kartun ini memberikan banyak sekali nilai-nilai pelajaran kehidupan untuk keluarga, teman, dan Anda sendiri.

Di samping itu, banyak ekspresi kalimat yang menggunakan kosa kata tingkat menengah. Jadi, jika Anda tergolong pembelajar bahasa Inggris pada level menengah, maka film kartun The Muppets adalah film yang harus Anda lihat.

6. Film Animasi Sesame Street

Film kartun berjudul Sesame Street adalah sebuah pertunjukan edukasi yang mengajari kita bagaimana cara berhitung dan mengucapkan alfabet.

Pertunjukan film Sesame Street menggunakan konsep interaksi antara manusia dengan animasi boneka, misalnya Big Bird, Oscar the Grouch, Cookie Monster, The Count, dan juga Elmo.

Karena lebih bersifat edukasi, maka film ini secara tidak langsung memiliki pola kurikulum pembelajaran untuk anak. Bahasanya sangat mudah dan sederhana, serta temponya terkontrol. Setiap bagian dalam film menyertakan kertas dengan nomor dan kata serta kalimat ungkapan.

7. Film Kartun Curious George

film kartun curious george
Film Curious George (gambar: Pinterest.com)

Curious George adalah sebuah film kartun yang berdasar pada buku cerita berseri dengan judul yang sama. George adalah karakter berupa seekor monyet yang hidup bersama “Lelaki dengan Topi Kuning”. Nama tokoh ini tidak pernah disebutkan di sepanjang film. Mereka berdua hidup di dalam sebuah apartemen di kota.

Karena mengambil latar berdasarkan sebuah buku, dan karakter George adalah seekor monyet, maka film kartun ini termasuk cerita narasi. Jadi, saat menyaksikan film ini, Anda akan merasa seperti sedang mempelajari sebuah audiobook. Hanya karakter tokoh manusia saja yang memiliki dialog.

Film kartun ini sangat bermanfaat bagi pembelajar bahasa Inggris, karena tata bahasa yang di pakai sangat bagus dan mudah diikuti.

8. Film Kartun Dora and Friends

Dora and Friends adalah sebuah film kartun berseri yang bercerita seputar petualangan tokoh Dora, seorang anak petualang dan teman-temannya. Meskipun Dora adalah tokoh karakter dari masyarakat Spanyol, akan tetapi ia berbicara dalam bahasa Inggris.

Selama petualangannya, Dora menunjukkan perbedaan dan persamaan dari banyak hal. Kemudian, perbendaharaan kosa kata menggunakan konsep sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata).

film kartun dora and friends
Film Dora and Friends (Gambar: Pinterest.com)

Di samping pelafalan yang bagus, tempo percakapan yang lambat, dialog-dialog dalam film kartun ini juga menyertakan teks terjemahan dalam bahasa Inggris agar pemirsa lebih mudah mengikuti.

9. Film Dr. Seuss’s – Cat in the Hat

Film kartun berjudul Dr. Seuss’s – Cat in the Hat juga merupakan sebuah film yang wajib Anda saksikan untuk memulai belajar bahasa Inggris.

Cerita di dalam film ini berdasar pada buku cerita berseri dengan judul yang sama. Kartun ini menceritakan petualangan Sally dan Conrad bersama teman mereka yang nakal, The Cat in the Hat.

Untuk kebanyakan orang, dialog-dialog di dalam film kartun ini terlihat tidak relevan dan terkadang seperti tidak penting. Bagaimanapun, cerita di dalam film kartun Dr. Seuss’s – Cat in the Hat memiliki banyak sekali alur.

Jadi, kalimat-kalimat dalam dialognya sangatlah relevan dan menggunakan kosa kata yang benar. Bagi seorang pembelajar bahasa Inggris, akan dapat menemukan ekspresi atau kalimat ungkapan yang sangat bermanfaat dalam percakapan sehari-hari.

Baca Juga:

Akhirnya, itulah 10 film kartun yang harus dilihat untuk belajar bahasa Inggris. Kesimpulannya ialah kita bisa belajar sesuatu hal dari apapun yang ada di sekitar kita.

Admin berharap artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terutama yang sedang memulai belajar bahasa Inggris.

Selamat belajar dan berlatih, semoga sukses.

Terima kasih.