Biografi Singkat Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Blogdope.com – Biografi Singkat Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Teori tentang lubang hitam (black hole) meninggalkan perdebatan teramat panjang yang bahkan berlangsung hingga saat ini. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang mencetuskan teori lubang hitam (black hole)? Berikut biografi Stephen Hawking pencetus teori lubang hitam (black hole).

Pranala Hidup Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Stephen HawkingStephen Hawking lahir pada tanggal 8 Januari 1942 di Inggris. Beliau juga meninggal di Inggris pada tanggal 14 Maret 2018.

Nama Stephen Hawking dikenal sebagai seorang ahli fisika modern dan juga seorang ahli kosmofologi (ilmu yang mempelajari tentang alam semesta).

Pemilihan jurusan fisika oleh Stephen Hawking pada saat studi tidak sepenuhnya memperoleh dukungan dari sang ayah. Ayah Stephen Hawking lebih menginginkan putranya untuk mempelajari ilmu pengobatan.

Dengan melihat keberminatan Stephen Hawking yang demikian besar terhadap ilmu fisika, pada akhirnya sang ayah memberikan persetujuannya.

Gelar sarjana fisika berhasil diperoleh oleh Stephen Hawking dari Universitas Oxford pada tahun 1962. Universitas Oxford merupakan salah satu universitas tertua dan ternama di dunia. Universitas ini banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan terkenal.

Berikutnya Stephen Hawking meraih gelar doktor filsafat (Ph.D) dari Trinity Hall, Universitas Cambridge.

Setelah berhasil menyelesaikan studinya di bangku kuliah, Stephen Hawking kemudian memulai melakukan penelitian di bidang kosmologi.

Dunia mengenal nama Stephen Hawking sebagai seorang ilmuwan besar yang banyak mengemukakan teori-teori luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan. Beberapa konsep yang dikemukakannya antara lain tentang lubang hitam (black hole), gelombang gravitasi (lihat juga: Biografi Singkat Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi), ledakan besar (big bang).

BACA JUGA :   Biografi Singkat Robert Boyle Penemu Metanol

Selain teori-teori dan konsep-konsep ilmu pengetahuan, Stephen Hawking juga banyak menulis buku-buku ilmiah dan juga buku untuk anak-anak.

Stephen Hawking didiagnosis oleh dokter menderita penyakit amytrophic lateral sclerosis (ALS) atau disebut juga penyakit Lou Gehrig pada tahun awal tahun 1963. Penyakit ini menyebabkan Stephen Hawking tidak bisa bergerak leluasa, bahkan menghambat pula kemampuannya berbicara.

Dokter bahkan memprediksi bahwa Stephen Hawking hanya dapat bertahan hidup selama kurang lebih dua tahun. Akan tetapi kenyataannya tidak demikian. Stephen Hawking mampu bertahan hidup dan menghasilkan karya-karya besar hingga mencapai usia 76 tahun.

Pada tahun 1985, Stephen Hawking diharuskan untuk menjalani operasi trakeostomi. Operasi ini memiliki efek samping hilangnya kemampuan berbicara pada diri Stephen Hawking.

Universitas Cambridge kemudian menyumbangkan sebuah alat yang membantu Stephen Hawking untuk dapat berkomunikasi. Dengan alat tersebut, Stephen Hawking bisa memilih kata-kata yang akan diucapkannya dengan menggerakkan otot-otot pada pipinya.

Meskipun menderita penyakit yang tidak lumrah, hal itu sama sekali tidak menghambat keinginan Stephen Hawking untuk terus melakukan penelitian dan penyelidikan serta studi tentang alam semesta.

Teori Lubang Hitam (Black Hole) Stephen Hawking

teori lubang hitam stephen hawking

Minat terbesar yang tumbuh dalam diri Stephen Hawking adalah belajar tentang alam semesta. Pada akhirnya pemikiran-pemikiran dan teori-teori tentang alam semesta yang dikemukakan oleh Stephen Hawking banyak membantu manusia untuk memperoleh pemahaman tentang alam semesta.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

Hampir sepanjang hidup Stephen Hawking dihabiskan untuk melakukan studi dengan tujuan menguak misteri tentang alam semesta. Stephen Hawking mengemukakan sebuah hipotesis bahwa jika alam semesta memiliki awal berupa ledakan besar (big bang), dan akan berakhir dengan cara yang sama.

The Grand DesignBuku “The Grand Design” merupakan karya terakhir dari Stephen Hawking. Buku ini memuat pandangan-pandangan pribadi Stephen Hawking tentang asal-usul alam semesta.

Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Stephen Hawking juga berhasil mendemonstrasikan Teori Relativitas Umum yang dikemukakan oleh Albert Einstein (lihat juga: Biografi Singkat Albert Einstein Penemu Teori Relativitas).

Di dalam demonstrasi tersebut, Stephen Hawking membuktikan teori relativitas umum Albert Einstein yang menunjukkan bahwa ruang angka dan waktu dimulainya kelahiran alam semesta dan berakhirnya yang disebut dengan lubang hitam (black hole).

Stephen Hawking memadukan Teori Relativitas Umum yang dikemukakan oleh Albert Einstein dengan Teori Kuantum. Dari hasil perpaduan tersebut, Stephen Hawking menemukan bahwa lubang hitam (black hole) bukanlah objek yang hanya diam saja. Melainkan terus berdesis, mengeluarkan radiasi serta partikel, sebelum akhirnya meledak dan menghilang.

Lubang hitam (black hole) di angkasa luar diyakini oleh Stephen Hawking merupakan sebuah pintu untuk menuju ke dunia lain. Daya tarik atau gravitasi yang dimiliki oleh lubang hitam (black hole) ini sangatlah kuat. Dengan gravitasi yang sedemikian kuat ini maka benda apapun (termasuk cahaya) yang masuk ke dalamnya tidak akan dapat lolos dan tertarik ke dalamnya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)

Menurut pendapat Stephen Hawking, lubang hitam (black hole) merupakan sebuah benda langit yang sangat unik dan terbentuk dari bintang-bintang yang mati. Stephen Hawking meyakini bahwa manusia ataupun benda-benda yang masuk ke dalam lubang hitam (black hole) tidak musnah melainkan hanya berpindah ke alam lain.

black holeTeori lubang hitam (black hole) Stephen Hawking ini dikemukakan sebagai salah satu usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kalangan para ahli fisika. Salah satu pertanyaan tersebut adalah apa yang akan terjadi manakala sebuah benda berada di dimensi lain yang tidak memiliki pantulan cahaya.

Teori lubang hitam (black hole) tak pelak lagi menjadi sebuah kontroversi dalam peradaban umat manusia. Meskipun melalui penelitian-penelitian yang terus dilakukan mendapati kemungkinan bahwa lubang hitam (black hole) merupakan pintu gerbang menuju lintas ruang dan waktu.

Sepanjang karirnya, Stephen Hawking memperoleh banyak penghargaan yang didapatnya atas dedikasi yang luar biasa terhadap ilmu pengetahuan.

BBC menobatkan Stephen Hawking sebagai salah satu dari 100 orang terbesar Inggris. Presiden Amerika Serikat pada waktu itu, Barack Obama, memberikan penghargaan berupa Medal of Freedom pada tahun 2009 kepada Stephen Hawking.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *