Mengenal Keunikan Panda Binatang Besar Tapi Berotak Kecil

17 Fakta Unik dan Menarik tentang Panda yang perlu Anda Ketahui

Blogdope.com – Anda pernah menyaksikan film Kungfu Panda? Sebuah film animasi yang memiliki alur cerita bagus dan kualitas grafis yang mencengangkan.

Tokoh utama dalam film tersebut adalah Mr. Po yang digambarkan berupa seekor panda gemuk dan lucu. Berikut 17 fakta unik dan menarik tentang panda yang perlu Anda ketahui.

Binatang panda merupakan jenis hewan mamalia dengan bentuk yang gemuk lucu serta menggemaskan. Binatang ini memiliki asal usul dari daerah Tiongkok Tengah. Panda dikategorikan ke dalam kelompok beruang.

Ciri Fisik Panda

Panda memiliki sebuah ciri khas yang tidak dapat ditemukan pada jenis hewan mamalia yang lain. Ciri khas tersebut berupa lingkaran berwarna hitam di seputar mata, serta bentuk badan yang besar yang tertutup oleh lapisan bulu yang sangat tebal dan lembut.

Fakta unik panda yang lain adalah makanan yang dikonsumsinya. Seekor panda akan memakan batang bambu tradisional yang banyak tumbuh di daratan Tiongkok.

Selain fakta unik tersebut, ternyata panda juga memiliki sejumlah fakta unik lainnya. berikut 12 fakta unik dan menarik tentang panda yang perlu Anda ketahui.

Fakta 1 – Umur hidup panda panjang

Seekor panda yang dikembangbiakkan secara khusus di tempat penangkaran akan mampu bertahan hidup dan mencapai usia sampai dengan 30 tahun.

Sedangkan panda yang hidup di habitat asli atau alam liar dapat bertahan hidup dan mencapai usia sekitar 20 tahun.

Fakta 2 – Taring panda besar dan tajam

Seekor panda memiliki pasangan gigi taring yang tajam dan berukuran besar. Desain gigi taring yang berukuran besar dan tajam ini bermanfaat untuk mengoyak batang bambu dan jenis makanan lain yang menjadi makanan panda.

Fakta 3 – Panda suka udara dingin dan lembab

Habitat dan lingkungan hidup asli panda berada di dataran tinggi atau pegunungan dengan suhu udara yang dingin dan lembab.

BACA JUGA :   Setia pada pasangan? Belajarlah dari burung bangau.

Hutan bambu tradisional di daratan Tiongkok banyak yang terletak di lereng pegunungan dengan suhu udara dan kelembaban yang diinginkan oleh panda. Maka tidak heran populasi panda yang terbesar berada di Tiongkok.

Fakta 4 – Panda terbiasa mendaki gunung

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa habitat asli panda berada di ketinggian dengan suhu udara dingin dan lembab.

Ketika musim panas tiba, seekor panda maupun kawanannya terbiasa naik dan pergi ke tempat yang lebih tinggi atau memanjat gunung. Ketinggian yang dapat didaki panda bisa mencapai 3.962 meter dari permukaan laut.

Tujuan dari pendakian gunung yang dilakukan oleh panda ini semata-mata untuk mencari makanan dan menyesuaikan kondisi badan dengan lingkungan yang disukainya.

Fakta 5 – Panda hewan omnivora

Secara garis besar, panda sebenarnya tergolong ke dalam hewan buas dan bersifat omnivora atau pemakan segala. Tetapi panda memiliki kecenderungan menjadi hewan yang bersifat herbivora karena panda sangat menyukai batang bambu untuk dikonsumi dibandingkan dengan bahan makanan yang lain.

Fakta 6 – Pertumbuhan berat badan panda

Bayi panda yang baru dilahirkan cenderung memiliki ukuran yang kecil dengan berat badan hanya berkisar 0,1 Kg.

Hal ini sangat kontras manakala seekor panda sudah mencapai usia dewasa. Berat badan seekor panda dewasa bisa mencapai kisaran 150 Kg.

Fakta 7 – Panda makan selama 15 jam setiap hari!

Untuk bisa membuat perut panda terasa kenyang, seekor panda bisa menghabiskan waktu selama 15 jam setiap hari untuk makan!

Bisa dikatakan separuh hidup panda akan dihabiskannya untuk mencari dan memakan batang bambu yang menjadi kesukaannya.

Fakta 8 – Panda digunakan sebagai logo resmi WWF

Organisasi dunia yang menaungi perlindungan alam dan flora fauna (WWF – World Wide Fund for Nature) mengambil gambar siluet seekor panda sebagai logo resmi organisasi.

Ide awal untuk menjadikan gambar siluet seekor panda sebagai logo resmi organisasi dimulai ketika terjadi peristiwa kelahiran seekor panda di Kebun Binatang London. Bayi panda tersebut kemudian diberi nama Chi-chi, dan merupakan panda pertama yang lahir di luar habitat aslinya di Tiongkok.

BACA JUGA :   Kalkun, Si Pelari Cepat yang Jago Menari

Fakta 9 – Asal Muasal Panda

Panda yang kita kenal sekarang ini memiliki leluhur yang sudah punah. Panda raksasa yang disebut dengan Ailurarctos (beruang kucing) merupakan nenek moyang panda.

Genus Ailurarctos ini sudah lama punah, bahkan di habitat aslinya di Tiongkok. Binatang ini diperkirakan hidup sekitar delapan juta tahun yang lalu.

Fakta 10 – Cakar panda berjumlah ganjil

Secara normal, jari-jemari panda berjumlah 5 buah. Dengan demikian seekor panda juga memiliki cakar dengan jumlah ganjil.

Pergelangan tangan panda bisa digerakkan sedemikian rupa menyesuaikan dengan gerak kelima jari-jarinya. Imbasnya, seekor panda akan mampu melakukan genggaman yang sangat erat pada batang bambu yang sedang dikonsumsinya.

Fakta 11 – Panda merupakan simbol unsur Yin dan Yang

Dalam filosofi kebudayaan tradisional Tiongkok terdapat pendapat yang membahas tentang keseimbangan alam dan makhluk hidup.

Dikatakan bahwa setiap unsur alam memiliki unsur keseimbangan, dilambangkan dengan unsur Yin dan unsur Yang. Keduanya saling melengkapi untuk membentuk keharmonisan dalam hidup.

Mengapa panda dalam filosofi budaya Tiongkon merupakan simbol unsur Yin dan Yang? Karena secara fisik panda bisa mewakili kedua unsur tersebut melalui perpaduan warna bulu di tubuhnya.

Warna bulu di tubuh panda hanya 2 (dua) macam, yaitu hitam dan putih. Kedua warna tersebut secara kontras membuat panda lebih mudah dilihat dan dikenali.

Fakta 12 – Frekuensi BAB panda terbilang tinggi

Seekor panda dewasa bisa BAB (buang air besar) sebanyak 40 kali setiap hari. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya batang bambu yang dikonsumsi dalam sehari oleh panda. Ditambah lagi waktu yang dihabiskan panda untuk makan dalam sehari yang bisa mencapai bilangan 15 jam.

Fakta 13 – Otak panda sangat kecil!

Berbanding terbalik dengan ukuran dan bobot badannya yang luar biasa besar, ternyata ukuran organ otak seekor panda sangatlah kecil!

BACA JUGA :   Berbentuk sederhana tapi mampu mengakhiri hidup manusia! Inilah 9 fakta unik tentang cacing pita.

Fakta 14 – Panda menjadi simbol perdamaian di Tiongkok

Ratusan tahun yang lalu, bangsa Tiongkok yang terdiri dari banyak suku bangsa sering kali berperang antar sesamanya.

Terkadang mereka mengambil langkah untuk melakukan gencatan senjata atau menghentikan perang untuk sementara waktu. Ketika itu terjadi, mereka akan saling menaikkan bendera dengan gambar panda.

Dari saat itulah panda menjadi simbol perdamaian di Tiongkok.

Fakta 15 – Panda tidak paham cara kawin!

Panda jantan akan lebih sibuk untuk mengajak bermain panda betina dibandingkan dengan menggauli mereka untuk membuatnya hamil. Lucu ya?

Ketika seekor panda jantan dan betina disatukan dalam sebuah wilayah, keduanya lebih asyik untuk bermain dibandingkan dengan kawin. Panda jantan yang sudah dewasa sepertinya tidak paham cara kawin yang bertujuan untuk melestarikan keturunan. Heheheheh…

Fakta 16 – Panda mengandalkan kemampuan mengingat

Mungkin ada kaitannya dengan ukuran otak panda yang kecil, sehingga seekor panda lebih mengandalkan kemampuan memori spasial dibandingkan memori visual.

Memori spasial adalah bagian memori yang digunakan untuk mengingat. Panda menggunakan memori spasial untuk mengingat dan mencari daerah yang dijelajahinya, termasuk untuk menemukan pasangan dan menandai daerah hutan bambu sebagai makanannya.

Fakta 17 – Bayi panda jantan dan betina pertumbuhannya berbeda

Dibutuhkan waktu kurang lebih lima tahun bagi bayi panda betina untuk tumbuh menjadi seekor panda dewasa.

Sementara bagi panda yang berjenis kelamin jantan untuk bisa tumbuh menjadi panda dewasa membutuhkan waktu yang lebih lama, kurang lebih selama 7 tahun.

Demikian artikel mengenai 17 fakta unik dan menarik tentang panda yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *