20 Fakta Unik Terkait Harimau yang Penting untuk Anda Ketahui

Blogdope.com – Harimau, sang raja rimba, selain terkenal ganas dan sangat kuat ternyata juga memiliki beragam fakta unik yang penting untuk Anda ketahui. Berikut ini paparan lengkap 20 fakta unik tentang harimau.

Harimau, Si Penguasa Rimba Belantara

Ciri Fisik Harimau Hewan Pemangsa yang Perkasa

Seringkali yang terlintas dalam pikiran kita manakala membayangkan harimau adalah pemangsa yang buas. Memang, si raja rimba ini tergolong binatang pemburu sekaligus pemangsa yang sangat buas. hewan ini pun memiliki kecepatan serta kekuatan yang jarang tandingannya.

Faktor-faktor itulah yang menyebabkan harimau menjadi hewan yang paling ditakuti di wilayah hutan belantara.

fakta unik harimau
Harimau, Raja Rimba yang Perkasa dengan Segudang Fakta Unik

Baca Juga: Wow! Inilah 8 Fakta Unik Cicak yang Jarang Diketahui Orang

Dari ciri fisiknya, harimau tergolong hewan pemangsa yang memiliki bentuk pupil mata bundar. Dengan bentuk pupil mata bundar inilah yang membedakannya dari bangsa kucing, meskipun keduanya sama-sama hewan pemangsa.

Pada kucing dan jenis hewan pemangsa lainnya, bentuk pupil mata mereka memanjang seperti garis dan berlainan dengan pupil mata harimau.

Faktanya bentuk pupil mata yang bundar pada harimau ini mampu membuatnya berburu hewan mangsanya setiap saat. Sekalipun pada malam hari yang gelap gulita.

Saat malam hari, kualitas dan ketajaman pandangan mata harimau jauh lebih tajam daripada mata manusia pada umumnya. Bahkan bisa mencapai lebih dari 6 kali ketajaman pandangan mata manusia biasa.

Selain ciri fisik harimau yang menjadi salah satu fakta unik binatang ini, ada hal-hal lain yang membuat harimau menjadi binatang yang istimewa.

Berikut 20 fakta unik tentang harimau yang penting untuk diketahui.

20 Fakta Unik tentang Harimau

1. Harimau biasanya memiliki warna mata sama dengan warna bulu di badannya

Sejumlah besar populasi harimau memiliki warna mata yang berwarna kuning. Warna mata harimau biasanya memiliki warna sama dengan warna bulu di badannya.

Tetapi tidak demikian yang terjadi pada harimau yang memiliki warna bulu badan putih.

Pada harimau yang memiliki bulu badan berwarna putih, maka warna matanya ialah biru. Ini terjadi karena terdapat kesesuaian antara warna mata dengan gen pada bulu badan harimau.

2. Kecepatan berlari harimau mampu mencapai 60 km/jam

Berbicara tentang kecepatan berlari, harimau sebenarnya bukanlah hewan yang tercepat. Gelar hewan tercepat ketika berlari dipegang oleh Cheetah. Binatang ini masih termasuk keluarga hewan pemangsa dari bangsa kucing.

Akan tetapi jika faktor bobot badan ikut menjadi pertimbangan untuk menentukan hewan tercepat, maka harimau-lah pemenangnya.

Bobot tubuh harimau bisa mencapai ratusan kilogram. Dengan kecepatan berlari mencapai 60 km per jam, maka harimau sah menjadi binatang tercepat dalam berlari.

Baca Juga: Tidak Banyak Orang yang Tahu! Inilah 7 Fakta Unik dan Menarik tentang Kadal

3. Saat berusia 1 minggu, bayi harimau mengalami kebutaan sementara
fakta unik harimau
Fase kebutaan pada bayi harimau berlangsung selama 1 minggu

Ternyata, pada saat bayi harimau berusia 1 minggu, ia akan mengalami kebutaan sementara pada matanya. Fase kebutaan ini berlaku pada seluruh populasi harimau.

Selama masa kebutaan sementara itulah yang menjadikan bayi harimau sangat rentan terhadap bahaya serangan oleh hewan pemangsa yang lain.

Untuk itulah induk harimau selalu berada tidak jauh dari bayi-bayinya. Itu ia lakukan untuk melindungi bayi harimau dari pemangsa-pemangsa lain.

4. Harimau merupakan perenang yang andal di permukaan air

Jika Anda berpikiran bahwa harimau tidak bisa berenang, maka anggapan Anda adalah SALAH!

Permukaan air menjadi salah satu tempat bermain yang paling disukai oleh harimau. binatang ini termasuk jenis hewan yang menyukai air. Selama masa pertumbuhannya, sang raja rimba tidak jauh dari air dan menjadikan kebiasaan bermain air sebagai salah satu rutinitasnya.

Harimau pun terkenal sebagai perenang andal. Kemampuannya berenang membuatnya mampu berenang di permukaan air sampai menempuh jarak puluhan kilometer untuk berburu mangsa.

5. Kemampuan mata harimau untuk melihat warna serupa dengan mata manusia

Tidak kalah dengan manusia, harimau ternyata juga mampu mengenal warna sebagaimana manusia. Pada mata harimau terdapat reseptor yang kemampuan pemahaman warnanya sama dengan mata manusia.

6. Harimau memiliki ingatan yang kuat

Harimau ternyata juga termasuk hewan yang cerdas dan memiliki kualitas daya ingat yang sangat baik.

Kapasitas memori ingatan jangka pendek harimau bahkan bisa mencapai 30 kali lebih kuat daripada memori ingatan manusia. Bahkan beberapa ratus kali lebih kuat dari bangsa simpanse.

Hal ini menjadikan harimau sebagai jenis binatang dengan daya ingat yang luar biasa istimewa.

7. Harimau mampu melompat tinggi dan sangat sangat jauh

Kemampuan lompat harimau terbilang sangat istimewa. Tingginya lompatan harimau dan jarak yang mampu ditempuhnya dalam satu kali ayunan menjadikannya sebagai salah satu fakta unik.

Seekor harimau dewasa dengan bobot tubuh yang sangat berat mampu melakukan lompatan sejauh 6 meter dengan tinggi mencapai 5 meter dengan sekali ayun.

fakta unik harimau
Lompatan harimau tinggi dan sangat jauh
8. Naluri membunuh pada harimau sangat luar biasa

Naluri membunuh pada diri harimau sangat luar biasa ganas dan menakutkan. Bahkan tak jarang harimau membunuh mangsanya dengan terlebih dahulu melakukan serangkaian tipuan.

Harimau mampu menirukan suara panggilan beberapa jenis mangsanya, sehingga mangsanya menjadi tertipu dan mendekat ke jangkauan harimau.

Dengan taringnya yang panjang dan runcing, harimau kemudian akan membenamkannya ke leher hewan buruannya. Bersamaan dengan itu, harimau juga mencekik mangsa menggunakan kekuatan kaki.

Predator buas seperti harimau juga mengombang-ambingkan tubuh hewan mangsanya sampai mangsa tersebut mati karena kekurangan darah.

9. Ukuran otak harimau paling besar pada keluarga karnivora

Di antara keluarga hewan-hewan jenis karnivora, ternyata ukuran otak harimau adalah yang terbesar.

Pada harimau dewasa, berat otaknya mencapai 320 gram. Ukuran otak harimau sama dengan ukuran otak simpanse.

Besarnya ukuran otak ini menjadikan harimau sebagai hewan pemangsa dengan ukuran otak paling besar.

Baca juga: Fakta Unik Otak Manusia yang Perlu Diketahui

10. Harimau merupakan hewan pemangsa dengan senjata yang lengkap dan mematikan

Harimau memiliki modal lebih dari cukup untuk menjadi hewan pemangsa yang kuat, ganas, dan buas.

Binatang ini memiliki senjata berburu yang komplet sekaligus mematikan. Taring yang panjang dan runcing lengkap dengan barisan gigi yang tajam menjadikannya mudah mengoyak tubuh mangsanya.

Selain itu, harimau juga memiliki kaki-kaki dengan cakar yang sangat kuat. Kekuatan cakar harimau bahkan mampu meremukkan tengkorak seekor gorila dalam sekali pukul!

11. Daerah kekuasaan harimau jantan lebih luas
fakta unik tentang harimau
Pertarungan hidup mati memperebutkan daerah kekuasaan

Daerah kekuasaan harimau jantan lebih luas daripada harimau betina. Di samping itu, daerah kekuasaan harimau juga memiliki batasan yang pasti sehingga tidak akan pernah terjadi dua ekor harimau menguasai satu daerah kekuasaan yang sama.

Tak jarang terjadi pertarungan antara hidup dan mati manakala harimau memperebutkan daerah kekuasaan.

Selain itu, fakta unik harimau terkait daerah kekuasaannya adalah cara harimau untuk menandai daerah kekuasaannya. Harimau menandai daerah kekuasaannya dengan cara menggores batang pohon dan mengencinginya.

12. Air liur harimau dapat menjadi antiseptik alami

Air liur harimau dapat menjadi obat antiseptik alami. Luka di sekujur badan harimau dapat sembuh dengan hanya menggunakan air liurnya. Harimau akan menjilat-jilat bagian badannya yang terluka menggunakan air liur yang mengandung antiseptik alami.

13. Harimau menyisir bulu badan dengan lidahnya

Harimau menyisir bulu badannya dengan lidah. Pada bagian lidah harimau terdapat bulu daging yang berguna untuk menjilati bulu badan sekaligus menyisirnya menjadi rapi.

14. Urine harimau menentukan usia dan jenis kelaminnya

Bau urine harimau ternyata dapat berguna untuk menentukan usia dan jenis kelaminnya. Selain sebagai penanda daerah kekuasaan, ternyata urine harimau merupakan penanda alami untuk mengetahui usia, jenis kelamin, serta keadaan kesehatan reproduksi seekor harimau.

15. Auman harimau merupakan sarana berkomunikasi

Harimau jarang sekali mengaum. Faktanya, auman harimau merupakan sarana berkomunikasi dengan kawanannya.

Harimau hanya akan mengaum saat berkomunikasi dengan harimau lain, baik yang berasal dari kawanannya sendiri maupun dengan harimau dari kawanan yang lain.

16. Harimau jantan sosok pemimpin dan pengayom

Harimau jantan yang terpilih menjadi pemimpin dalam suatu kawanan adalah sosok pemimpin dan pengayom bagi anggota kawanannya. Ia akan memimpin dan melindungi kawanannya dengan sangat baik.

Selain itu, harimau jantan juga selalu memberikan kesempatan kepada bayi-bayi harimau dan juga kepada harimau betina untuk memakan mangsanya terlebih dahulu.

17. Harimau betina memiliki masa subur yang sangat pendek

Faktanya, periode ovulasi atau masa subur pada harimau betina terhitung sangat pendek meskipun harimau tergolong spesies hewan pemangsa yang tingkat bertahan hidupnya sangat tinggi.

Periode ovulasi harimau betina hanya berkisar antara 5 sampai dengan 6 hari dalam satu tahun!

Harimau akan mengalami masa-masa kawin pada rentang waktu itu saja. Usia kandungan harimau hanya berlangsung selama 3 bulan sebelum kemudian melahirkan.

Dalam satu kali proses melahirkan, harimau betina hanya mampu melahirkan sebanyak 3 ekor bayi harimau.

18. Harimau dapat bertahan hidup tanpa makan selama berhari-hari

Harimau tidak selalu berhasil dalam melakukan perburuan hewan mangsanya. Oleh karena itu seringkali harimau harus bertahan hidup tanpa makan sama sekali.

Tingkat keberhasilan berburu dan memperoleh mangsa harimau hanya berada pada rentang 1:10. Dengan kata lain, dalam 10 kali percobaan perburuan, harimau akan berhasil memperoleh mangsa 1 kali.

Kemampuan bertahan hidup tanpa makan ini menjadikannya sebagai salah satu fakta unik harimau.

19. Kebutuhan makan harimau sangat besar

Berbanding lurus dengan ukuran tubuhnya, harimau memiliki kebutuhan akan makanan yang sangat besar.

Kemampuan bertahan hidup tanpa makan pada harimau tetap saja ada batasannya.

Seekor harimau hanya dapat bertahan hidup tanpa makan selama kurang lebih 2 minggu. Jika sampai pada minggu ke-3 belum juga memperoleh makanan, maka kelangsungan hidup harimau dapat terancam.

20. Corak garis pada tubuh harimau unik dan tidak pernah sama dengan yang lain

Corak garis pada tubuh harimau bersifat unik dan tidak pernah sama antara satu harimau dengan harimau yang lain. Keberadaan corak garis yang berbeda-beda ini merupakan tanda pengenal dan berfungsi sama dengan sidik jari pada manusia.

Fakta unik lainnya:

Demikian paparan mengenai 20 fakta unik harimau yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: