* Penting, Hindari 6 Kesalahan Fatal Ini Saat Belajar Matematika!

Penting, Hindari 6 Kesalahan Fatal Ini Saat Belajar Matematika!

Blogdope.comPenting, Hindari 6 Kesalahan Fatal Saat Belajar Matematika Ini! Mempelajari Matematika bagi sebagian besar orang bisa menjadi sangat menakutkan.

Matematika identik sebagai pelajaran yang sulit, sukar, memusingkan, dan seabreg stigma negatif lainnya.

Apakah memang sedemikian menakutkan faktanya?

Kesalahan Fatal saat Belajar Matematika

kesalahan dalam belajar matematika
Kesalahan Fatal Saat Belajar Matematika yang Harus Dihindari

Artikel Terkait:

Pengertian Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dan Contoh Soal yang Tepat

Sebenarnya belajar Matematika sangat menguntungkan bagi kita. Hanya saja mungkin sedari awal konsep yang tertanam dalam pikiran kita sudah keliru.

Sehingga berimbas pada pemikiran bahwa Matematika teramat sukar.

Pemikiran semacam ini merupakan bentuk kesalahan fatal saat belajar Matematika. Dan sudah pasti jika proses belajar disertai pikiran ini hasilnya sudah dapat dipastikan. Gagal.

Selain stigma tersebut, ada bentuk-bentuk kesalahan fatal yang harus dihindari saat belajar Matematika. Meskipun tidak menjamin hasilnya bagus 100%, tetapi 6 kesalahan fatal ini banyak dilakukan orang.

Simak pembahasan lengkap 6 kesalahan fatal yang harus dihindari saat belajar Matematika.

Kesalahan 1 – Malas Memahami Konsep Matematika

Gaya hidup yang serba instan turut berpengaruh terhadap pola belajar. Banyak diantara kita yang ingin serba instan. Cepat dan mudah.

Hmmm…tentu saja tidak semudah itu…

Belajar Matematika membutuhkan lebih dari sekedar kesabaran dan ketekunan.

Pemikiran untuk memperoleh hasil yang serba instan tidak berlaku pada saat belajar Matematika.

Jika Anda ingin lancar belajar Matematika, apapun materinya, pahami terlebih dahulu konsep dasarnya. Pemahaman tentang konsep dasar ini sangat penting sebelum mengerjakan soal-soal dan mempelajari tingkatan materi yang lebih tinggi.

Ibaratnya konsep dasar adalah sebuah pondasi bangunan. Jika konsep dasar itu terbangun dengan kokoh, kuat, maka bangunan pun juga kuat.

Sama halnya dengan mempelajari Matematika. Jika konsep dasarnya kuat, maka Anda tidak akan cepat menyerah dengan kesukaran materi yang dipelajari dalam ilmu Matematika.

Kesalahan 2 – Cepat Merasa Puas dengan Beberapa Contoh

Cepat merasa puas dengan keberhasilan mengerjakan beberapa contoh soal adalah bentuk kesalahan fatal kedua. Kesalahan ini harus dihindari pada saat Anda mempelajari suatu ilmu, apalagi Matematika.

Rasa cepat puas hanya akan menghambat semangat untuk berlatih mengerjakan soal-soal yang lain. Belum lagi bicara jika bentuk soalnya lebih bervariasi.

Dengan semakin seringnya berlatih mengerjakan soal latihan, Anda dapat menjadi lebih mahir dalam menyelesakan soal-soal Matematika yang dianggap sulit oleh orang lain.

Contoh-contoh soal dan terapan dari suatu konsep Matematika biasanya diambil dari soal berkategori mudah. Dengan kata lain, jika Anda berpuas diri dengan hanya contoh soal, maka Anda selamanya tidak akan berkembang.

Perbanyaklah berlatih dengan bentuk-bentuk soal yang memiliki kesamaan konsep tetapi berbeda dari yang dicontohkan.

Kesalahan 3 – Malas Menghafal Rumus

kesalahan saat belajar matematika
6 Bentuk Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Saat Belajar Matematika

Baca Juga :

Pembahasan Materi Teorema Pythagoras Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal

Kesalahan fatal berikutnya yang seringkali dilakukan saat belajar Matematika adalah malas menghafal rumus.

Bagaimana seseorang dapat berhasil mempelajari Matematika jika ia malas menghafal rumus. Sedangkan rumus itu sendiri adalah jantung-nya Matematika?

Pernyataan bahwa Matematika adalah pelajaran hitungan bukan hafalan tidak sepenuhnya benar.

Pada saat berlatih mengerjakan soal, secara tidak langsung kita sudah belajar menghafal rumus. Fakta ini memang benar. Tetapi pada saat itu kita masih belum hafal.

Imbasnya, kita harus kembali membuka-buka buku dan tentu saja hal ini memperlambat proses pengerjaan soal.

Akankah tidak lebih baik jika kita sudah menghafal rumus-rumus penting dan mendasar. Selain itu, tidak kalah pentingnya jika kita hafal rumus dan asal-usulnya.

Kesalahan 4 – Terlalu Bergantung pada Rumus Cepat

Keberadaan rumus cepat dalam Matematika ibarat sebatang pisau bermata dua. Di satu sisi dapat mempermudah kita menyelesaikan suatu soal. Tetapi di sisi lain rumus cepat justru “membodohi” kita.

Belajar Matematika tentu tidak bisa lepas dari rumus. Banyak sekali rumus-rumus yang harus dipelajari dalam Matematika, dari rumus dasar sampai rumus cepat.

Penggunaan rumus cepat bukannya tidak diperbolehkan sama sekali. Rumus cepat tetap dapat dipergunakan, asal kita tahu peruntukannya.

Tidak semua rumus cepat dapat digunakan untuk kasus yang memiliki kesamaan konsep.

Kembali lagi, pahami dulu rumus dasarnya. Karena rumus cepat pada dasarnya adalah turunan-turunan dari rumus dasar yang sudah dimodifikasi.

Kesalahan 5 – Tidak Menggunakan Gambar

Seringkali saat kita sudah mentok dengan perhitungan, Aljabar misalnya, kita kebingungan dengan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Cobalah mulai dari sekarang untuk lebih mengoptimalkan penggunaan ilustrasi gambar. Ilustrasi tersebut digambarkan secara geometri.

Misalnya dalam mempelajari materi persamaan garis, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), bangun ruang, dan lain-lain.

Kesalahan 6 – Sifat Mudah Menyerah

Sifat mudah menyerah adalah kesalahan fatal yang paling banyak terjadi di kalangan pelajar di negara kita.

Belajar Matematika sama sekali harus jauh dari kata menyerah.

Memang hanya sedikit orang yang mau bergelut dengan Matematika. Stigma bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit memang betul adanya.

Tapi tidak berarti tidak bisa dipelajari, bukan?

Jika seseorang bersungguh-sungguh mempelajarinya, pasti bisa.

Prinsipnya, Matematika adalah hasil pemikiran manusia. kita yang mempelajarinya juga manusia. So, kenapa kita tidak bisa menguasai Matematika?

Kuncinya adalah jangan mudah menyerah. Tetap berusaha dan semangat belajar.

Baca Juga :

Nah, itulah 6 bentuk kesalahan fatal yang harus dihindari saat belajar Matematika. Semoga uraian tersebut dapat membuka wawasan Anda.

Akhirnya, admin berharap semoga artikel tentang kesalahan fatal saat belajar Matematika dapat bermanfaat bagi Anda.

Pastikan Anda sudah subscribe email ke Blogdope.com agar tetap memperoleh informasi terbaru yang pastinya penting untuk diketahui.

Terima kasih dan selamat belajar.

Leave a Reply