* 8 Penemuan Ilmiah Terbesar Benjamin Franklin - BlogDope.com

8 Penemuan Ilmiah Terbesar Benjamin Franklin

Blogdope.com8 Penemuan Ilmiah Terbesar Benjamin Franklin. Nama Benjamin Franklin tentu sudah tak asing lagi bagi dunia, terutama bagi warga Amerika Serikat. Ia adalah seorang tokoh dan salah satu pemimpin revolusi Amerika.

Selain itu, Benjamin Franklin juga menjadi salah satu penanda tangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

Semasa hidupnya, Benjamin Franklin memiliki beragam profesi dan keahlian. Mulai dari wartawan, penerbit, pengarang, filantropis, abolisionis, ilmuwan, diplomat, dan penemu .

Banyak kutipan dari kata-kata Benjamin Franklin yang menjadi populer di dunia sampai saat ini. Misalnya peribahasa “waktu adalah uang”.

Benjamin Franklin juga dikenal dunia sehubungan dengan penemuannya berupa penangkal petir.

Inilah 8 penemuan ilmiah terbesar Benjamin Franklin.

biografi benjamin franklin
8 Penemuan Ilmiah Terbesar Benjamin Franklin (gambar: kompasiana.com)

Baca Juga: Perkumpulan Rahasia di Dunia yang Paling Berbahaya! Hati-hati..

Penemuan Ilmiah Terbesar Benjamin Franklin

1. Penangkal Petir

Banyak orang di dunia yang menganggap bahwa Benjamin Franklin adalah seorang penemu listrik. Benjamin adalah orang pertama yang membagi label muatan listrik negatif dan positif. Selain itu, ia juga yang menemukan prinsip kekekalan muatan.

Bersama dengan beberapa orang temannya, Benjamin Franklin melakukan penyelidikan tentang fenomena listrik. Pada masa itu, listrik adalah sesuatu hal yang sama sekali baru.

Tahun 1750, Benjamin Franklin menerbitkan proposal percobaan untuk membuktikan bahwa petir adalah listrik. Pada prosesnya, ia menggunakan layang-layang untuk mengumpulkan beberapa muatan listrik dari awan badai.

Dari hasil percobaannya, ia menemukan cara agar bangunan tidak tersambar petir setiap kali terjadi badai. Cara itu ia wujudkan berupa alat penangkal petir.

Cara Kerja Penangkal Petir

Benjamin Franklin menyebutkan bahwa penghantar listrik (konduktor) dengan ujung yang tajam memiliki kemampuan untuk menarik muatan listrik. Di samping itu, penangkal petir juga memiliki jangkauan penarikan yang lebih luas dibandingkan konduktor dengan ujung tumpul.

Alat berupa penangkal petir ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Pada umumnya penangkal petir terdiri atas sebatang besi runcing dan diberi lapisan anti karat. Besi ini dipasang mengarah ke langit. Pada bagian kaki besi diikatkan kabel tembaga yang menuju ke tanah.

Penangkal petir ini kemudian akan mampu menarik muatan listrik yang terdapat pada awan menuju ke tanah. Sehingga muatan yang terdapat pada awan tidak cukup untuk menimbulkan petir dan kilat.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa Benjamin Franklin dalam bidang kelistrikan, namanya kemudian diabadikan sebagai satuan Fisika. Satuan Franklin (Fr) atau Statcoulomb (statC) atau electrostatic unit of charge (esu).

Fr adalah satuan Fisika untuk muatan listrik dalam centimeter-gram-detik (cgs).

Saat ini, satuan yang kita gunakan sebagaimana ST adalah Coulomb.

penemuan terbesar benjamin franklin
Odometer buatan Benjamin Franklin (gambar: roundmuseum.com)

Baca Juga: 

Biografi Mark Zuckerberg Pencipta Media Jejaring Sosial Facebook

2. Odometer

Odometer adalah sebuah alat untuk mengukur jarak tempuh. Biasanya, odometer terpasang pada kendaraan.

Awalnya, Benjamin Franklin menemukan Odometer ketika beliau bertugas sebagai penanggung jawab layanan pos. Beliau memasang Odometer pada kereta sebagai cara untuk menghitung jarak tempuh rute pengantaran pos.

Sepatutnya kita berterima kasih kepada Benjamin Franklin atas penemuan terbesar berupa Odometer ini.

3. Satuan Pemadam Kebakaran Kota

Di dunia modern, dinas pemadam kebakaran pertama kali terbentuk di Amerika Serikat pada tahun 1736. Siapakah pendirinya?

Tidak lain dan tidak bukan adalah Benjamin Franklin.

Sewaktu Benjamin Franklin berkunjung ke Inggris, ia memperhatikan sebuah bangunan yang saat itu habis terbakar. Peristiwa ini tentu saja membuat warga panik. Kemudian sekelompok warga yang terorganisir datang untuk memadamkan api tersebut bersama-sama.

Inilah yang mengilhami pemikiran Benjamin untuk membuat organisasi pemadam kebakaran di kotanya.

Sekarang ini, dinas pemadam kebakaran berkembang menjadi organisasi penting dalam suatu negara.

4. Kacamata Bifocals

Sejak muda, Benjamin Franklin memiliki ketertarikan pada berbagai disiplin ilmu. Salah satunya dalam bidang Fisika optik.

kacamata bifocal penemuan benjamin franklin
Kacamata Bifocals (Lensa Double) Penemuan Besar Benjamin Franklin (gambar: kompasiana.com)

Baca Juga: 

Biografi Jan Koum Pencipta Aplikasi Whatsapp

Dunia bahkan mengakui bahwa ia adalah orang pertama yang menjadi penemu kacamata. Penemuan kacamata ini menjadi salah satu penemuan ilmiah terbesar Benjamin Franklin.

Setelah melakukan beberapa rangkaian penelitian, Benjamin berhasil membuat sebuah kacamata dengan dua kekuatan optik berbeda pada satu lensa.

5. Tangan Penjepit

Tangan penjepit digunakan untuk menjangkau buku-buku atau benda apapun yang berada di rak tinggi.

Ketika itu, Benjamin Franklin yang sudah mulai tua, merasa kesulitan untuk mengambil buku yang berada di rak yang tinggi.

Kemudian itu mengilhaminya untuk menciptakan sebuah batang panjang dengan penjepit di ujungnya. Batang ini kemudian bisa dipakai untuk menarik buku yang diinginkannya ke bawah.

Meskipun banyak orang menganggapnya sebagai bentuk kemalasan, tetapi pada masa itu tangan penjepit merupakan sebuah inovasi jenius.

Baca Juga: 

Berkenalan dengan Sosok Jack Dorsey sang Penemu Media Sosial Twitter

6. Kompor

Penggunaan perapian berbahan bakar kayu sangatlah umum pada masa kolonial saat itu. Kayu bakar menjadi tidak banyak berguna dan kurang efisien.

Oleh sebab itulah, Benjamin Franklin membuat desain kompor yang kemudian dikenal dengan nama Franklin Stove.

Kompor Franklin tersebut memiliki bodi terbuat dari besi. Adapun tujuannya adalah untuk menyimpan lebih banyak panas.

Penemuan kompor ini sangat membantu ribuan keluarga miskin untuk berhemat. Selain itu juga tetap dapat memperoleh udara hangat ketika musim dingin.

7. Pipa Kateter

Pipa kateter dipergunakan pada penderita batu ginjal agar tetap bisa buang air kecil. Benjamin Franklin menciptakan pipa kateteri fleksibel pertama.

Kateter buatan Franklin digunakan pertama kali di Amerika Utara.

gulf stream penemuan franklin
Ilustrasi Arus Teluk / Gulf Stream (Gambar: scijinks.gov)

Baca Juga : 

Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

8. Gulf Stream

Arus teluk atau Gulf Stream merupakan salah satu istilah yang diciptakan oleh Benjamin Franklin. Gulf Stream menggambarkan arus raksasa yang berasal dari Samudera Atlantik.

Arus ini bersirkulasi di antara Teluk Meksiko dan pantai Barat Irlandia.

Benjamin Franklin kemudian dapat dengan tepat mengidentifikasi alasan mengapa perjalanan dari Inggris ke Amerika memakan waktu lebih lama pada rute tertentu.

Satu hal yang patut kita contoh dari seorang Benjamin Franklin, ia tidak pernah mempatenkan hasil penemuannya. Semua hasil karya pemikiran dan percobaannya ia sumbangkan sepenuhnya bagi kemanusiaan.

Tak pernah terpikir sedikitpun dalam benak Benjamin Franklin untuk mengeruk keuntungan dari penemuan ilmiah terbesar sepanjang hidupnya.

Artikel Penting Lainnya:

Nah, demikianlah daftar 8 penemuan ilmiah terbesar Benjamin Franklin. Semoga dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

Leave a Reply