* 8 Situs Bangunan Bersejarah Paling Indah di Dunia

8 Situs Bangunan Bersejarah Paling Indah yang Pernah Dibangun Manusia di Dunia

Blogdope.com8 Situs Bangunan Bersejarah Paling Indah di Dunia. Peradaban manusia di bumi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Banyak peninggalan peradaban yang bahkan masih dapat kita lihat sampai sekarang.

Salah satu bukti perkembangan peradaban adalah adanya situs bangunan bersejarah. Biasanya, situs bangunan bersejarah ini berupa reruntuhan bangunan bersejarah.

Di antara sekian banyak situs bangunan bersejarah, beberapa di antaranya bahkan memiliki nilai estetika paling indah dibandingkan lainnya.

Inilah 8 situs bangunan bersejarah paling indah yang pernah dibangun manusia di bumi.

Bangunan Bersejarah Paling Indah di Dunia

1. Machu Pichu

bangunan bersejarah machu picchu
Machu Picchu, Bukti Majunya Peradaban Bangsa Inca (source: en.wikipedia.org)

Baca Juga: Fakta Unik Otak Manusia yang Perlu Diketahui

Situs bangunan bersejarah paling indah yang pertama terletak di negara Peru. Reruntuhan bangunan paling indah ini merupakan peninggalan peradaban Inca.

Bangsa Inca konon terkenal dengan kemajuan peradaban yang melebihi bangsa-bangsa lain pada masa itu, bahkan peradaban masa sekarang.

Peninggalan peradaban bangsa Inca ini terletak di Machu Pichu. Di antara semua reruntuhan bangunan peninggalan bangsa Inca, Machu Pichu adalah bangunan bersejarah yang paling indah.

Menilik letaknya, Machu Pichu seakan berada di antara dua puncak gunung. Seringkali kawasan bersejarah Machu Pichu tertutup kabut kesehariannya.

Konon, bangsa Inca membangun bangunan bersejarah ini sama sekali tidak menggunakan bantuan roda. Dengan kata lain, seluruhnya menggunakan kekuatan otot manusia.

Menurut sejarah, Machu Pichu dibangun oleh bangsa Inca pada sekira abad 15. Semasa pendudukan bangsa Spanyol, kawasan ini sebagian besar dihancurkan. Peristiwa penghancuran bangunan bersejarah di Machu Pichu berlangsung pada tahun 1530.

Sampai saat ini, situs Machu Picchu dianggap sebagai karya terbesar arsitektur dan teknik bangunan.

2. Babylonia

taman gantung babilonia
Taman Gantung Babylonia, Bangunan Bersejarah Sisa Kejayaan Persia (source: religiseni.online)

Baca Juga : Inilah Fakta Unik dan Menarik tentang Porifera Hewan Air yang Berongga

Kawasan bangunan bersejarah Babylonia terletak di negara Irak. Situs bangunan bersejarah yang indah ini terletak kurang lebih 90 km dari kota Baghdad.

Kota kuno peninggalan bangsa Persia ini memiliki nama asli “Bab-ili”. Artinya “gerbang para dewa”.

Reruntuhan bangunan ini sangat terkenal, apalagi salah satu bagiannya yang bernama “Taman Gantung”.

Saking indahnya, Taman Gantung Babylonia masuk dalam 7 keajaiban dunia.

Situs Babylonia merupakan pusat pemerintahan dan budaya bangsa Persia. Bermula dari kedatangan suku Amor sekira tahun 1850 SM.

Peradaban Babylonia mencapai puncak kejayaan pada masa Iskandar Agung (Alexander The Great).

3. Situs Palenque

bangunan bersejarah palenque

Palenque termasuk bangunan bersejarah paling indah yang pernah dibangun oleh manusia di bumi. Situs bersejarah ini merupakan salah satu bagian peninggalan arkeologi terpenting suku Maya di Meksiko dan Amerika Tengah.

Kota kuno suku Maya di Meksiko ini dibangun di atas jurang hutan tropis di kaki pegunungan Tumbala, Chiapas, Meksiko.

Reruntuhan bangunan bersejarah ini memiliki pemandangan sangat indah ke arah Teluk Meksiko.

Sebagian besar bagian situs bersejarah Palenque dibangun pada sekitar abad 6 sampai 10 Masehi. Meskipun dari beberapa penelitian menyatakan bahwa situs bersejarah ini mulai dihuni sekitar 100 SM.

Menurut sejarah arkeologi, penguasa terbesar di kota Palenque bernaa Pacal. Ia berkuasa tahun 603 M. Selama berkuasa, Pacal membangun beragam bangunan yang inovatif dari sisi teknik arsitekturnya.

Salah satunya adalah bangunan istana yang dipenuhi dengan ukiran ritual upacara dan aktivitas penguasa dan para dewa.

Saat ini hanya 34 buah bangunan bersejarah dari situs Palenque yang dapat dibebaskan dari timbunan tanah. Padahal menurut perkiraan para ahli, terdapat sekurangnya 500 buah bangunan bersejarah di kawasan tersebut.

4. Ayutthaya

bangunan bersejarah ayyuthaya

Baca : Kasuari burung besar khas Papua yang unik dan menarik

Di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di negara Thailand, juga dapat kita temukan situs bangunan bersejarah paling indah yang pernah dibangun manusia.

Bangunan bersejarah yang indah tersebut dikenal dengan sebutan Ayutthaya.

Nama Ayutthaya berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti “tidak terkalahkan”.

Meskipun tidak semenarik Bangkok, Chiang Mai, ataupun Phuket jika kita tinjau dari aspek wisata, tetapi Ayutthaya tetaplah salah satu situs paling indah dari peradaban kuno.

Pada zaman dahulu, Ayutthaya merupakan ibukota kerajaan yang sangat terkenal, bahkan melebihi berbagai ibukota negara di Eropa.

Saking terkenalnya, Burma (Myanmar) pada masa itu berusaha untuk menjarah dan membakar ibukota kerajaan ini.

Walaupun sekarang tinggal puing-puing, akan tetapi kompleks Ayutthaya tetap memiliki pemandangan yang indah sekaligus eksotis.

Ajaib bukan, berupa puing saja indah apalagi dalam kondisi utuh..

5. Tikal

bangunan bersejarah paling indah tikal

Source: en.wikipedia.org

Tikal yang terletak di negara Guatemala merupakan salah satu bukti betapa majunya peradaban bangsa Maya di Amerika Tengah.

Situs bangunan bersejarah ini merupakan situs arkeologi terbesar di dunia sekaligus pusat urbanisasi kebudayaan Maya pre-Kolombia.

Salah satu bangunan bersejarah paling indah ini terletak di Peten Basin, Guatemala Utara. Saat ini kawasan cagar budaya ini berada di bawah pengawasan Tikal National Park dan Unesco.

Reruntuhan bangunan ini dulunya merupakan pusat budaya dan populasi suku bangsa Maya.

Pada masanya, beragam bangunan monumental terdapat di kawasan Tikal. Menurut perkiraan para ahli arkeologi, bangunan Tikal dibangun pada abad 4 M. Puncak kejayaannya terjadi sekitar tahun 200 – 900 M.

Semasa berada pada puncak kejayaan, Tikal mendominasi budaya, politik, ekonomi, dan militer bangsa Maya. Selain itu, mereka tetap berinteraksi dengan beragam suku bangsa bangsa. Salah satu di antaranya adalah suu Teohuatican di Meksiko.

Tikal mengalami penurunan setelah masa pendudukan Teohuatican. Beberapa bagian bangunan di kawasan bersejarah ini bahkan terbakar. Sampai akhirnya kota ini ditinggalkan penduduknya pada abad 10 M.

6. Chichen Itza

chichen itza bangunan bersejarah paling indah

(source: sworld.co.uk)

Chichen Itza juga merupakan salah satu bangunan bersejarah paling indah di dunia. Situs bangunan bersejarah ini dibangun oleh bangsa Maya.

Reruntuhan Chichen Itza membentang di utara semenanjung Yucatan Meksiko.

Ketika itu, wilayah ini merupakan titik pusat utama peradaban bangsa Maya yang kini masuk wilayah Kolombia.

Bangunan di Chichen Itze mengadopsi berbagai gaya arsitektur. Beragamnya gaya arsitektur bangunan merupakan hasil perpaduan berbagai jenis budaya di daerah tersebut.

Hasil pencampuran beragam budaya menghasilkan bangunan bersejarah yang indah, bahkan masuk kategori paling indah di dunia.

7. Kuil Parthenon

kuil parthenon yunani

(source: phinemo.com)

Kuil Parthenon merupakan kuil pemujaan Dewi Athena menurut mitologi bangsa Yunani. Dibangun pada sekira abad ke-5 di Akropolis.

Pada masa Yunani klasik, bangunan kuil Parthenon adalah bangunan paling penting. Situs bangunan bersejarah ini berhasil selamat selama masa revolusi Yunani.

Sekarang ini, Kementerian Kebudayaan Yunani sedang dan terus melakukan restorasi dan rekonstruksi situs bangunan bersejarah ini.

8. Palmyra

palmyra bangunan bersejarah paling indah

(source: voaindonesia.com)

Palmyra, saat ini masuk dalam wilayah negara Suriah. Bangunan bersejarah yang ada di kawasan ini terkenal dengan sebutan “Pengantin Padang Pasir”.

Sisa reruntuhan bangunan bersejarah yang indah ini terletak tepat di jantung padang pasir Siria.

Dari penggambaran relief yang ada pada reruntuhan bangunan, tergambar betapa heroiknya Ratu Zenobia.

Adapun Ratu Zenobia merupakan penguasa wilayah itu pada masanya.

Letak Palyra yang didirikan di dekat mata air panas Afqa, merupakan tempat persinggahan pada jalur perdagangan antara Irak dan Al Sham.

Menilik letaknya yang strategis dan tingkat kemakmuran wilayah ini pada akhirnya menarik pasukan Romawi untuk melakukan pendudukan.

Tahun-tahun pertama Masehi, Romawi berhasil mengambil alih kota ini.

Fakta Unik Lainnya:

Nah, itulah fakta unik tentang bangunan bersejarah paling indah di dunia. Ternyata peradaban manusia telah mengalami perkembangan yang sedemikian pesat.

Beruntunglah kita yang mewarisi keagungan warisan budaya dunia. Tidak lupa juga, sepantasnya kita bersyukur pada Tuhan yang Maha Esa atas semua karunia-Nya.

Sampai jumpa pada artikel-artikel lainnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply