Mengenal Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel dan Fungsinya

Blogdope.comMengenal Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel dan Fungsinya. Pada bagian terdahulu, kita telah bersama-sama belajar mengenai sejarah perkembangan aplikasi Microsoft Excel. (Baca lagi: Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel)

Nah sekarang kita akan melanjutkan untuk mempelajari aplikasi ini dengan topik mengenal antarmuka atau interface aplikasi.

Antarmuka Microsoft Excel merupakan tampilan aplikasi secara umum yang nampak di sisi pengguna. Jadi, segala hal yang disajikan oleh aplikasi Microsoft Excel untuk kebutuhan pengguna ditampilkan melalui antarmuka ini.

antarmuka aplikasi microsoft excel
Microsoft Excel

Excel tentu saja memiliki antarmuka atau interface yang sedikit berbeda dengan jenis aplikasi-aplikasi yang lain. Pun demikian halnya dengan aplikasi komputer lainnya, masing-masing memiliki desain antarmuka sendiri.

Meskipun demikian, tetap saja terdapat bagian-bagian dari antarmuka pada beragam aplikasi tersebut yang memiliki kesamaan.

Mari, kita mengenal antarmuka aplikasi Excel dengan lebih mendalam.

Artikel Terkait:

Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Word dan Fungsinya

Start Screen pada Aplikasi Microsoft Excel

Tampilan awal atau start screen pada aplikasi Microsoft Excel mulai diperkenalkan sejak versi Excel 2013.

Sesuai dengan namanya, start screen merupakan bagian aplikasi yang pertama kali tampil ketika pengguna menjalankan Excel. Dari versi awal sampai dengan versi terbaru saat ini, Excel 2019, tampilan awal telah mengalami banyak sekali perubahan.

Perhatikan gambar di bawah ini.

start screen aplikasi microsoft Excel
Tampilan Start Screen pada Aplikasi Microsoft Excel

Gambar tersebut merupakan start screen aplikasi Microsoft Excel versi 2019. Sangat menarik bukan?

Secara umum, tampilan awal aplikasi Excel terbagi menjadi 2 panel utama. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Panel kiri (left panel)

Bagian panel sebelah kiri atau left panel pada aplikasi Microsoft Excel memuat daftar dari file-file Excel yang telah kita buka sebelumnya.

Pada bagian ini pula kita juga akan dapat menemukan sebuah tombol yang mewakili menu Open Other Workbooks yang terletak di bagian bawah panel ini.

Tombol menu tersebut bisa kita gunakan untuk membuka file yang telah tersimpan sebelumnya bilamana nama file ini tidak muncul pada daftar file.

2. Panel kanan (right panel)

Panel kanan atau right panel pada aplikasi Microsoft Excel memuat default template Excel. Apakah yang dimaksud dengan default template?

Pengertian default template di sini erat kaitannya dengan bentuk standar dari lembar kerja aplikasi Excel yang dapat dipergunakan oleh semua pengguna aplikasi. Karena bentuknya standar, maka secara tampilan tentu juga memiliki kesamaan.

Jendela Aplikasi atau Application Window pada Excel

Dalam kondisi lembar kerja (workbook) terbuka dan kosong, maka tampilan standarnya akan nampak seperti gambar berikut.

Bagian bagian microsoft excel 2010,2013,2016

Beberapa bagian aplikasi Excel dari tampilan jendela aplikasi atau application window beserta penjelasannya dapat Anda simak pada paparan di bawah ini.

1. Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar merupakan bagian aplikasi Excel yang berisi tombol-tombol umum yang sering kita pergunakan. Tombol-tombol yang tampil pada bagian Quick Access Toolbar dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Ribbon Menu

Bagian Ribbon Menu merupakan kumpulan tombol perintah pada Microsoft Excel. Tombol-tombol perintah tersebut dikelompokkan dalam rupa Tab. Adapun pengelompokkan setiap Tab berdasarkan pada fungsi dari setiap tombol.

3. Formula Bar

Formula Bar merupakan bagian aplikasi Microsoft Excel yang merupakan tempat di mana pengguna menuliskan rumus atau formula di dalam Excel. Pada Formula Bar juga terdapat bagian Cell Address, yang menunjukkan alamat sel aktif di dalam lembar kerja beserta isinya.

4. Worksheet Area

Worksheet Area atau sering juga disebut dengan istilah Workspace berisi kumpulan sel yang teridentifikasi berdasarkan kolom (Column) dengan simbol huruf A, B, C, dan seterusnya; dan baris (Row) dengan simbol angka 1, 2, 3, dan seterusnya.

Di dalam sel inilah data-data pengguna disusun sesuai kebutuhan.

5. Status Bar

Bagian Status Bar menunjukkan informasi status aplikasi Microsoft Excel yang sedang berjalan.

Ribbon Menu pada Aplikasi Microsoft Excel

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa Ribbon Menu secara umum merupakan kumpulan tombol perintah pada aplikasi Microsoft Excel.

Perhatikan gambar di bawah ini.

Ribbon Excel
Gambar Ribbon Menu pada Aplikasi Microsoft Excel

Penjelasan setiap bagian Ribbon Menu selengkapnya sebagia berikut.

1. Tabs Menu

Tabs Menu berisi kumpulan tombol yang sudah mengelompok berdasarkan fungsinya. Secara standar, bagian ini memuat tab Home, Insert Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.

Sebenarnya terdapat satu lagi tab, yaitu tab Developer. Akan tetapi, secara default tab menu Developer ini disembunyikan. Untuk menampilkannya kita perlu melakukan serangkaian pengaturan terlebih dahulu.

2. Group Menu

Setiap Tab menu memiliki sekumpulan tombol-tombol yang berbeda-beda, baik nama maupun fungsinya. Sekumpulan tombol tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa Group yang masing-masing terpisahkan oleh garis vertikal

3. Command Buttons

Command Buttons atau tombol perintah merupakan tombol yang mewakili satu jenis perintah yang terdapat dalam aplikasi Microsoft Excel. Tentu saja setiap tombol memiliki fungsi dan tata cara penggunaan yang berbeda satu dengan lainnya.

4. Dialog Box Launcher

Pada beberapa sudut Group Menu terdapat bagian Dialog Box Launcher yang berfungsi untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing Group Menu.

Secara default atau standarnya, pengaturan Group Menu tidak ditampilkan pada pengguna.

Contextual Tabs pada Aplikasi Microsoft Excel

Ketika seorang pengguna melakukan seleksi (blok) terhadap sekumpulan sel pada aplikasi Excel, akan muncul Tab baru. Tab ini pada awalnya tidak ada pada antarmuka aplikasi.

Di dalamnya berisi tombol-tombol perintah atau Command Buttons yang memang khusus untuk mengelola dan mengolah objek yang kita seleksi.

Perhatikan gambar berikut ini.

Contextual Tabs Excel
Ilustrasi Contoh Contextual Tabs Aplikasi Microsoft Excel

Pada contoh gambar di atas, ketika pengguna menambahkan sebuah grafik atau chart di dalam aplikasi Microsoft Excel, kemudian chart tersebut di-klik oleh pengguna maka akan muncul Contextual Tabs bernama “Chart Tools”.

Chart Tools pada contoh tersebut berisi dua tab, yaitu tab Design dan Format.

Nah, bagaimana pendapat kalian tentang antarmuka aplikasi Excel? Mudah mengingatnya bukan?

Untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda terhadap antarmuka aplikasi Microsoft Excel dan fungsinya, silahkan kerjakan soal online berikut ini.

Baca Juga:

Demikian paparan mengenai antarmuka aplikasi Microsoft Excel dan fungsinya. Pada pembahasan berikutnya kita akan mempelajari tentang Workbook dan Worksheet aplikasi Excel, pengertian kolom dan baris, dan seterusnya.

Selamat belajar, semoga sukses.