* Kenali Sejak Dini, Kadar Asam Urat Tinggi Memicu Penyakit Jantung

Ketahui Sejak Dini, Ternyata Kadar Asam Urat Tinggi Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Blogdope.comKetahui Sejak Dini, Ternyata Kadar Asam Urat Tinggi Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung. Kita mengenal asam urat sebagai sejenis penyakit yang menyerang persendian tubuh.

Asam urat atau gout terjadi akibat penumpukan purin.

Kadar Asam Urat Tinggi Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

penyakit serangan jantung
Serangan Jantung, Jenis Penyakit Pembunuh Nomor 1

Baca Juga :

Kenali 12 Fakta Unik Jantung Manusia Agar Tidak Terjadi… 

Kadar purin yang berlebihan pada akhirnya menimbulkan peradangan sendi.

Faktanya, purin pada dasarnya termasuk salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat ini bisa kita temukan pada hampir seluruh jenis makanan yang kita konsumsi.

Misalnya buah-buahan, sayuran, ikan, dan beragam sumber karbohidrat lainnya.

Penyebab Asam Urat dan Gejala-gejala yang Ditimbulkannya

Secara alami, tubuh akan mengeluarkan zat purin melalui proses penyaringan dalam ginjal. Hasil penyaringan ginjal ini selanjutnya dikeluarkan melalui urine.

Lain halnya jika jumlah zat purin berlebihan di dalam tubuh. Sehingga ginjal tidak dapat menyaringnya dengan baik.

Akibatnya terjadi penumpukan purin di bagian tulang dan sendi. Indikator tingginya zat purin dalam tubuh adalah rasa nyeri luar biasa pada persendian tertentu. Inilah yang biasa kita sebut dengan penyakit asam urat.

Baca Juga : 3 Tahapan Proses Pembentukan Urine

Adapun penyebab tingginya kadar asam urat dapat dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap saat, obesitas atau kelebihan berat badan.

Selain itu juga dapat berasal dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol dalam darah yang melebihi kondisi normal.

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala-gejala yang umum terjadi karena tingginya kadar asam urat di antaranya sebagai berikut.

1. Beberapa bagian persendian mengalami rasa sakit dan nyeri. Terutama pada persendian tangan, kaki, dan ruas-ruas jari. Rasa nyeri tersebut berasal dari zat purin yang mengkristal. Pada saat bagian-bagian sendi tersebut digerakkan, rasa sakit dan nyeri ini akan terasa semakin menjadi.

2. Sendi menjadi terasa kaku dan keras, sehingga sulit digerakkan. Zat purin yang kandungannya terlalu tinggi menyebabkan penumpukan pada bagian sendi tertentu. Sehingga dapat menghalangi gerak dari sendi tersebut.

penyakit asam urat
Asam Urat Karena Tingginya Kadar Purin dalam Sendi

Baca : Penting! Hindari Mandi pada Jam-jam Ini Agar Jantung Anda Menjadi Sehat

3. Terjadi pembengkakan sendi. Biasanya ditandai dengan memerahnya kulit di sekitar area sendi. Hal ini disebabkan karena adanya radang sendi. Sedangkan radang sendi tersebut muncul di akibatkan oleh penumpukan purin. Penumpukan zat purin inilah yang pada akhirnya menghambat aliran darah.

4. Bagian sendi yang terkena asam urat akan terasa nyeri ketika ditekan. Akibatnya dapat mengganggu kinerja organ tubuh lainnya.

Hati-hati, Kadar Asam Urat yang Tinggi Memicu Resiko Serangan Jantung

Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, penyakit asam urat diketahui meningkatkan resiko serangan jantung. Bahkan bisa mencapai dua kali lipat daripada pasien yang tidak memiliki riwayat asam urat.

Tentu saja hal ini diakibatkan oleh tingginya kadar zat purin di dalam tubuh.

Pada tahap awal, penyakit asam urat memiliki gejala berupa munculnya rasa nyeri dan linu pada persendian. Selain itu rasa sakit pada persendiaan biasanya juga diikuti dengan bengkak dan panas.

Terjadinya pembengkakan pada sendi tangan, kaki, dan ruas-ruas jari akan menghambat pergerakan sendi. Sehingga muncullah rasa sakit dan nyeri.

Sedangkan pada tingkat yang lebih parah, kadar asam urat yang tinggi bisa menimbulkan pembengkakan sendi disertai kulit yang kemerahan di sekitar sendi.

Penumpukan purin pada sendi yang memunculkan radang sendi pada akhirnya menghambat aliran darah.

Banyaknya kadar zat purin di dalam tubuh berbanding lurus dengan kandungan yang terdapat pada pembuluh darah.

Dengan kata lain, semakin banyak kadar purin dalam tubuh semakin banyak pula kandungan yang mengendap dalam pembuluh darah.

Pola Hidup Sehat, Langkah Cerdas Menghindari Penyakit Jantung

Sehingga jika pembuluh darah menjadi semakin sempit berakibat tersumbatnya aliran darah. Dan akhirnya bisa kita tebak bukan? Aliran darah yang tersumbat itulah pemicu terjadinya serangan jantung.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali faktor yang menyebabkan tingginya kadar purin dalam tubuh. Salah satunya yang paling umum adalah pola makan yang tidak sehat.

Kristal purin dapat dengan cepat terbentuk jika kita sering mengkonsumsi daging, jeroan, dan ikan laut.

Apabila kita tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah serta sayur, maka purin cepat menumpuk pada pembuluh darah. Sehingga berakibat meningkatnya resiko serangan jantung yang mematikan.

Kandungan nutrisi pada sayur dan buah tidak hanya berupa vitamin, mineral, air, dan serta saja. Tetapi juga mengandung karbohidrat kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi buah dan sayur yang kurang dari normal berdampak pada terbentuknya kristal purin penyebab penyakit asam urat.

Kesimpulannya, mulai dari sekarang mari kita perbaiki pola makan kita menjadi lebih sehat. Seimbangkan kebutuhan makanan dan nutrisi di dalamnya untuk menghindari serangan jantung yang diakibatkan oleh penyakit asam urat.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan mengenai hubungan penyakit asam urat dengan resiko serangan jantung. Dengan adanya pengetahuan tentang tingginya kadar asam urat dalam darah dapat memicu resiko serangan jantung, menuntun kita untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergisi dan memiliki nutrisi seimbang, serta yang paling penting rutin berolahraga.

Akhirnya, semoga artikel ini dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda semuanya.

Terima kasih.

Leave a Reply