* Berkenalan dengan Sosok Jack Dorsey sang Penemu Media Sosial Twitter

Berkenalan dengan Sosok Jack Dorsey sang Penemu Media Sosial Twitter

Blogdope.comBerkenalan dengan sosok Jack Dorsey, sang Penemu Media Sosial Twitter. Pernahkah Anda dengar aktivitas “nge-twit”? Admin yakin, sulit sekali menemukan orang yang sama sekali belum pernah mendengar istilah twit (cuitan). Tulisan berikut memaparkan biografi Jack Dorsey sang penemu Twitter.

Ya, berawal dari aktivitas tersebut, Twitter menjelma menjadi salah satu platform media sosial yang mendunia.

Banyak sekali orang, baik publik figur, pejabat negara, politikus, budayawan dan lain-lain yang memanfaatkan Twitter sebagai media komunikasi.

Twitter pada dasarnya merupakan sebuah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks.

Panjang teks mencapai 140 karakter. Kita mengenalnya dengan sebutan twit atau kicauan. Lambang atau logo Twitter adalah burung “twitter”, sejenis burung kecil yang senang berkicau.

Tetapi, tahukah Anda siapa sebenarnya yang menemukan Twitter? Simak selengkapnya pada paparan biografi di bawah ini.

biografi penemu twitter
Twitter, Platform Media Sosial Terkemuka di Dunia (gambar: addition.id)

Baca Juga: Biografi Robert Boyle Ilmuwan Penemu Metanol

Riwayat Hidup Jack Dorsey Penemu Twitter

Nama Jack Dorsey mungkin menjadi sangat asing bagi kita pada umumnya. Tetapi tidak dengan Twitter. Ya, Jack Dorsey-lah orang yang menemukan platform media sosial ini.

Jack Dorsey sang pencipta Twitter, juga berprofesi sebagai pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat. Selain itu juga pendiri serta CEO Square, layanan pembayaran pada perangkat seluler.

Ia lahir pada tanggal 19 November 1976 di St. Louis, Missiouri, Amerika Serikat.

Berlatar belakang keluarga penganut Katolik yang taat, Jack tumbuh dan berkembang di lingkungan yang sangat mendukung pendidikannya.

Bahkan paman Jack adalah seorang pendeta Katolik di Cincinnati. Hal inilah yang mendorong Jack kecil untuk bersekolah di sekolah Katolik Bishop DuBourg High School.

Jenjang pendidikan tinggi ditempuh oleh Jack Dorsey di Universitas Sains dan Teknologi Missouri. Kemudian ia menyelesaikannya di Universitas New York.

jack dorsey penemu twitter
Sosok Jack Dorsey, Jenius Penemu Twitter (Dok. Twitter)

Baca Juga : Sigmund Freud, Biografi Penemu Teori Psikoanalisis

Sejarah Penemuan Twitter

Selama berkuliah di Universitas New York inilah, ide dan pemikiran Jack tentang Twitter muncul. Tepatnya terjadi pada suatu forum yang diselenggarakan oleh perusahaan podcast bernama Odeo.

Selanjutnya Jack mengutarakan pemikirannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi. Itu ia lakukan bersama dengan sebuah kelompok kecil.

Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006.

Tepat pada pukul 9.50, Jack Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya. Pesan sederhana dan bersejarah itu berbunyi “just setting up my twttr”.

Sementara itu, situs jejaring sosial Twitter diluncurkan pada bulan Juli tahun yang sama.

Sejak peluncurannya, Twitter menjadi salah satu dari 10 situs yang paling sering dikunjungi di jaringan internet dunia. Tak pelak, ia pun memperoleh sebutan sebagai “pesan singkat dari internet”.

Pengguna yang belum memiliki akun pada layanan jejaring sosial Twitter hanya bisa membaca kicauan (twit). Sedangkan bagi mereka yang ingin bisa memposting kicauannya, terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran. Proses pendaftaran ini diharuskan untuk dapat memperoleh akun aktif.

Popularitas Twitter Meroket di Kalangan Pengguna

Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh Twitter membuatnya segera menjadi sebuah platform jejaring sosial yang sangat populer.

Tingkat pertumbuhan popularitas Twitter bahkan selayaknya meteor yang jatuh ke Bumi. Sangat cepat.

Hingga bulan Januari 2013, tercatat lebih dari 500 juta pengguna yang terdaftar di Twitter. Dari jumlah tersebut, 200 juta di antaranya adalah pengguna yang aktif.

Fenomena unik dari penggunaan Twitter biasanya terjadi pada saat ada peristiwa khusus di tengah masyarakat. Bisa juga pada saat ada sesuatu yang menjadi trending topic dan viral di kalangan masyarakat.

Misalnya pada tahun 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari. Twitter juga menanganni lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Inilah yang melatarbelakangi keberhasilan Twitter menduduki peringkat 2 situs jejaring sosial paling populer di dunia.

Twitter hanya kalah dari Facebook, sebuah layanan media sosial lain yang didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Tingginya tingkat popularitas Twitter membuatnya menjadi platform handal untuk berkomunikasi dengan publik. Misalnya untuk kampanye politik, sarana belajar, dan sebagainya.

Di sisi lain, Twitter juga menghadapi permasalahan klasik sebagaimana situs jejaring sosial yang lainnya. Apakah itu? Ya, isu keamanan.

Beberapa isu keamanan seperti tingkat sekuritas, privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran pernah menghambat laju Twitter.

Karir dan Penghargaan untuk Jack Dorsey Inventor Twitter

Jack Dorsey menjalankan Twitter di bawah perusahaan Twitter Inc., yang didirikannya. Kantor pusat perusahaan ini berada di San Fransisco. Ia juga memiliki kantor cabang dan server tambahan yang terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.

Beberapa waktu lalu, Twitter diakuisisi oleh Facebook Corporation dengan nilai sangat fantastis. Mencapai miliaran dolar Amerika!

Seiring dengan prestasinya yang mendunia, banyak sekali penghargaan yang diterima oleh Jack Dorsey atas inovasinya melalui penemuan Twitter.

Salah satu penghargaan paling prestisius yang diterimanya adalah “Inovator Paling Bersinar yang Berusia di bawah 35 Tahun”. Label ini dikeluarkan oleh MIT Technology Review TR35. Jack Dorsey juga memperoleh penghargaan “Innovator of the Year Award” dari The Wall Street Journal.

Sungguh sebuah prestasi yang sangat layak dibanggakan, bukan?

Biografi Tokoh Dunia Lainnya:

Penutup Memoar Jack Dorsey

Nah, itulah riwayat hidup Jack Dorsey sang penemu Twitter. Poin penting yang perlu kita ambil adalah tidak semua ide dan pemikiran cemerlang harus melalui serangkaian proses yang rumit.

Terkadang, sebuah kegiatan sederhana sehari-hari dapat memunculkan purwarupa pemikiran yang cemerlang. Tugas kita adalah terus menggali dan mengembangkannya.

Akhirnya, admin ucapkan selamat berkarya. Jangan lelah bekerja dan berusaha untuk mencapai kesuksesan.

Terima kasih.

Leave a Reply