* Biografi Alexander Bain Ilmuwan Penemu Mesin Fax - BlogDope.com

Biografi Alexander Bain Ilmuwan Penemu Mesin Fax

Blogdope.comBiografi Alexander Bain, Mengenal Ilmuwan Penemu Mesin Fax. Kita tentu pernah mendengar tentang mesin fax atau faksimili bukan? Mesin fax berfungsi untuk mengirimkan salinan dokumen atau berkas melalui jaringan telepon.

Sebagian masyarakat menyebutnya dengan istilah mesin fotokopi jarak jauh. Ya, memang seperti kemampuan utama dari sebuah mesin fax.

Pada masanya, mesin fax sangat besar peranannya bagi kehidupan manusia. Terutama bagi mereka yang kesehariannya berkutat dengan urusan perkantoran.

Meskipun kini perannya tergerus oleh kemudahan media sosial, tetapi tidak ada salahnya jika kita mengenal sejarah penemuan mesin fax.

alexander bain penemu mesin fax
Biografi Alexander Bain, sang Penemu Mesin Fax (source: thefamouspeople.com)

Baca Juga: Berkenalan dengan Sosok Jack Dorsey sang Penemu Media Sosial Twitter

Riwayat Hidup Alexander Bain, sang Penemu Mesin Fax

Nama Alexander Bain dikenal dunia sebagai tokoh yang menemukan mesin fax. Beliau lahir di Watten Caithness, Skotlandia pada Oktober 1811.

Profesi utamanya adalah pembuat arloji dan instrumen lainnya. Hak paten atas penemuan mesin fax di daftarkan atas namanya, dan kemudian dunia mengakuinya sebagai penemu mesin fax.

Selain penemuan berupa mesin fax, ia juga seorang teknisi serba bisa yang memasang jalur komunikasi telegraf pertama sepanjang rute kereta api Edinburgh dan Glasgow.

Penemuan Mesin Fax

Mesin fax berhasil ditemukan oleh Alexander Bain pada tahun 1843.

Konsep awal penemuan mesin fax berdasar pada rasa percaya Bain pada kode Morse. Beliau memiliki pemikiran bahwa kode Morse dapat juga diterapkan secara visual, tidak hanya secara audio atau suara.

Pemikiran tersebut kemudian ia tuangkan ke dalam konsep dasar mesin fax modern.

Penggunaan sinyal-sinyal listrik yang berasal dari operator telegraf merupakan sebuah lompatan besar dalam dunia telekomunikasi. Dan Bain mengaktualisasikan sinyal-sinyal listrik tersebut melalui sejenis kertas khusus.

Kertas tersebut sebelumnya direndam terlebih dahulu ke dalam sebuah bahan kimia.

Sinyal-sinyal listrik yang melalui kertas yang telah direndam dengan bahan kimia mengakibatkan terjadinya penguapan bahan kimia. Sehingga meninggalkan tanda Panjang atau pendek serupa kode Morse.

Tanda-tanda dan kode Morse inilah yang memungkinkan munculnya potensi pengiriman informasi lebih cepat.

Wujud nyata pemikiran Alexander Bain ini kemudian kita kenal dengan istilah “telegraf kimia”.

biografi penemu mesin fax
Mesin Fax atau Faksimili (gambar: unsplash.com)

Baca Juga: Biografi Singkat Frederick Grant Banting, Ilmuwan Penemu Obat Insulin

Sejarah Penemuan Mesin Fax

Pada saat itu, sebuah dokumen fax belum dapat terkirim dengan cara sebagaimana sekarang. Mesin telegraf sinyal merupakan mesin faks pertama yang berhasil mengirim pesan dengan mengatur arus listrik.

Perkembangan teknologi mesin faks didasari oleh penemuan telegraf. Sebab dengan telegraf-lah akhirnya dapat tercipta mesin fax.

Konsep dasar pengembangan mesin faks ialah upaya mengirimkan pindaian gambar, atau teks, atau keduanya. Pindaian gambar dan teks tersebut dirubah dalam bentuk sinyal, yang kemudian tercetak pada mesin faks penerima.

Penggunaan mesin fax menjadi sangat terkenal pada tahun 1983. Ketika itu Komite Internasional bernama CCITT menetapkan standar protokol mesin faks.

CCITT adalah organisasi yang berwenang untuk menetapkan standar komunikasi internasional. Segera saja penggunaan mesin fax menjadi standar pengiriman dokumen saat itu. Berbagai dokumen bisnis, hukum, dan sebagainya dikirim menggunakan faks.

Saat ini peran mesin faks tergerus oleh penggunaan surat elektronik dan teknologi lainnya.

Alexander Bain meninggal dunia pada tanggal 2 Januari 1877 di Kirkintilloch. Beliau meninggal di usia 65 tahun dan jenazahnya dimakamkan di Old Aisle Cemetery.

Meskipun Alexander Bain telah lama meninggal dunia, jasa-jasa dan pemikirannya terhadap perkembangan teknologi sangat patut kita kenang.

Biografi Ilmuwan dan Penemuannya:

Demikianlah Riwayat hidup Alexander Bain sang penemu mesin fax. Semoga dapat menambah luas khasanah pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply