* Biografi Antoni Van Leeuwenhoek sang Penemu Lensa Optik

Biografi Antony van Leeuwehoek, Ilmuwan Mikrobiologi sang Penemu Lensa Optik

Blogdope.comBiografi Antony van Leeuwenhoek, Ilmuwan Mikrobiologi sang Penemu Lensa Optik. Penemuan ilmu mikrobiologi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Berkat jasa dan pemikiran Antony van Leeuwenhoek, dunia dapat mengamati sebuah mikroorganisme yang teramat kecil.

Menggunakan alat berupa mikroskop, ukuran organisme sekecil apapun dapat kita amati dengan mudah.

Dunia mengenal namanya sebagai “Bapak Mikrobiologi”, sekaligus orang pertama yang menekuni ilmu mikrobiologi.

Selain itu, Antony juga dikenal untuk karyanya berupa peningkatan mikroskop. Serta kontribus pembentukan mikrobiologi.

biografi penemu lensa optik
Sosok Antony van Leeuwenhoek, Bapak Mikrobiologi Penemu Lensa Optik (gambar: kompas.com)

Baca Juga:

Mengejutkan! Ada 6 Fakta Unik tentang Video Porno yang Perlu Anda Ketahui

Riwayat Hidup Antony Van Leeuwenhoek sang Penemu Lensa Optik

Antony van Leeuwenhoek adalah orang pertama di dunia yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel tunggal. Awalnya organisme tersebut terkenal dengan sebutan animalcules. Kita sekarang mengenalnya dengan sebutan mikroorganisme.

Van Leeuwenhoek juga merupakan orang pertama yang merekam pengamatan mikroskop serat otot, bakteri, spermatozoa, dan darah mengalir di kapiler (pembuluh darah kecil).

Pembahasan lengkap mengenai sistem peredaran darah dapat Anda baca pada artikel William Harvey: Biografi Singkat Ilmuwan Penemu Sistem Peredaran Darah

Penemuan dan karya Antony van Leeuwenhoek terungkap melalui serangkaian korespondensi bersama The Royal Society.

Lembaga ini pula-lah yang pada akhirnya mempublikasikan surat-suratnya, sehingga seluruh dunia menjadi tahu tentang karya Antony van Leeuwenhoek.

Di bawah ini adalah riwayat hidup Antony van Leeuwenhoek. Beliau merupakan ilmuwan yang pertama kali mencetuskan ilmu mikrobiologi. Selain itu, beliau juga yang menjadi penemu lensa optik.

Riwayat Hidup Antony van Leeuwenhoek

Antony Philips van Leeuwenhoek lahir pada tanggal 24 Oktober 1632. Beliau seorang warga negara Belanda.

Ayahnya bernama Philips Antonysz van Leeuwenhoek berprofesi sebagai pembuat keranjang. Sayangnya, ia meninggal pada saat Antony berusia 5 tahun.

Sedangkan ibunya bernama Margaretha Bel van den Berch.

Anak-anak keluarga van Leeuwenhoek seluruhnya berjumlah 5 orang, dengan Antony merupakan anak terakhir.

Empat orang kakak Antony seluruhnya perempuan. Masing-masing bernama Margriete, Geertruyt, Neeltge, dan Catharina van Leeuwenhoek.

Baca Juga : 

Inilah 5 Fakta Unik dan Menarik tentang Payudara Wanita!

Keluarga dan Karir Antony van Leeuwenhoek

Semasa kecil, Antony bersekolah di dekat kota Leyden, Den Haag. Jenjang pendidikan ini hanya sempat ia jalani sebentar. Kemudian ia melanjutkan sekolah di Benthuizen. Di sana Antony tinggal bersama pamannya yang seorang pengacara dan petugas kota.

Antony van Leeuwenhoek menikah dengan Barbara de Mey pada bulan Juli 1654. Pasangan ini memiliki satu orang anak bernama Maria van Leeuwenhoek. Sebenarnya mereka memiliki 5 orang anak. Tetapi 4 orang di antaranya meninggal ketika masih bayi.

Istri Antony, Barbara, meninggal pada tahun 1666. Kemudian Antony menikah lagi dengan Cornelia Swalmius pada tahun 1671.

Selain berprofesi sebagai ilmuwan, beliau juga memiliki profesi sampingan sebagai pedagang.

Menghabiskan masa kecil sampai remaja di Kota Delft, Antony muda bekerja sebagai pedagang kain. Sekira tahun 1654, ia berhasil mendirikan toko miliknya sendiri.

Pada usia dewasa, Antony juga bekerja sebagai bendahara pada kantor sherif kota Delft. Sekira tahun 1669, ia diangkat menjadi surveyor oleh Pengadilan Belanda. Di samping itu, ia juga menjadi “Wine Gauger” yang bertanggung jawab atas impor anggur untuk seluruh kota.

mikroskop modern
Ilustrasi Pembuluh Darah diamati dengan Mikroskop (gambar: cerdikcendikia.com)

Baca Juga:

5 Bagian Tubuh Pria yang Paling Disukai Wanita

Sejarah Penemuan Lensa Optik

Perangkat mikroskop sebenarnya sudah ditemukan, bahkan jauh sebelum Antony van Leeuwenhoek lahir. Tetapi Antony-lah orang yang mampu menghasilkan mikroskop dengan daya kekuatan pengamatan yang jauh lebih baik.

Dengan tekun, Antony menggosok lensa berukuran kecil, sehingga salah satu lensanya memiliki kapasitas pembesaran hingga 270 kali.

Sepanjang hidupnya, Antony van Leeuwenhoek membuat lebih dari 500 lensa optik.

Dia juga menciptakan setidaknya 25 mikroskop dengan jenis yang berbeda-beda. Mikroskop itu terbuat dari frame perak atau tembaga. Sedangkan lensa sepenuhnya masih buatan tangan.

Mikroskop merupakan perangkat yang berukuran relatif kecil. Ukuran terbesar memiliki panjang sekitar 5 cm. Penggunaan mikroskop dengan menempatkan lensa yang sangat dekat di depan mata sambil melihat ke arah matahari.

Di sisi lain mikroskop memiliki pin. Pada pin inilah sampel pengamatan dipasang. Terdapat juga tiga buah sekrup yang memungkinkan pemindahan pin dan sampel. Panjang sekrup sekitar tiga sumbu. Sumbu pertama untuk mengubah fokus. Sedangkan dua sumbu lainnya untuk menavigasi sampel.

Karya-karya Besar Antony van Leeuwenhoek

Beberapa bentuk penemuan Antony van Leeuwenhoek sang penemu lensa optik yang sudah terpublikasi di antaranya:

  • The Infusoria (Protist in Modern Zoological Classification), tahun 1674.
  • The Bacteria (Large Selenomonads from The Human Mouth), tahun 1676.
  • The Spermatozoa, tahun 1677.
  • The Banded Pattern of Muscular Fibers, tahun 1682.

Sampai akhir hidupnya, Antony van Leeuwenhoek telah menulis lebih dari 560 buah surat kepada masyarakat dan lembaga ilmiah lainnya.

Semuanya berisi tentang pengamatan dan hasil penemuan-penemuannya.

Bahkan ketika masih menderita sakit pun, Antony terus berkirim surat kepada The Royal Society, London. Beberapa surat terakhirnya berisi deskripsi tentang penyakit yang dideritanya sendiri dengan sangat tepat.

Penyakit yang diderita oleh Antony van Leeuwenhoek adalah sejenis penyakit yang sangat langka. Ini berupa gerakan tak terkendali dari perut, yang sekarang diberi nama penyakit van Leeuwenhoek.

Antony van Leeuwenhoek meninggal dunia pada tanggal 26 Agustus 1723 dalam usia 90 tahun.

Ia dimakamkan empat hari kemudian di Oude Kerk, Delft, Belanda.

Meskipun Antony van Leeuwenhoek telah lama meninggal, karya-karyanya masih menjadi sumber referensi utama bagi para ilmuwan.

Misalnya pada tahun 1981, seorang mikroskopis Inggris bernama Brian J. Ford menemukan bahwa spesimen asli mikroskop dan lensa buatan Antony tersimpan di Royal Society of London.

Spesimen tersebut berkualitas sangat tinggi dan terpelihara dengan baik.

Penemuan inilah yang kemudian menghasilkan beragam pengetahuan yang dapat kita pelajari sampai dengan saat ini.

Baca Juga :

Demikianlah riwayat hidup Antony van Leeuwenhoek, sang penemu lensa optik dan bapak ilmu mikrobiologi.

Admin berharap semoga postingan biografi penemu lensa optik Antony van Leeuwenhoek di atas dapat menambah luas pengetahuan dan wawasan Anda.

Terima kasih.

 

Sumber: en.wikipedia

Leave a Reply