Biografi Singkat Charles Robert Darwin Pencetus Teori Evolusi

Blogdope.com – Biografi Singkat Charles Robert Darwin Pencetus Teori Evolusi

Biografi singkat Charles Robert Darwin pencetus teori evolusi menjadi penting untuk diketahui karena teori evolusi yang dikemukakannya menimbulkan efek bersejarah dalam kehidupan manusia.

Pranala Hidup Charles Robert Darwin

Charles Robert Darwin dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Inggris. Ia meninggal dunia pada tanggal 18 April 1831.

Charles Robert Darwin

Latar belakang keluarga Charles Robert Darwin adalah keluarga ilmuwan. Erasmus Darwin, kakeknya, adalah seorang naturalis (penyelidik alam). Demikian pula halnya dengan Charles Robert Darwin.

Charles Robert Darwin masuk ke jurusan kedokteran di Universitas Edinburg pada usia enam belas tahun. Akan tetapi jurusan kedokteran ini tidak menimbulkan minat belajar yang tinggi dalam dirinya.

Secara diam-diam Charles Robert Darwin terus mengembangkan jiwa petualang dalam dirinya. Hal ini diketahui oleh orang tuanya yang kemudian memindahkannya untuk belajar di Universitas Cambridge dengan jurusan ilmu administrasi perkantoran.

Ilmu administrasi perkantoran membuat minat belajar Charles Robert Darwin menjadi semakin rendah.

Secara fisik, Charles Robert Darwin lebih menyukai kegiatan berkuda serta berburu. Melihat ketertarikan Charles Robert Darwin terhadap petualangan dan alam pada umumnya, maka diajaklah ia untuk turut serta dalam pelayaran dengan kapal HMS Beagle oleh seorang gurunya.

Kapal HMS Beagle berlayar dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan di berbagai belahan dunia. Charles Robert Darwin diperkejakan sebagai seorang naturalis.

Pada awalnya ayah Charles Robert Darwin sangat berkeberatan mendengar rencana anaknya yang akan ikut berlayar. Tetapi pada akhirnya sang ayah pun menyetujuinya.

Baca Juga:

Teori Evolusi Darwin

Teori evolusi Darwin mulai dikemukakan sejak ia terlibat dalam pelayaran bersama HMS Beagle, pelayaran yang pertama sepanjang hidupnya.

Pelayaran tersebut dimulai pada tanggal 27 Desember 1831. Ekspedisi pelayaran ini direncanakan berlangsung selama lima tahun. Charles Robert Darwin mengawali petualangan pelayaran ini di usia 22 tahun.

Sepanjang ekspedisi pelayarannya, Charles Robert Darwin menyusuri pantai sepanjang Amerika Selatan, menyusuri Kepulauan Galapagos, dan singgah di pulau-pulau di Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia.

Selama ekspedisi pelayarannya itulah Charles Robert Darwin menemukan banyak sekali keajaiban alam dan hal itu dituliskannya dalam buku catatan.

Charles Robert Darwin bertemu dengan beragam suku bangsa primitif, berhasil menemukan aneka ragam fosil berikut dengan keanehannya, ragam flora dan fauna yang luar biasa mengagumkan.

Sekembalinya ke negaranya pada tahun 1836, Charles Robert Darwin disibukkan dengan pekerjaan meneliti bahan yang berhasil diperolehnya selama ekspedisi pelayaran.

Charles Robert Darwin belum berani mempublikasikan hasil penemuannya karena prinsip dan pertimbangan kehati-hatian.

Hasil temuan Charles Robert Darwin baru dipublikasikan melalui serangkaian buku-buku dua puluh tahun kemudian. Dan benar saja, penemuan dan teori Charles Robert Darwin ini menimbulkan efek perdebatan tiada henti. Bahkan sampai sekarang.

Pendapat yang dikemukakan oleh Charles Robert Darwin tentang evolusi sangatlah unik dan menarik. Salah satunya adalah pendapatnya tentang asal-usul manusia yang berasal dari monyet.

Hal ini dikemukakannya didasarkan pada pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan yang secara terus-menerus mengalami perubahan hingga pada akhirnya mencapai penampilannya sebagaimana sekarang.

teori evolusi darwin

Perubahan yang terus-menerus terjadi ini dalam rangka penyesuaian diri dengan alam untuk tujuan mempertahankan hidup. Inilah inti pokok dari teori evolusi atau teori asal-usul.

Sebagaimana halnya dengan tumbuhan dan hewan yang terus berevolusi, manusia pun mengalami hal yang sama. Evolusi yang terjadi pada diri manusia memakan waktu berjuta-juta tahun untuk sampai pada bentuk manusia modern dan cerdas seperti saat ini.

Teori evolusi yang dikemukakan oleh Charles Robert Darwin ini membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia.

Fosil manusia purba menjadi tonggak penting kebenaran teorinya. Demikian pula pencarian dan penemuan fosil binatang purba seperti dinosaurus juga berarti penting untuk pembuktiannya.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Charles Robert Darwin Pencetus Teori Evolusi. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *