Biografi Ernerst Rutherford Penemu Proton Unsur Positif Inti Atom

partikel proton
Struktur Atom

Blogdope.com Biografi Singkat Ernest Rutherford Penemu Proton Unsur Positif Inti Atom. Proton merupakan unsur yang bermuatan positif dalam inti atom dan merupakan inti dari zat cair. Pentingnya pengetahuan terkait unsur proton bisa diawali dengan mengetahui biografi Rutherford penemu unsur proton.

Biografi Ernest Rutherford Penemu Unsur Proton, Partikel Inti Atom Positif

Ernest Rutherford lahir pada tanggal 30 Agustus 1871 di Spring Grove, Selandia Baru. Beliau lahir dari sebuah keluarga besar yang terdiri atas orang tua dengan dua belas orang anak.

Kedua orang tua Rutherford bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga besar tersebut. Ayahnya adalah tukang bengkel roda dan kereta kuda. Selain itu ia juga bekerja sampingan menjadi buruh bangunan. Sedangkan ibunya merupakan seorang guru.

biografi ernest rutherford penemu unsur proton
Ernest Rutherford Penemu Unsur Proton (sumber: britannica.com)

Artikel Terkait:

Biografi Dmitri Mendeleev Penemu Tabel Periodik Unsur

Pada saat bersekolah, Ernest Rutherford merupakan pelajar yang sangat menonjol dalam ilmu Matematika. Pendidikan dasarnya diselesaikan pada sebuah sekolah di daerahnya.

Atas prestasinya yang tinggi, Ernest Rutherford mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Nelson College. Di sekolah ini, kembali Ernest Rutherford menunjukkan kegemilangan prestasinya.

Prestasi akademiknya di Nelson College mengantarkannya memperoleh beasiswa ke Canterbury College di Kota Christchurch. Kota Christchurch merupakan salah satu kota besar di negara Selandia Baru.

Beliau berhasil memperoleh gelar sarjana muda pada tahun 1892. Meskipun demikian, Ernest Rutherford tetap melanjutkan proses belajarnya dengan tujuan untuk memperoleh beasiswa kembali.

Hal ini ia lakukan mengingat latar belakang perekonomian keluarganya yang tidak mendukungnya untuk memperoleh pendidikan tinggi secara mandiri.

Prestasi Gemilang Ernest Rutherford

Setahun setelah keberhasilannya memperoleh gelar sarjana muda, Ernest Rutherford meraih gelar master di bidang Matematika dan Fisika. Rutherford memperoleh gelar master Ilmu Matematika dan Fisika dengan nilai tertinggi.

Prestasinya ini kembali mengantarkan Ernest Rutherford untuk memenangkan beasiswa belajar di Universitas Cambridge, Inggris.

Selama menjalani masa perkuliahan di Universitas Cambridge, Inggris, Ernest Rutherford juga menjadi mahasiswa peneliti pada Laboratorium Cavendish.

Pada Laboratorium Cavendish, Ernest Rutherford bekerja di bawah bimbingan seorang fisikawan Inggris yang sangat terkenal. Ia adalah Joseph John Thomson. (Lihat : Biografi Singkat Joseph John Thompson Penemu Unsur Elektron)

Partikel Penyusun Inti Atom: Proton, Elektron, Neutron

J.J. atau Joseph John Thomson merupakan fisikawan Inggris terkenal yang berhasil menemukan unsur elektron.

Pengalamannya selama belajar sebagai mahasiswa dan juga peneliti pada akhirnya mendorong Ernest Rutherford untuk melakukan penelitian secara terus-menerus. Kegigihannya berbuah Hadiah Nobel pada tahun 1908.

Hadiah Nobel ini berhak beliau peroleh atas jasanya dalam meneliti pemecahan unsur-unsur kimia di dalam inti atom dan kimia zat-zat radioaktif.

Baca Juga: Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif

Teori dasar pemecahan unsur-unsur kimia inti atom dan kimia zat radioaktif yang dikemukakan oleh Ernest Rutherford ini kemudian mengantarkan dunia ilmu pengetahuan bahwa sebuah unsur kimia dapat berubah menjadi unsur-unsur yang lain.

Keprofesionalan dan kegemilangan karir Ernest Rutherford mampu menarik minat banyak ilmuwan muda untuk ikut bekerja di Laboratorium Cavendish milik Universitas Cambridge.

Salah seorang ilmuwan yang bekerja bersama Ernest Rutherford adalah James Chadwick. Ia kemudian dikenal oleh dunia sebagai ilmuwan yang berhasil menemukan unsur neutron.

Ernest Rutherford kemudian melakukan terobosan penting pada tahun 1919. Ia berhasil melakukan percobaan reaksi inti buatan yang pertama di dunia. Keberhasilannya ini merupakan pembuka jalan bagi Fredric Joliot dan Irene Joliot Curie untuk menemukan radioaktif pada tahun 1934.

Penemuan Ernest Rutherford tentang reaksi inti buatan yang pertama ini merupakan dasar bagi penemuan-penemuan bidang ilmu Fisika dan Kimia berikutnya.

Keberhasilan Frederic Joliot dan Irene Joliot Curie menemukan radioaktif membuahkan hadiah Nobel pada tahun 1935.

Selain itu, teori reaksi inti Ernest Rutherford juga membuka jalan bagi James Chadwick untuk menemukan neutron. Neutron merupakan salah satu unsur dalam inti atom. Neutron ditemukan pada tahun 1932.

Penemuan neutron mengantarkan James Chadwick memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1935.

Proton, Penemuan Penting Ernest Rutherford

Ernest Rutherford juga berhasil menemukan salah unsur lain dalam inti atom. Unsur itu adalah proton. Penemuan proton merupakan salah satu tonggak sejarah perkembangan ilmu Fisika modern.

Proton adalah unsur di dalam inti atom yang bermuatan positif dan merupakan inti dari zat air, sehingga disebut juga sebagai inti atom hidrogen. Hidrogen adalah nama kimia dari zat cair.

Ernest Rutherford meninggal dunia pada tanggal 19 Oktober 1937 di Cambridge, Inggris. Dunia sangat kehilangan atas meninggalnya salah satu ilmuwan terkemuka yang sangat berjasa untuk mengembangkan dan menyumbangkan berbagai penelitian Fisika dan Kimia.

Artikel Populer Lainnya:

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Ernest Rutherford Penemu Proton Unsur Inti Atom. Teirma kasih dan Semoga bermanfaat.