* James Clerk Maxwell: Biografi Penemu Spektrum Elektromagnetik

Biografi James Clerk Maxwell: Ilmuwan Penemu Spektrum Elektromagnetik

Blogdope.com – Biografi James Clerk Maxwell Ilmuwan Penemu Spektrum Elektromagnetik. Spektrum elektromagnetik merupakan satu hukum dasar kelistrikan.

Berikut ini adalah biografi singkat James Clerk Maxwell penemu spektrum elektromagnetik, yang memiliki pengaruh besar dalam peradaban umat manusia.

Riwayat Hidup James Clerk Maxwell Penemu Spektrum Elektromagnetik

biografi penemu spektrum elektromagnetik
James Clerk Maxwell, sang Penemu Spektrum Elektromagnetik (source: flickr.com)

Baca Juga: Michael Faraday, Biografi Ilmuwan Penemu Listrik

James Clerk Maxwell lahir di Edinburg, Skotlandia pada tanggal 13 Januari 1831. Dunia kemudian mengenal nama Maxwell sebagai seorang ahli Matematika dan Fisika sangat sangat termasyur.

Predikatnya sebagai orang ahli Matematika dan Fisika sedikit banyak disebabkan oleh kemampuannya dalam menemukan hukum dasar listrik dan magnet.

Maxwell mampu merangkum hukum-hukum yang menyatakan hubungan antara listrik dengan magnet menjadi kesatuan teori yang padu.

Sedari berusia muda, axwell sudah menunjukkan tingkat kecerdasan yang luar biasa.

Pada saat berusia 15 tahun, Maxwell telah mampu menyusun dan menyelesaikan kertas ilmiah (paper). Kertas ilmiah ini dipersembahkannya pada Edinburgh Royal Society.

Jenjang pendidikan tinggi ditempuh oleh Maxwell di Universitas Edinburgh, tetapi ia menyelesaikannya di Universitas Cambridge.

Penemuan Spektrum Elektromagnetik

James Clerk Maxwell mampu membuktikan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik adalah sebesar 300.000 kilometer per detik. Pembuktian ini diperolehnya berdasarkan serangkaian percobaan-percobaan yang sudah ia lakukan.

Sehingga Maxwell mengetahui bahwa kecepatan merambat gelombang elektromagnetik hampir sama dengan kecepatan gelombang cahaya, yaitu 299.800 kilometer per detik.

spektrum elektromagnetik
Ilustrasi Spektrum Elektromagnetik (Source: computerhope.com)

Baca Juga: 

Energi Listrik: Penjelasan Pengertian, Sumber, Rumus, dan Contoh Soal yang Benar

Berdasarkan fakta tersebut, Maxwell kemudian menyimpulkan bahwa cahaya terdiri dari gelombang elektromagnetik.

Kesimpulan yang dikemukakan Maxwell ini, selain merupakan hukum dasar di bidang kelistrikan dan kemagnetan, juga menjadi hukum dasar dibidang optik, sebagai bagian lain dari ilmu Fisika, khususnya yang mempelajari tentang cahaya.

Dua ilmuwan lainnya yang mendapatkan ide berdasarkan pemikiran dari Maxwell, yaitu Hendrich Hertz dan Guliermo Marconi.

Sederet penemuan dari Maxwell ini telah mengantar manusia memasuki gerbang kehidupan modern yang serba nyaman.

Manusia dapat menikmati televisi sebagai sarana informasi dan hiburan, memanfaatkan sinar X, sinar gamma, sinar inframerah, dan sinar ultraviolet untuk bidang kesehatan dan industri.

Sumbangan Maxwell di bidang elektromagnetik dan optik tersebut dilengkapi dengan sumbangannya yang lain di bidang astronomi dan termodinamika.

Astronomi adalah bidang ilmu yang mempelajari bintang dan benda-benda langit, sedangkan termodinamika adalah ilmu yang menyelidiki hubungan antara tenaga panas dan bentuk-bentuk tenaga lainnya berdasarkan suhu, tekanan, dan volume.

Berdasarkan hasil penyelidikannya, Maxwell menyadari bahwa molekul-molekul gas bergerak dalam berbagai variasi kecepatan, ada yang bergerak lebih lambat dan ada juga yang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Penemuannya ini selanjutnya dikenal sebagai “Penyebaran Maxwell”.

Maxwell meninggal di usia cukup muda untuk seorang peneliti, yaitu 48 tahun, tepatnya pada tanggal 5 November 1879, karena penyakit kanker yang dideritanya.

Demikian ulasan mengenai biografi James Clerk Maxwell penemu spektrum elektromagnetik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply