* Biografi Jan Koum Pencipta Aplikasi Whatsapp - BlogDope.com

Biografi Jan Koum Pencipta Aplikasi Whatsapp

Blogdope.com – Biografi Singkat Jan Koum Pencipta Aplikasi Percakapan WhatsApp. Hampir semua orang di dunia mengenal apa itu Whatsapp. Sebuah aplikasi percakapan yang sangat familiar dan populer dewasa ini.

Tetapi tahukah Anda siapa yang menciptakan aplikasi ini?

Berikut biografi singkat Jan Koum pencipta aplikasi percakapan Whatsapp.

Biografi Jan Koum Pencipta Aplikasi Whatsapp

aplikasi whatsapp

Ilustrasi Pengguna Aplikasi Whatsapp (gambar: obsessionnews.com)

Baca Juga : Biografi Ma Huateng sang Penemu Media Sosial WeChat

Profil Jan Koum

Jan Koum lahir di Kiev, Ukraina. Ia berasal dari sebuah keluarga dengan perekonomian yang tergolong kurang mampu. Mereka hidup serba sederhana.

Kondisi perekonomian keluarga yang tidak membaik membuat Jan muda pergi ke Amerika Serikat untuk mencari pekerjaan. Pada saat itu usianya masih sangat muda, 16 tahun.

Sesampai di tanah Amerika, ia harus melalui perjuangan yang teramat berat untuk dapat hidup dan bertahan.

Pernah pada suatu ketika dalam hidupnya, Jan Koum menjadi gelandangan yang tak memiliki tempat tinggal tetap. Hidupnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Hingga suatu ketika sebuah minimarket mempekerjakannya sebagai tukang pembersih (cleaning service). Tentu saja penghasilan yang diperolehnya juga kecil.

Tetapi dengan penghasilan yang terbilang kecil itu, Jan Koum tetap ingat untuk memberikan nafkah kepada ibunya dan juga menempuh pendidikan menengah di sebuah SMA di Mission Viejo, California.

Berhasil menyelesaikan bangku sekolah menengah tidak membuat Jan Koum berpuas diri. Ia mencoba untuk bisa melanjutkan kuliah di Universitas San Jose, California.

Di universitas tersebut, ia mengambil jurusan pemrogramman komputer. Tetapi bangku kuliah tidak menawarkan kepuasan belajar pada dirinya. Sehingga ia memutuskan keluar dari kampus untuk selanjutnya belajar secara mandiri ilmu pemrogramman komputer.

biografi jan koum
Sosok Jan Koum, Pencipta Whatsapp (gambar: liputan6.com)

Baca : Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

Karir Cemerlang Jan Koum

Oleh karena hasrat belajarnya yang tinggi serta kecintaannya terhadap dunia pemrogramman komputer membuat Jan Koum berkembang menjadi programmer yang handal.

Perusahaan Yahoo! Kemudian memperkerjakannya sebagai engineer, meskipun secara akademis ia tidak berbekal ijazah yang cukup sebagaimana dipersyaratkan oleh Yahoo!

Yahoo! pada saat itu mau menerimanya bekerja hanya dengan pertimbangan bahwa dirinya memiliki kemampuan menulis dan membuat program komputer dengan sangat baik.

Jan Koum menghabiskan waktunya selama 10 tahun untuk bekerja pada perusahaan Yahoo!

Pada suatu ketika, Jan memiliki ketertarikan untuk meningkatkan karirnya dengan mendafarkan diri pada perusahaan Facebook.

Facebook merupakan sebuah perusahaan media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Tetapi harapannya untuk dapat bekerja pada perusahaan Facebook tidak terwujud. Lamarannya ditolak oleh Facebook karena ia dianggap belum memenuhi standar untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Penolakan ini tidak serta merta membuatnya berputus asa.

Baca Juga :

Berkenalan dengan Sosok Jack Dorsey sang Penemu Media Sosial Twitter

Aplikasi Whatsapp Jembatan Gemerlap Kesuksesan Jan Koum

Jan Koum kemudian mengambil langkah berani dengan mengundurkan diri dari Yahoo! Langkah ini ia ambil bersama seorang temannya yang bernama Brian Acton.

Mereka berdua kemudian mendirikan perusahaan startup pertama pada tahun 2009. Perusahaan tersebut bernama WhatsApp Inc., dan berkantor di Santa Clara, California.

Ide dasar pendirian perusahaan tersebut adalah untuk membuat aplikasi perpesanan (messenger) yang dapa digunakan pada seluruh perangkat komunikasi lintas platform.

Pada awal berdirinya perusahaan perusahaan tersebut hanya memiliki 15 orang pegawai. Akan tetapi kemudian perusahaan berhasil menciptakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) untuk menyaingi aplikasi Blackberry Messenger.

Pada saat itu tingkat kepopuleran aplikasi Blackberry Messenger sangatlah tinggi dan memiliki pangsa pasar dunia yang besar.

Keunggulan Whatsapp sebagai Aplikasi Lintas Platform

Kelebihan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Jan adalah kemampuannya untuk dipasang pada beragam perangkat telepon selular dengan bermacam-macam sistem operasi.

Inilah yang dimaksud dengan kemampuan lintas platform.

Fitur lintas platform ini pula-lah yang membuat WhatsApp dapat berkembang pesat dan kemudian merajai aplikasi perpesanan terpopuler di smartphone. Aplikasi WhatsApp hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat terhubung dan bertukar pesan dengan pengguna yang lain.

Aplikasi WhatsApp ini sama sekali tidak menggunakan pulsa seperti layaknya aplikasi SMS (Short Message System).

Sekarang aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Melihat tingkat popularitasi aplikasi WhatsApp, perusahaan Facebook kemudian melakukan pembelian seluruh aset Jan Koum.

Proses akuisisi perusahaan ini menghabiskan dana hingga 19 Milyar Dollar AS atau mencapai kurang lebih 220 triliun rupiah. Harga yang terbilang fantastis untuk perusahaan yang didirikan belum lama dan masih berusia muda.

Jan Koum resmi menjadi seorang miliuner dengan nilai aset yang sangat besar pada tahun 2014. Akhirnya kegigihan dan semangat berjuang serta sifat tidak kenal lelahnya berbuah sangat manis.

Hal ini patut menjadi teladan kita semua serta bisa menjadi inspirasi terutama bagi kaum muda untuk terus berjuang mencapai cita-cita.

Baca Juga: 

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Jan Koum Pencipta Aplikasi Percakapan Whatsapp. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply