Biografi JJ Thomson Ilmuwan Penemu Unsur Elektron

biografi penemu elektron

Blogdope.comBiografi Joseph John Thomson Ilmuwan Penemu Unsur Elektron. Tahukah Anda, siapakah ilmuwan yang menemukan unsur elektron? Untuk mengetahuinya, Anda dapat menyimak biografi Joseph John Thomson penemu unsur elektron di bawah ini.

Joseph John Thomson atau sering disingkat J.J. Thomson lahir di Cambridge, Inggris pada tanggal 18 Desember 1856. Beliau meninggal dunia pada tanggal 30 Agustus 1940.

Artikel Terkait: Biografi Ernerst Rutherford Penemu Proton Unsur Positif Inti Atom

Sejarah Hidup Joseph John Thomson, Ilmuwan Penemu Unsur Elektron dalam Atom

Keluarga Thomson adalah keluarga yang sederhana. Akan tetapi meskipun demikian, kesederhanaan tersebut tidak membatasi kehausan mereka akan ilmu pengetahuan.

Ayah Joseph John Thomson berprofesi sebagai penjual buku. Profesi ayahnya inilah yang sedikit banyak menyumbangkan keberminatan Joseph John Thomson pada ilmu yang tercantum dalam sebuah buku.

Dalam kehidupannya sehari-hari, Thomson menjadikan buku sebagai konsumsi wajib. Setiap menit dalam waktunya sehari-hari ia habiskan untuk membaca buku yang sebagian dijual oleh ayahnya.

Owens College, sekolah paling terkenal modern dan maju di Inggris pada saat itu akhirnya menerima Joseph John Thomspon untuk menjadi salah satu murid di sana. Pada saat itu Thomson berusia 14 tahun.

Selama bersekolah di tempat itu, Joseph John Thomson mempelajari ilmu fisika terapan. Jadi dia tidak hanya belajar secara teoritis, melainkan juga terdidik untuk melakukan penelitian dan percobaan-percobaan ilmiah.

Saat ini Owens College terkenal dengan nama Universitas Victoria Manchester.

Karena prestasi akademiknya sangat tinggi, Joseph John Thomson akhirnya memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Trinity College Cambridge, Inggris.

biografi penemu unsur elektron
Joseph John Thomson (sumber: enncb.com)

Baca Juga: Dmitri Mendeleev, Penemu Tabel Periodik Unsur

Nama Joseph John Thomson sebagai fisikawan kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia dengan raihan hadiah Nobel fisika pada tahun 1906. Nobel fisika ini di hadiahkan kepadanya atas temuannya yang luar biasa berupa unsur elektron.

Elektron merupakan partikel atom yang bermuatan negatif dan berputar mengelilingi inti atom. Joseph John Thomson juga berhasil melakukan pembuktian tentang keberadaan sinar katoda.

Sinar katoda adalah sinar bermuatan elektron. Jenis sinar ini sebelumnya dikemukakan oleh Antonie Hendrie Becquerel (Baca juga: Biografi Singkat Antonie Hendrie Becquerel Penemu Radioaktivitas)

Model Atom Thomson

Joseph John Thomson juga berhasil membuat model atom yang pertama di dunia. Model atom tersebut dibuatnya pada tahun 1904. Model atom buatan Joseph John Thomson memiliki bentuk fisik selayaknya roti kismis, sehingga banyak kalangan menyebutnya sebagai model atom kismis.

Selama kurang lebih tujuh tahun model atom buatan Joseph John Thomson di pergunakan secara luas. Model atom ini kemudian disempurnakan oleh Ernest Rutherford (baca juga: Biografi Singkat Ernest Rutherford Penemu Unsur Proton). Model atom menurut Rutherford kemudian mengalami penyempurnaan lagi oleh Niels Bohr dan Heisenberg.

Joseph John Thomson kemudian menduduki jabatan sebagai Direktur Laboratorium Cavendish di Universitas Cambridge, Inggris. Sebuah jabatan akademis yang sangat prestisius di kalangan ilmuwan.

Jabatan direktur ini diembannya selama lebih dari 35 tahun, bermula pada tahun 1884 sampai dengan tahun 1919. Sebuah penghargaan yang sepadan dengan kejeniusannya.

Pada saat menjabat sebagai direktur di laboratorium tersebut, Joseph John Thomson melakukan perombakan terhadap struktur dan fungsi laboratorium. Sehingga kemudian dunia mengenal banyak ilmuwan handal yang lahir dari tempat itu.

Joseph John Thomson juga mendapat predikat tidak resmi sebagai mahaguru fisika. Predikat tersebut bukannya tanpa sebab dan alasan. Sebanyak delapan orang murid beliau sukses memenangkan hadiah Nobel berikutnya berkat penemuan-penemuan luar biasa.

Laboratorium Cavendish di Universitas Cambridge, Inggris telah melahirkan karya-karya fisika yang monumental, seperti elektron, proton, neutron, isotop, sinar alfa, sinar beta, dan juga sinar gamma.

Artikel Populer Lainnya:

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Joseph John Thomson Penemu Unsur Elektron. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

Category: ArtikelPenemu Tag: Biografi John ThomsonElektronJoseph John ThomsonPenemu ElektronSang Penemu