Biografi John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern

teori atom modern john dalton
Bermacam Teori Atom (Sumber: Pinterest.com)

Blogdope.comBiografi John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern. Pembahasan tentang ilmu dan teori atom tak pelak melahirkan banyak ilmuwan besar di dunia. Salah satunya adalah John Dalton. Beliau adalah ilmuwan Inggris yang berjasa besar dalam perkembangan ilmu atom. Berikut riwayat hidup lengkap John Dalton, sang penemu sekaligus pencetus teori atom modern.

John Dalton lahir pada tanggal 6 September 1766 di Eaglesfield, Cumbria, Inggris. Beliau meninggal pada tanggal 27 Juli 1844 di Manchester, Inggris.

Artikel Terkait: Biografi Lengkap Frederick Soddy Penemu Isotop

Biografi John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern

Riwayat Hidup John Dalton

Tumbuh kembang John Dalton hampir tidak pernah menikmati bangku sekolah formal. Jenjang sekolah formal hanya dinikmatinya sampai usia tujuh tahun. Selepas itu, Dalton belajar ilmu pengetahuan secara mandiri atau otodidak.

Tuhan memberikan anugerah berupa kemampuan berpikir dan bernalar melebihi orang-orang lain. Anugerah itu memungkinkan John Dalton untuk tumbuh menjadi orang dengan kemampuan belajar yang sangat luar biasa.

Kemampuan memahami ilmu pengetahuan yang baru berada di atas rata-rata orang pada umumnya. Hal ini di tunjukkan kurang lebih oleh kemampuannya memahami sesuatu lebih dahulu dari orang normal.

Nama John Dalton dikenal oleh dunia sebagai ilmuwan berkebangsaan Inggris yang sangat termasyur. Citranya sebagai ilmuwan terangkat berkat teori model atom modern yang di kemukakannya.

biografi john dalton
Lukisan Sosok John Dalton, Penemu Teori Atom Modern (Sumber: Kompas.com)

Simak juga artikel lainnya: Biografi Ernerst Rutherford Penemu Proton Unsur Positif Inti Atom

Profil John Dalton

Teori model atom modern di kemukakan oleh John Dalton pada tahun 1803, tertuang dalam karyanya berjudul New System of Chemical Philosophy.

John Dalton dalam merumuskan teori model atom modern kurang lebih juga terinspirasi oleh beberapa hipotesis tentang atom dari ilmuwan-ilmuwan sebelumnya. Salah satu di antaranya adalah Demokritus.

Beliau adalah seorang filsuf Yunani kuno. Pandangannya tentang atom tercermin dalam sebuah syair terkenal pada masanya, berjudul De Rerum Natura (Hakibat Benda).

Ketika itu Demokritus berkeyakinan bahwa di dalam sebuah objek material sebenarnya tersusun atas partikel-partikel yang berukuran sangat kecil. Partikel-partikel tersebut bersifat tidak mudah rusak. Partikel-partikel inilah yang kemudian kita kenal dengan sebutan atom.

Pandangan Demokritus ini kemudian mendapatkan banyak dukungan dari para ilmuwan terkemuka pada abad ke-17. Salah satu d iantaranya adalah Sir Isaac Newton, ilmuwan yang terkenal sebagai bapak Fisika modern.

Meskipun demikian, teori Demokritus tersebut belum mendapatkan pembuktian secara ilmiah, karena masih berdasar pada asumsi dan tidak melalui penyelidikan-penyelidikan ilmiah. Selain itu tidak terdapat hubungan antara filosofi atom dengan hal-hal nyata pada disiplin ilmu kimia.

Baca Juga: Biografi Sir Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi dan Bapak Fisika Modern

Teori Atom Modern Dalton

teori atom modern Dalton
Teori atom modern Dalton

Sifat teori tentang atom modern yang dikemukakan oleh John Dalton adalah kuantitatif. Karena bersifat kuantitatif, maka teori tersebut dapat bermanfaat sebagai referensi penafsiran dalam percobaan-percobaan kimia.

Dalton mengemukakan teori atom modern tidak hanya menyangkut atom saja, melainkan sampai pada konsep atom, molekul, dan campuran kimia.

Salah satu teori yang di kemukakannya menyatakan bahwa sebuah unsur materi terdiri atas sekelompok atom yang tidak dapat terbagi lagi. Pada tiap unsur materi terdiri atas atom-atom yang memiliki sifat dan massa identik. Senyawa dapat terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap.

Pendapat lain dari John Dalton juga menyatakan bahwa pada setiap dua jenis atom dari kelompok yang serupa memiliki kesamaan kualitas, termasuk di dalamnya adalah kualitas material pada benda yang di ukur.

Penjelasan lain dari teori atom modern John Dalton menyatakan bahwa tiap dua molekul dari gabungan kimiawi yang sama terdiri dari kombinasi atom yang serupa.

Teori atom modern John Dalton kemudian mendapat dukungan serta diyakini secara penuh oleh para ahli kimia hanya dalam waktu dua puluh tahun setelah terpublikasi.

Postulat Teori Atom Modern John Dalton

John Dalton merangkum teori atom modern dalam postulat yang terdiri atas hal-hal sebagai berikut.

Pertama, Setiap unsur terdiri dari partikel yang sangat kecil yang disebut atom

Kedua, Atom dari unsur yang berbeda akan memiliki sifat yang berbeda pula

Ketiga, Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain dengan reaksi kimia

Keempat, Atom tidak dapat dimusnahkan dan atom juga tidak dapat dihancurkan

Kelima, Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul

Baca Juga:

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern. Semoga bermanfaat.