* Biografi Ma Huateng sang Penemu Media Sosial WeChat - BlogDope.com

Biografi Ma Huateng sang Penemu Media Sosial WeChat

Blogdope.comBiografi Ma Huateng, sang Penemu Media Sosial WeChat. Perkembangan teknologi tak pelak memunculkan banyak sekali inovasi. Tak hanya berupa inovasi terapan, tetapi juga aplikasi sehari-hari.

Salah satunya adalah aplikasi untuk berkomunikasi satu dengan yang lain berbasis internet. Dulu kita pernah mengenal mIRC, sebuah layanan perpesanan berbasis teks. Kemudian ada juga Blackberry Messenger, IM, Whatsapp, dan lain-lain.

Belakangan ini kita mendengar sebuah aplikasi perpesanan bernama WeChat. Aplikasi ini menyediakan layanan komunikasi pesan suara dan teks di ponsel.

Tahukah Anda, siapa orang yang menemukan aplikasi WeChat? Simak biografi lengkapnya di bawah ini.

biografi penemu wechat
Aplikasi WeChat, Kompetitor Utama Whatsapp (source: techtrend.id)

Baca Juga: 

Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

Riwayat Hidup Ma Huateng sang Penemu WeChat

Ma Huateng lahir di Chaoyang pada tanggal 29 Oktober 1971. Chaoyang masuk daerah administrasi Provinsi Guangdong, Cina.

Jenjang pendidikan tingginya ia selesaikan di Universitas Shenzhen. Kemudian ia berkecimpung dalam bisnis internet. Salah satu lini usahanya berbentuk perusahaan yang ia beri nama Tencent Inc.

Kesuksesan Tencent Inc. turut mendongkrak popularitas dan kekayaan Ma. Tahun 2007, nama Ma Huateng termasuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Pada bulan Maret 2013, ia menduduki posisi keempat daftar orang terkaya di China. Sedangkan secara global, ia adalah orang terkaya nomor 223. Adapun nilai kekayaannya mencapai US$ 6,8 miliar.

Popularitas Tencent bahkan hanya kalah oleh Google, Amazon, dan eBay.

biografi penemu wechat
Sosok Ma Huateng, Miliarder Pemilik WeChat Orang Terkaya Nomor 9 di Dunia (gambar: sindonews.com)

Baca Juga: Mengenal Sosok Charles Babbage sang Penemu Komputer Pertama di Dunia

Popularitas WeChat di Tangan Ma Huateng

Sebagai salah satu platform layanan komunikasi suara dan teks melalui ponsel, WeChat memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Inc. China ini bisa berjalan di bawah beragam sistem operasi ponsel. Misalnya Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone, dan juga Symbian.

Layanan bahasa yang didukung oleh aplikasi WeChat juga beragam. WeChat tersedia dengan bahasa Inggris, Cina tradisional, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia.

Berbicara mengenai pita data jaringan seluler yang dipakai, aplikasi WeChat bisa berjalan pada jaringan WiFi, 3G, dan juga 4G.

Untuk dapat menggunakan aplikasi WeChat, seseorang diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran dapat dilaukan melalui koneksi Facebook, SMS/VM, atau Tencent QQ.

WEChat mengalami perkembangan yang pesat. Pada bulan Maret 2012, sudah terdapat lebih dari 200 juta pengguna WeChat aktif yang tercatat. Di seluruh dunia, WeChat memiliki sekitar 300 juta pelanggan.

Di Indonesia, aplikasi WeChat memasuki pasar melalui MNC media, Indosat, Indosat M2, Panasonic Gobel Indonesia, Hillhouse Capital Inc., dan Tencent sendiri.

Ketersediaan unduhan aplikasi WeChat juga mudah ditemukan. Antara lain terdapat di AppStore untuk iTunes, Google Play Store untuk Android, Marketplace untuk Windows Phone.

Itulah riwayat hidup Ma Huateng penemu aplikasi WeChat yang sangat populer.

Baca Juga: 

Sekali lagi memoar tentang penemu WeChat ini membuktikan bahwa kreatifitas menjadi kunci keberhasilan. Tak masalah mencontoh ide orang lain, selama kita mengembangkannya dengan pemikiran kita sendiri.

Akhirnya, admin berharap semoga biografi Ma Huateng ini dapat menginspirasi Anda semua.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply