* Biografi Matt Mullenweg: Mengulik Sosok Penemu Wordpress

Mari Mengulik Sosok Matt Mullenweg sang Penemu Platform Blogging WordPress

Blogdope.comBiografi Matt Mullenweg Sosok Penemu Platform Blogging WordPress. Anda yang berkecimpung dalam dunia blogging, tentu mengenal WordPress. WordPress merupakan salah satu platform blog yang sangat populer.

Popularitas WordPress bahkan jauh di atas pesaing-pesaingnya, seperti Blogger (dulu Blogspot), Joomla, dan lain sebagainya.

Keunggulan WordPress dibandingkan dengan para kompetitor misalnya dari sisi ketersediaan plugin yang banyak sekali.

Seorang pengguna tinggal memasang plugin yang ia butuhkan ke dalam WordPress untuk bisa memperoleh manfaatnya secara instan. Luar biasa bukan?

Tahukah Anda, siapa orang yang menemukan WordPress? Simak biografi penemu wordpress di bawah ini.

biografi penemu wordpress
WordPress, Platform Blogging Terkemuka di Dunia (gambar: 101red.com)

Baca Juga : 

John Gorrie, Inilah Biografi Sosok Penemu Mesin Air Conditioner AC Pertama di Dunia

Riwayat Hidup Matt Mullenweg sang Penemu WordPress

Matthew Charles Mullenweg, kemudian lebih dikenal dengan nama Matt Mullenweg, lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Ia merupakan pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress.

Matt menyelesaikan pendidikan SMA dengan spesialisasi kejuruan bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Ia juga sangat mahir memainkan alat musik saksofon.

Meskipun tidak berlatar belakang pendidikan pada bidang teknologi komputer dan pemrogramman, pada akhirnya Matt berhasil mengembangkan perangkat lunak WordPress, Akismet, dan Automatic.

Sejarah Penemuan WordPress

Dunia blog sudah ditekuni oleh Matt sejak tahun 2002. Pada waktu itu usianya baru menginjak 18 tahun. Ia menggunakan fasilitas blog yang disediakan oleh b2cafelog.

Kemudian ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasikan foto-foto perjalanannya ke Washington DC.

Beberapa bulan kemudian blog bbpress.org yang dipakai Matt untuk mempublikasikan fotonya berhenti melakukan pengembangan perangkat lunak. Inilah yang memicu Matt untuk menggali pemikiran dan ide kreatifnya.

Tepat pada bulan Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blognya, bahwa ia akan mengembangkan platform blog b2. Pengembangan itu disesuaikan dengan standar web yang berlaku pada saat itu.

biografi penemu wordpress
Matt Mullenweg, Sosok Visioner di balik Kejayaan WordPress (gambar: visioner.id)

Artikel Penemu Lainnya: 

Hobi Selfie? Baca Dulu Biografi Steven J Sasson sang Penemu Kamera Digital Pertama di Dunia

Pengembangan Antarmuka WordPress

Bersama dengan Mike Little, Matt mulai mengembangkan kode program WordPress berbasis b2. Seiring berjalannya waktu, dengan bantuan Michel Valdrighi mereka bertiga berhasil melahirkan WordPress. Nama Michel Valdrighi dikenal dunia karena dia adalah mantan pengembang platform b2.

Tanggal 27 Mei 2003 adalah tanggal bersejarah bagi Matt dan WordPress. Karena pada tanggal inilah WordPress versi 0.70 dirilis. Struktur file yang digunakan dalam WordPress sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Saat berusia 19 tahun, Matt bersama rekan-rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks daripada HTML. Tepat setahun kemudian WordPress meluncurkan fasilitas Ping-o-Matic. Fasilitas ini berfungsi untuk mengirimkan ping notifikasi kepada mesin pencari internet.

Per hari ini, Ping-o-matic sudah melayani lebih dari 1 juta permintaan ping setiap harinya.

Faktanya, Matt Mullenweg bukanlah seorang sarjana lulusan perguruan tinggi. Ia hanya mahasiswa DO (Drop Out) alias tidak menyelesaikan studi di universitas.

Simak : Mengenal Sosok Charles Babbage sang Penemu Komputer Pertama di Dunia

Penghargaan atas Penemuan WordPress

Tahun 2007 merupakan puncak pencapaian prestasi Matt Mullenweg. Ia menjadi salah seorang dari daftar “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” versi majalah PC World.

Pada pertengahan Januari 2009, ia berkesempatan mengunjungi negara kita sekaligus menjadi tamu utama dalam acara WordPress Worldcamp 2009.

Diakuisisinya WordPress oleh Microsoft Corporation semakin meningkatkan popularitas penggunaan platform ini. Sama halnya yang terjadi pada platform Blogspot yang kemudian diakuisisi oleh Google. Blogspot kemudian berganti nama menjadi Blogger.

Itulah riwayat hidup Matt Mullenweg, penemu platform blogging WordPress. Nilai moral yang dapat kita ambil adalah tingkat pendidikan tidak selalu berbanding lurus dengan kesuksesan seseorang.

Banyak sudah contoh orang yang berhasil sukses meskipun pendidikannya tidak tinggi. Semua kembali pada kemauannya untuk terus belajar, pengembangan kreativitas dan ketekunan.

Simak Biografi Ilmuwan Lainnya:

Akhirnya, admin mengucapkan terima kasih atas kesediaan Anda membaca biografi ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply