* Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbit Asetilen

Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbit Asetilen

Blogdope.com – Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbit AsetilenKarbit atau asetilen banyak dipakai sebagai bahan bakar las besi atau baja. Tahukah Anda siapa penemu karbit atau asetilen?

Berikut ini biografi singkat Pierre Eugene Marcelin Berthelot penemu gas karbit atau asetilen.

Riwayat Hidup Pierre Eugene Marcelin Berthelot Penemu Gas Karbit Asetilen

biografi penemu gas karbit asetilen
Piere Eugene Marcellin Berthelot, Ilmuwan Penemu Gas Karbit Asetilen

Baca Juga: Sigmund Freud, Biografi Penemu Teori Psikoanalisis

Pierre Eugene Marcelin Berthelot lahir pada tanggal 27 Oktober 1827 di Paris. Beliau meninggal dunia di Paris, pada tanggal 18 Maret 1907.

Nama Berthelot dikenal sebagai penemu gas karbit atau asetilen. Gas karbit ini ditemukannya pada tahun 1862.

Penggunaan karbit paling banyak digunakan untuk mengelas logam. Mengelas merupakan kegiatan untuk menghubungkan dua buah potongan logam yang sejenis.

Prinsipnya adalah dengan meleburkan masing-masing ujung kedua potongan logam tersebut kemudian menyambungkannya untuk keperluan tertentu.

Jenis bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pengelasan logam adalah gas karbit atau asetilen. Sifat gas ini sebenarnya berbahaya karena mudah meledak.

Nyala api yang ditimbulkan oleh gas karbit atau asetilen dapat mencapai suhu atau temperatur yang sangat tinggi. Suhu yang dapat dicapai oleh gas karbit ini jika dipanaskan bisa mencapai 3.1000C.

Dengan tinggi suhu seperti ini dapat meleburkan logam atau besi sehingga dapat disambung pada masing-masing ujungnya untuk beragam keperluan.

Saat ini hampir semua bengkel dan pabrik terbantu untuk memanfaatkan gas karbit atau asetilen dalam produksinya. Meskipun penemuan Berthelot berupa gas karbit atau asetilen ini tidaklah sehebat penemuan radioaktif, akan tetapi manfaatnya juga sama besar.

Karir Cemerlang Berthelot dan Penemuan Gas Karbit

Pierre Eugene Marcelin Berthelot juga dikenal dunia sebagai seorang ahli kimia, selain itu beliau juga merupakan sejarawan ilmu pengetahuan dan juga pejabat pemerintahan.

Puncak karir Berthelot dimulai pada saat beliau menjabat asisten di College de France. Profesi ini dimulai pada tahun 1851. Selanjutnya pada tahun 1858, Pierre Eugene Marcelin Berthelot menjadi profesor kimia organik pada Ecole Superieue de Pharmacie, Paris.

Selain itu pada tahun 1885, Pierre Eugene Marcelin Berthelot mendapatkan mandat untuk menangani pendidikan pada jabatan inspektur pendidikan menengah atas.

Pierre Eugene Marcelin Berthelot juga pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Umum pada tahun 1886 sampai dengan 1887 dan Menteri Luar Negeri pada tahun 1895 sampai dengan 1896.

Meskipun sangat sibuk dengan kegiatan terkait jabatannya di pemerintahan, Pierre Eugene Marcelin Berthelot tetap meluangkan waktu untuk melakukan serangkaian penelitian ilmiah terutama pada bidang spesialisasinya, kimia.

Karya terbesar Pierre Eugene Marcelin Berthelot adalah penemuan gas karbit atau asetilen. Karya tulis Berthelot pada bidang kimia memperoleh posisi yang penting serta menjadi pedoman pengembangan ilmu kimia sampai dengan saat ini.

gas karbit asetilen
Ilustrasi Penggunaan Gas Karbit Asetilen

Baca Juga: Seri Biografi Ilmuwan: Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif

Kurang lebih pada tahun 1889, Pierre Eugene Marcelin Berthelot menjabat sebagai Sekretaris Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis. Beliau menggantikan Louis Pasteur, sebuah nama besar lain di bidang kedokteran.

Selama berkarir, Pierre Eugene Marcelin Berthelot telah menulis tidak kurang dari 1.600 judul buku dan juga makalah.

Baca Juga:

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbit Asetilen. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply