Biografi Singkat Alexander Graham Bell Penemu Telepon

Blogdope.com – Biografi Singkat Alexander Graham Bell Penemu Telepon

Tahukah Anda nama ilmuwan yang menemukan telepon? Berikut adalah biografi singkat Alexander Graham Bell penemu telepon.

Pranala Hidup Alexander Graham Bell Penemu Telepon

alexander graham bell

Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 3 Maret 1847. Beliau meninggal dunia pada usia 75 tahun, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 1922 di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada.

Nama Alexander Graham Bell dikenal oleh dunia sebagai seorang ilmuwan yang berjasa besar dalam dunia telekomunikasi melalui serangkaian alat yang ditemukannya serta pendirian perusahaan telekomunikasi Bell pada tahun 1877.

Alexander Graham Bell adalah penemu alat komunikasi berupa telepon. Berkat jasa Alexander Graham Bell kita memperoleh kemudahan berkomunikasi dengan orang lain, meskipun terpisah oleh jarak yang teramat jauh.

Ajaibnya, meski telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell, beliau justru tidak pernah dapat mempergunakannya untuk berkomunikasi dengan istrinya. Mereka berdua menderita tuna rungu.

Bangku pendidikan formal tidak pernah diperoleh oleh Alexander Graham Bell. Bentuk pendidikan yang diperolehnya berasal dari keluarganya serta kemauannya untuk belajar secara mandiri atau otodidak.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis

Ayah Alexander Graham Bell dikenal sebagai seorang yang ahli dalam memperbaiki kualitas vokal orang manakala berpidato, serta menjadi pengajar bagi orang-orang yang menderita tuli.

Sejarah Penemuan Telepon

Penemuan telepon diawali dengan serangkaian percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Alexander Graham Bell. Percobaan-percobaan tersebut terjadi sepanjang tahun 1875, bertempat di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

teleponAkhirnya Alexander Graham Bell mendaftarkan penemuan teleponnya untuk mendapatkan hak paten pada bulan Februari 1876. Atas karyanya tersebut, Alexander Graham Bell mulai mendapatkan penghasilan beberapa waktu kemudian.

Alexander Graham Bell pertama kali mendemonstrasikan telepon yagn ditemukannya pada saat dilaksanakan pameran 100 tahun kota Philadelphia.

Pada waktu itu, penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell sangat menarik perhatian publik. Dia pun pernah mencapai kesepakatan awal sebesar seratus ribu dollar Amerika atas penemuannya dari sebuah perusahaan bernama The Western Union Telegraph Company.

Tetapi tanpa adanya alasan yang jelas, perusahaan tersebut akhirnya membatalkan pembayaran. Tentu saja hal itu menimbulkan kekecewaan pada diri Alexander Graham Bell. Dia kemudian mendirikan perusahaan sendiri dengan dukungan dari beberapa temannya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Joseph Lister Penemu Obat Antiseptik

Perusahaan yang didirikan oleh Alexander Graham Bell tersebut tercatat pada bulan Juli 1877. Perusahaan inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal sebuah perusahaan telekomunikasi raksasa bernama American Telephone and Telegraph Company yang kita kenal saat ini.

Perangkat telepon yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini memperoleh kesuksesan dan mencapai tingkat popularitas yang demikian tinggi di seluruh dunia. Tentu saja kesuksesan serta popularitas ini diikuti dengan perolehan keuntungan komersial yang luar biasa.

Perusahaan yang didirikan oleh Alexander Graham Bell mampu membukukan keuntungan sebesar 1 juta dollar Amerika pada tahun 1883. Sebuah jumlah uang sangat teramat besar pada waktu itu.

Meskipun sudah meraih keuntungan yang demikian besar, Alexander Graham Bell terus berupaya melakukan inovasi dan mengembangkan perangkat telepon yang ditemukannya. Ia juga terus mengembangkan peralatan komunikasi khusus untuk penderita tuna rungu sebagaimana halnya dirinya.

Demikianlah artikel mengenai Biografi Singkat Alexander Graham Bell Penemu Telepon. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *