Biografi Singkat Alexandre Gustave Eiffel Perancang Menara Eiffel

Blogdope.com – Biografi Singkat Alexandre Gustave Eiffel Perancang Menara Eiffel

Menara Eiffel merupakan menara besi paling terkenal di dunia, dan menjadi landmark Kota Paris, Perancis.  Tahukah Anda siapa yang merancangnya? Berikut biografi singkat Alexandre Gustave Eiffel perancang Menara Eiffel.

biografi singkat Alexandre Gustave Eiffel perancang menara eiffel

Menara Eiffel dikenal di seluruh dunia karena kemegahan dan keindahannya. Atas kemegahan dan keindahannya tersebut, Menara Eiffel mampu membangkitkan kekaguman setiap orang yang melihatnya.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita mengenal biografi singkat Alexandre Gustave Eiffel perancang Menara Eiffel. Hal ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan penghormatan atas jasa beliau.

Sejarah Menara Eiffel

biografi singkat alexandre gustave eiffel perancang menara eiffel

Kemasyuran Menara Eiffel yang kita kenal saat ini tidak bisa lepas dari nama Alexandre Gustave Eiffel. Beliaulah yang meracang pembangunan menara besi yang terkenal tersebut.

Alexandre Gustave Eiffel merupakan arsitek Perancis yang menjadi otak perancang pembuatan menara besi yang sekarang kita kenal sebagai Menara Eiffel.

Beliau dilahirkan di Dijon, Perancis pada tanggal 15 Desember 1832. Sejarah hidupnya berakhir manakala Alexandre Gustave Eiffel meninggal dunia pada tanggal 28 Desember 1923 di Rue Rabelais, Paris.

Sepanjang hidupnya, Alexandre Gustave Eiffel dikenal sebagai arsitek yang sangat piawai dalam bidang konstruksi logam, khususnya jembatan. Saking terkenalnya, kalangan masyarakat saat itu lebih mengenalnya dengan julukan “Si Penyihir Besi”.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Samuel Finley Breese Morse Pencipta Sandi Morse

Menara Eiffel merupakan karya paling fenomenal dan terkenal dari Alexandre Gustave Eiffel. Menara besi raksasa ini dibangun antara tahun 1887 sampai dengan tahun 1889.

Pada awalnya Menara Eiffel dirancang dan dibangun untuk keperluan Pameran Universal yang diselenggarakan pada tahun 1889 di Paris, Perancis.

Biografi Singkat Alexandre Gustave Eiffel Penemu Menara Eiffel

Proyek konstruksi besi pertama yang membuat Alexandre Gustave Eiffel memperoleh nama di kalangan konstruktor adalah proyek jembatan di Bordeaux.

Pembuatan proyek jembatan Bordeaux ini dipimpin sendiri oleh Alexandre Gustave Eiffel. Padahal pada saat itu beliau barus berusia 26 tahun. Sebuah usia yang sangat belia untuk menjadi perancang dan pemimpin proyek besar.

Proyek jembatan Bordeaux yang dipimpin oleh Alexandre Gustave Eiffel ini dikerjakan selama tahun 1858.

Oleh karena hasil proyek jembatan Bordeaux ini dinilai sangat memuaskan, Alexandre Gustave Eiffel berhasil memperoleh kepercayaan dari banyak kalangan. Sehingga pada kesempatan selanjutnya, beliau selalu ditunjuk sebagai perancang dan pemimpin pembangunan beberapa jembatan lainnya.

Proyek konstruksi logam yang dikerjakan oleh Alexandre Gustave Eiffel selanjutnya adalah proyek jembatan Sungai Douro. Sungai Douro adalah sebuah sungaibesar yang membentang di daerah Oporto, Perancis.

Oleh Alexandre Gustave Eiffel, jembatan Sungai Douro dibuat berupa lengkungan baca sepanjang 160 meter. Proyek jembatan Sungai Douro dikerjakan pada tahun 1877.

BACA JUGA :   Sejarah Berdirinya Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI

Keberhasilan proyek konstruksi jembatan Sungai Douro diikuti oleh proyek konstruksi yang lebih menantang. Alexandre Gustave Eiffel dipercaya untuk membangun jembatan besi di atas Sungai Truyere.

Sungai Truyere terletak di sebelah selatan Perancis. Jembatan ini membentang sepanjang 162 meter di atas permukaan sungai.

Proyek jembatan Sungai Truyere yang dibangun oleh Alexandre Gustave Eiffel ini kemudian dianggap sebagai jembatan yang memiliki lengkungan tertinggi di dunia. Jembatan ini terhitung memiliki lengkungan setinggi 120 meter dari atas permukaan arus sungai.

Selain proyek-proyek konstruksi logam besi berupa jembatan, Alexandre Gustave Eiffel juga terlibat dalam perancangan kubah bergerak yang terletak di Laboratorium Nice.

Alexandre Gustave Eiffel juga merancang dan membuat kerangka besi patung Liberty.

Patung Liberty merupakan karya fenomenal yang terletak di Pelabuhan New York. Patung ini sangat terkenal. Rancang bangunnya menyerupai orang yang menyambut kedatang setiap orang yang akan memasuki Kota New York, Amerika Serikat.

Keberhasilan perancangan dan pembuatan Menara Eiffel disertai keberhasilan Alexandre Gustave Eiffel membangun laboratorium aerodinamika pertama yang terletak di Autenil Perancis.

Laboratorium aerodinamika ini dibangun pada tahun 1912.

Pada prosesnya, Menara Eiffel di Paris Perancis dirancang tanpa menggunakan bahan lain selain besi baja. Menara Eiffel ini sama sekali tidak menggunakan semen dan batu bata.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alessandro Volta Penemu Baterai

Menara Eiffel di Paris Perancis ini dibangun selama tiga tahun, dimulai pada tahun 1887 dan berakhir di tahun 1889.

Oleh sebab kemegahan Menara Eiffel, menara ini menjadi tempat tujuan wisata utama di Kota Paris Perancis.

Karir Alexandre Gustave Eiffel tidak selamanya berjalan mulus. Pada suatu ketika, Alexandre Gustave Eiffel mengalami kemunduran yang diakibatkan oleh keterlibatannya dalam skandal keuangan.

Skandal keuangan ini dipicu oleh Ferdinand de Lesseps yang terlibat dalam proyek Terusan Panama Perancis. Atas keterlibatannya dalam skandal ini Alexandre Gustave Eiffel dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Alexandre Gustave Eiffel Perancang Menara Eiffel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *