Biografi Singkat Antoine Henri Becquerel Penemu Radioaktif

Blogdope.com – Biografi Singkat Antoine Henri Becquerel Penemu Radioaktif 

Radioaktif mengambil peran yang sangat besar dalam beragam bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang kedokteran. Mengingat peran penting radioaktif tersebut, ada baiknya pula untuk mengenal dan mengetahui biografi singkat Antoine Henri Becquerel penemu radioaktif.

Contoh penggunaannya adalah untuk mendeteksi penyakit melalui sinar Rontgen (sinar X) atau sinar Rontgen (lihat juga: Biografi singkat Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X) untuk menghancurkan sel-sel kanker (kemoterapi).

Pranala Hidup Antoine Henri Becquerel

antoine henri becquerel

Antoine Henri Becquerel lahir di Paris pada tanggal 15 Desember 1852. Latar belakang keluarga beliau merupakan keluarga ilmuwan terkenal.

Kakek beliau yang bernama Antoine Cesar Becquerel merupakan ilmuwan termasyur dan berprofesi sebagai profesor fisika di Museum Sejarah Alam di Paris.

Demikian pula halnya dengan ayah beliau yang bernama Alexander Edmond Becquerel yang sama-sama menjadi profesor fisika dan merupakan anggota Akademia Ilmu Pengetahuan Perancis. Sebuah dewan ilmu pengetahuan terkemuka di dunia.

Antoine Henri Becquerel dapat dikatakan sebagai orang pertama yang menemukan dan mengemukakan radioaktivitas di dunia. Nama beliau pun diabadikan untuk menyatakan satuan besaran radioaktivitas, yaitu Becquerel.

Penemuan Radioaktivitas

Radioaktivitas merupakan sifat daya pancar sinar tertentu yang ditimbulkan oleh beberapa unsur atau zat yang tidak dapat diuraikan.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

radioaktivitas

Beberapa jenis unsur logam berat di dunia seperti uranium, torium, aktinium, dan radium memancarkan radioaktif secara spontan.

Pemakaian radioaktif yang berlebihan dan tidak terkendali akan mengakibatkan bahaya fatal bagi kehidupan manusia.

Salah satu contoh pemakaian zat radioaktif yang tidak terkendali dapat ditemukan pada bom atom yang dijatuhkan di atas kota Nagasaki dan Hiroshima pada saat Perang Dunia II.

Pengaruh radiasi atom yang ditimbulkan dari ledakan di kedua kota tersebut sampai sekarang dan bahkan sampai beberapa generasi yang akan datang akan menimbulkan dampak kesehatan penduduk dan lingkungan sekitarnya.

Antoine Henri Becquerel mengenyam pendidikan dasarnya di Lycee Louisle Grand. Kemudian pada melanjutkan studi di bangku kuliah pada usia 20 tahun di Ecole Polytechnique.

Karena kecemerlangan pemikirannya, tiga tahun kemudian Antonie Henri Becquerel diangkat sebagai dosen di Ecole Polytechnique.

Antoine Henri Becquerel diangkat sebagai profesor atau guru besar di Museum Sejarah Alam atau Musee d’Histoire Naturelle, serta berhak atas gelar doktor pada bidang sains. Gelar terhormat ini dicapainya pada usia 26 tahun.

BACA JUGA :   Biografi Albert Einstein Penemu Teori Relativitas

Satu tahun berikutnya, Antoine Henri Becquerel diterima masuk menjadi anggota pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Perancis atau Academie des Sciences.

biografi singkat antoine henri becquerel

Radioaktivitas ditemukan oleh Antonie Henri Becquerel pada tahun 1896 pada saat melakukan pengamatan pada proses fosforesensi garam uranium. Atas penemuannya tersebut, maka pada tahun 1903 Antonie Henri Becquerel menerima hadiah Nobel Fisika.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Antoine Henri Becquerel Penemu Radioaktif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *