Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Blogdope.com – Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Microsoft Corporation merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, yang salah satu produksinya adalah sistem operasi Microsoft Windows. Microsoft Windows menjadi sistem operasi komputer yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Tidak kalah pentingnya kita mengetahui biografi singkat Bill Gates pendiri Microsoft.

Pranala Hidup William Henry Gates III (Bill Gates)

Bill Gates lahir di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal 28 Oktober 1955. Nama lengkapnya adalah William Henry Gates III. Darah Inggris, Jerman, Skotlandia, Irlandia mengalir dalam tubuhnya.

Bill Gates

Ayah Bill Gates berprofesi sebagai seorang pengacara ternama dan memiliki banyak relasi. Sementara ibunya adalah anggota dewan direktur pada First Interstate Bank System dan United Way.

Jadi dapat dikatakan Bill Gates memiliki latar belakang keluarga yang terpandang dan termasuk dalam golongan masyarakat ekonomi atas.

Bill Gates yang kita kenal sekarang ini adalah tokoh bisnis level dunia. Ia juga merupakan investor, filantropis, penulis, serta pendiri Microsoft Corporation.

Pada saat masih menjabat sebagai Chef Executive Officer pada Microsoft sebelum memutuskan beristirahat dan digantikan oleh Steve Balmer, ia merupakan orang dengan predikat terkaya di dunia dalam beberapa tahun berturut-turut.

Majalah Forbes menempatkannya sebagai orang terkaya di dunia dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2009 secara berturut-turut.

Baca Juga:

Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft 

William Henry Gates III atau yang kita kenal sebagai Bill Gates sejak usia muda sudah berkecimpung dalam dunia komputer. Ketertarikannya terhadap teknologi komputasi berawal dari usia 13 tahun.

Bill Gates muda tergabung dalam Mothers Club di sekolahnya pada saat itu Lakeside School. Pada suatu ketika, sekolahnya membeli sebuah terminal Teletype model 33 ASR dan beberapa buah komputer General Electric (GE).

Pembelian ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan para siswa di sekolah tersebut.

Kemampuan terminal dan komputer yang dibeli tersebut menarik minat Bill Gates. Dia kemudian berhasil menulis rutin program untuk eksekusi kode perangkat lunak pada komputer tersebut dengan sempurna.

Sejak saat itu ia berhasil menulis program perangkat lunak komputer pertama yang ditulisnya menggunakan bahasa pemrogramman BASIC.

Sejak remaja, Bill Gates memang sudah tertarik dengan dunia komputer. Ketertarikannya dengan komputer dimulai saat dia berusia 13 tahun.

Selain menulis program komputer sendiri, Bill Gates juga mempelajari sistem program komputer lain, diantaranya adalah sistem minikomputer DEC PDP, pada khususnya PDP-10 yang diproduksi oleh Computer Center Corporation (CCC).

Pada saat itu, pemakaian unit PDP-10 ini dibatasi oleh waktu. Untuk mengakalinya, Bill Gates bersama beberapa orang temannya yaitu Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans menulis rutin program yang dibuat berdasarkan bugs atau kesalahan pada sistem operasi.

Hal ini dilakukan untuk memperoleh waktu tambahan penggunaan komputer PDP-10. Kegiatan mereka pada akhirnya tertangkap tangan dan mereka kemudian dijatuhi hukuman dilarang untuk mengakses sistem PDP-10 selama musim panas oleh CCC.

Sebuah peluang terbuka untuk Bill Gates dan ketiga rekannya menjelang berakhirnya masa hukuman.

Mereka ditawari kerjasama untuk menemukan bugs-bugs (kesalahan program) lain pada perangkat lunak yang diproduksi oleh CCC dengan imbalan berupa tambahan waktu penggunaan komputer.

Pada waktu bekerja untuk CCC ini Bill Gates kemudian mempelajari kode sumber (source code) dari beragam program perangkat lunak komputer, termasuk di antaranya program yang ditulis dengan bahasa Fortran (Formula Translator) dan LISP.

Bill Gates dan teman-temannya bekerja pada CCC sampai dengan tahun 1970 dan harus berhenti karena aktivitas perusahaan dinyatakan bangkrut.

Lepas dari CCC, Bill Gates dan ketiga rekannya dipekerjakan oleh Information Sciences Inc. Tugas utama mereka adalah menulis program pembayaran gaji menggunakan bahasa pemrograman COBOL.

Selain gaji utama, mereka juga diberikan royalti dari hasil penjualan program serta tambahan hak akses ke komputer perusahaan.

Pekerjaan tambahan untuk Bill Gates berasal dari sekolahnya yang pada saat itu memintanya untuk membuat sebuah program komputer untuk mengatur jadwal kelas.

Bill Gates bersama Paul Allen kemudian mendirikan perusahaan bernama Traf-O-Data. Fokus usaha perusahaan ini adalah sistem penghitung lalu lintas dengan menggunakan prosesor Intel 8088 sebagai basis perangkat kerasnya. Pada saat itu, Bill Gates masih berusia 17 tahun.

Bangku sekolah di Lakeside School diselesaikan oleh Bill Gates pada tahun 1973. Kemudian ia mengambil tes SAT dan berhasil memperoleh skor yang teramat sangat tinggi, yaitu 1590 dari 1600.

Perolehan skor tes SAT yang sangat tinggi tersebut mengantarnya masuk ke Harvard College, sekolah yang sangat terkemuka di Amerika Serika bahkan dunia.

Di sekolah inilah Bill Gates bertemu dengan Steve Ballmer, seorang sahabat yang kemudian dijadikannya sebagai CEO Microsoft pada waktu ia memutuskan untuk berhenti.

Suatu ketika pada tahun kedua bersekolah di Harvard College, Bill Gates berhasil merancang algoritma untuk menyortir panekuk sebagai pemecahan atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan.

Masalah yang belum terpecahkan tersebut diberikan dalam kelas kombinatorika oleh Profesor Harry Lewis.

Solusi yang diajukan oleh Bill Gates memegang rekor sebagai versi solusi tercepat selama 30 tahun sebelum kembali dipecahkan dengan selisih hanya satu persen lebih cepat.

Pemikiran Bill Gates kemudian dibuat dalam bentuk cetakan resmi bekerjasama dengan ilmuwan komputer Harvard College bernama Christos Papadimitriou.

Sejarah Pendirian Microsoft

Selama bersekolah di Harvard College, Bill Gates lebih banyak menghabiskan waktunya menggunakan komputer sekolah.

Meski demikian, hubungan komunikasinya dengan sahabatnya Paul Allen masih berlangsung. Bahkan pada musim panas di tahun 1974, ia bergabung dengan Paul Allen di perusahaan Honeywell.

Tahun 1975, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems) Altair 8800 yang berbasis prosesor Intel 8080 diluncurkan. Peluncuran mesin ini dipandang oleh Bill Gates dan Paul Allen sebagai sebuah peluang dan kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer.

Selanjutnya, Bill Gates menghubungi perusahaan produsen mesin MITS untuk menawarkan kerjasama. Penawaran kerjasama ini kemudian diterima oleh presiden MITS saat itu, Ed Roberts.

Hanya dalam kurun waktu beberapa minggu, Bill Gates bersama Paul Allen berhasil mengembangkan emulator untuk mesin Altair yang beroperasi di sebuah minikomputer dengan penerjemah bahasa BASIC.

Emulator ini kemudian dipertunjukkan di kantor MITS di Albuquerque, yang selanjutnya menghasilkan kesepakatan kerjama untuk distribusi emulator dengan merek dagang Altair BASIC.

Pada tahun 1975, Bill Gates bersama Paul Allen memutuskan untuk cuti dari Harvard College dan fokus bekerja sama di MITS.

Mereka berdua mendirikan perusahaan kemitraan bernama Micro-Soft yang berkantor pertama di Albuquerque.

Merek dagang Microsoft didaftarkan pada Kementerian Luar Negeri negara bagian New Mexico pada tanggal 26 November 1976. Bersamaan dengan itu, Bill Gates tidak pernah kembali ke Harvard College untuk menyelesaikan masa belajarnya.

Saat perangkat lunak BASIC yang diproduksi oleh Microsoft telah dikenal secara luas di kalangan pengguna dan penggemar komputer, Bill Gates menemukan bahwa salinan pra-pasar perangkat lunak tersebut telah bocor ke kalangan umum.

Selanjutnya, Bill Gates menulis sebuah surat terbuka berjudul “Open Letter to Hobbyists” yang terbit di Newsletter MITS. Surat terbuka ini terbit pada bulan Februari 1976.

Open Letter to Hobbysts

Dalam surat tersebut, Bill Gates menyatakan bahwa MITS tidak boleh memproduksi, mendistribusikan, dan mempertahankan perangkat lunak berkualitas tinggi tanpa membayarnya.

Meskipun surat terbuka ini disambut dingin oleh banyak penggemar komputer, Bill Gates tetap teguh pada pendiriannya bahwa para pengembang perangkat lunak harus memperoleh bayaran dari setiap karyanya.

Pada akhir 1976, Microsoft terbebas dari kontrak kerjasama dengan MITS dan terus berinovasi mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai sistem komputer.

Kantor pusat Microsoft berpindah dari Albuquerque ke Bellevue, Washington pada tanggal 1 Januari 1979.

Seluruh karyawan Microsoft memiliki tanggung jawab besar terhadap bisnis perusahaan. Hal ini diterapkan dari awal tahun-tahun pengembangan perusahaan. Bill Gates selaku pimpinan mengawasi secara langsung rincian bisnis dan terlibat juga dalam penulisan kode program.

Penulisan kode program komputer yang akan diproduksi oleh Microsoft diawasi langsung oleh Bill Gates pada lima tahun pertama.

Bahkan Bill Gates akan melakukan peninjauan secara pribadi terhadap setiap baris kode yang dikirimkan perusahaan, dan melakukan perubahan atau menulis ulang agar kode program menjadi lebih baik.

Pada tahun-tahun awal Microsoft, semua karyawan punya tanggung jawab besar atas bisnis perusahaan. Gates mengawasi rincian bisnis dan juga menulis kode.

Pada lima tahun pertama, Gates secara pribadi meninjau setiap baris kode yang dikirimkan perusahaan, dan sering menulis ulang beberapa bagian kode agar terlihat pas.

Baca Juga:

Kerjasama Micoroft dengan IBM

IBM (International Business Machine), sebuah perusahaan perangkat lunak besar di Amerika Serikat meminta Microsoft untuk menulis penerjemah bahasa BASIC pada tahun 1980.

Penerjemah (translator) ini akan digunakan sebagai sistem operasi pada komputer pribadi produksi IBM yang diberi nama IBM Personal Computer atau IBM PC.

Microsoft kemudian melakukan adaptasi dan mengkode sistem operasi untuk PC kemudian mengirimannya kepada IBM dalam bentuk sistem operasi PC-DOS (Disk Operating System). Sistem operasi ini kemudian dikenal dengan nama IBM PC-DOS.

Untuk hasil karya ini, Microsoft mendapatkan bayaran sebesar US$50.000. Sebuah jumlah uang yang cukup besar pada saat itu.

Hak cipta pada sistem operasi IBM PC-DOS tetap dipegang oleh Microsoft, karena Bill Gates berkeyakinan bahwa perusahaan perangkat lunak lain akan meniru sistem yang dibuat oleh IBM.

Keyakinan Bill Gates terbukti benar. Microsoft kemudian melakukan penjualan sistem operasinya sendiri dengan kode sumber yang sama dengan IBM dan diberi nama MS-DOS.

Sistem Operasi MS-DOS

Sistem operasi ini mencapai puncak ketenaran dan menjadikan Microsoft sebagai perusahaan perangkat lunak utama dalam industri teknologi komputasi.

Microsoft melakukan restrukturisasi perusahaan dengan menggabungkan perusahaan-perusahaan cabangnya pada tanggal 25 Juni 1981. Bill Gates kemudian menjabat sebagai Presiden sekaligus Ketua Dewan atau CEO (Chief Executive Officer).

Versi ritel sistem operasi Microsoft Windows dipasarkan pada tanggal 20 November 1985. Sistem operasi inilah nantinya yang akan menjadikan Microsoft Corporation sebagai penguasa sistem operasi komputer di dunia.

Selain itu, Microsoft juga bekerja sama dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi terpisah khusus untuk personal komputer yang diproduksi oleh IBM. Sistem operasi ini kemudian dikenal dengan IBM OS/2.

Perbedaan kreativitas diantara kedua perusahaan ini akhirnya membuat kerjasama pengembangan sistem operasi berhenti.

Pada tanggal 16 Mei 1991, Bill Gates menulis sebuah memo internal yang didalamnya memuat peryataan bahwa kerjasama pengembangan sistem operasi dengan IBM berakhir. Kemudian Microsoft sepenuhnya fokus mengembangkan sistem operasi Microsoft Windows yang berbasis kernel Windows NT.

Demikian artikel Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *