Biografi Singkat Cai Lun Penemu Kertas

Blogdope.com – Biografi Singkat Cai Lun Penemu Kertas

Dunia mengenal banyak tokoh dan ilmuwan yang berjasa dalam dunia percetakan. Kita tahu Johannes Gutenberg (lihat juga: Biografi singkat Johannes Gutenberg Penemu Mesin Cetak). Akan tetapi siapakah penemu kertas? Di bawah ini biografi singkat Cai Lun penemu kertas yang berasal dari Cina.

Pranala Hidup Cai Lun Penemu Kertas

cai lun penemu kertasCai Lun adalah bangsawan Cina yang diperkirakan hidup pada abad ke-2 Masehi. Ketika itu Kekaisaran Cina ada di bawah kekuasaan Dinasti Han. Menurut catatan, Cai Lun dilahirkan di wilayah bernama Guiyang, yang merupakan wilayah dari Provinsi Hunan.

Karya besar Cai Lun yang berupa kertas merupakan sumbangan besar terhadap peradaban dan sejarah umah manusia. Meskipun kertas yang diciptakan oleh Cai Lun pada saat itu belumlah sebagus dan sesempurna kertas yang kita kenal sekarang.

Semasa hidupnya, Cai Lun merupakan seorang kasim dan bekerja pada pengadilan kekaisaran sebagai pegawai negara.

Sebenarnya kertas sudah mulai dikenal penggunaannya sejak awal abad ke-2 SM. Tetapi kertas yang lebih baik komposisinya adalah kertas yang berhasil diciptakan oleh Cai Lun. Dia menambahkan beberapa bahan-bahan jenis baru yang penting ke dalam komposisi pembuatannya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Sejarah Penemuan Kertas

Dulu, sebelum kertas belum dikenal, segala bentuk tulisan dan prasasti pada umumnya dituliskan pada bambu atau potongan kain sutra. Bahan ini disebut dengan chih.

kertas kunoMengingat bahan chih terbuat dari potongan kain sutra yang berharga sangat mahal, dan juga berat bila menggunakan bahan berupa bambu maka semakin lama kedua bahan tersebut mulai ditinggalkan.

Cai Lun yang memang pekerjaanya berkaitan dengan tulis menulis, mulai memikirkan untuk mencari bahan-bahan lain sebagai pengganti chih dari potongan kain sutra dan bambu. Salah satu bahan yang pernah dicoba oleh Cai Lun adalah kulit pohon.

Jenis pohon yang pernah digunakan oleh Cai Lun adalah pohon buah murbei (blueberry). Jenis pohon ini dipilih karena pada batangnya mengandung serat-serat yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan jenis pohon lain.

Pembuatan kertas menggunakan kulit pohon buah murbei dilakukan dengan cara mengambil bagian dalam kulit kayu. Bagian tersebut kemudian direndam di dalam air. Setelah beberapa lama kemudian diangkat dan dipukul-pukul. Ini dilakukan untuk melepaskan serat halus dari kulit kasarnya.

Bersamaan dengan perendaman kulit kayu pohon buah murbei, dilakukan juga perendaman rami, kain bekas, dan jala ikan bekas. Bahan-bahan tersebut direndam sampai berbentuk menyerupai bubur.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alessandro Volta Penemu Baterai

Setelah berupa bubur lembut, bahan-bahan ini kemudian ditekan hingga berbentuk lembaran sangat tipis kemudian dijemur. Dari hasil penjemuran ini kemudian dikenal sebagai kertas pada masa itu. Tentu saja kualitasnya belum sebaik kertas yang kita kenal sekarang.

Bahan kertas yang diciptakan oleh Cai Lun tersebut kemudian dipersembahkannya kepada Kaisar Han He Di, kurang lebih pada tahun 105 M.

Kaisar Han He DiPenemuan kertas tradisional yang dicapai oleh Cain Lun ini kemudian tercatat dalam sejarah resmi dinasti Han. Berkat penemuannya tersebut Cai Lun dianugerahi kenaikan pangkat, diberikan gelar kebangsawanan, serta menjadi cukong atau kepala kasim-kasim.

Semenjak saat itu, kertas ciptaan Cai Lun mulai digunakan sebagai media untuk menulis di daratan Cina, tercatat mulai abad ke-3 M. Penggunaan kertas tradisional ini juga memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan negara-negara di wilayah Asia Timur.

Perkembangan peradaban dan budaya bangsa Cina dan bangsa-bangsa sekitarnya mengalami kemajuan yang pesat. Utamanya pada bidang kesusastraan dan literasi. Bahkan perkembangan ini jauh lebih pesat daripada ketika bahan tulis-menulis masih menggunakan chih bambu dan kain sutra.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tradisional yang dipakai di China ini kemudian menyebar ke negara-negara lain seperti Korea, Vietnam, bahkan Jepang. Penyebaran ini kurang lebih terjadi pada abad ke-7. Meskipun sebenarnya kekaisaran Cina sangat merahasiakan teknik pembuatan kertas.

Terkuaknya rahasia teknik pembuatan kertas ini terjadi pada kurang lebih tahun 750. Kejadian ini berawal dari tertawannya seorang ahli pembuat kertas oleh bangsa Arab. Dalam waktu yang singkat, bangsa-bangsa Arab berpusat di Baghdad dan Sarmarkand mampu memproduksi kertas tradisional sendiri.

Dari persebaran teknik pembuatan kertas tradisional di kawasan Arab ini kemudian merambah ke seluruh penjuru dunia. Bangsa-bangsa Eropa mulai mempelajari teknik pembuatan kertas pada abad ke-12.

Sejak saat itu bangsa Eropa dan seluruh penjuru dunia mengalami revolusi cara berkomunikasi melalui media tulis dengan penggunaan kertas.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Cai Lun Penemu Kertas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *