Biografi Singkat Frederick Grant Banting Penemu Obat Insulin

Blogdope.com – Biografi Singkat Frederick Grant Banting Penemu Obat Insulin

Penderita diabetes pasti mengenal obat insulin. Obat insulin mampu mengubah gula darah menjadi gula otot (glikogen). Berikut disajikan biografi singkat Frederick Grant Banting penemu obat insulin.

Pranala Hidup Frederick Grant Banting

Frederick Grant Banting

Frederick Grant Banting merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Orang tua mereka adalah William Thompson Banting dan Margareth Grant. Frederick Grant Banting lahir di Alliston, Ontario, Kanada pada tanggal 14 November 1891.

Jenjang pendidikan dasar, menengah, dan atas Frederick Grant Banting diselesaikan di daerah asalnya. Pendidikan tinggi ditempuh dan diselesaikan oleh Frederick Grant Banting di Universitas Toronto, Kanada..

Pada masa awal perkuliahan di Universitas Toronto, Frederick Grant Banting mengambil jurusan Teologi. Kemudian ia memutuskan berpindah jurusan dari jurusan teologi beralih ke jurusan kedokteran.

Gelar sarjana muda kedokteran berhasil diperoleh oleh Frederick Grant Banting pada tahun 1916. Ia kemudian bekerja di korps tentara Angkatan Darat Kanada sebagai dokter tentara.

Usai berkecamuknya Perang Dunia I, Frederick Grant Banting melanjutkan studi kedokterannya dan mengambil spesialisasi ortopedi. Meskipun melanjutkan proses belajar di bangku kuliah, ia tetap bekerja di rumah sakit.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Willem Einthoven Penemu Elektrokardiograf

Selain mengikuti perkuliahan dan bekerja di rumah sakit, Frederick Grant Banting juga bekerja paruh waktu di University of Western Ontario, Kanada. Di universitas tersebut, ia menjadi dosen ortopedi.

Frederick Grant Banting merupakan dokter sekaligus ilmuwan pertama yang menemukan obat insulin di dunia.

Penemuan Obat Insulin

Insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh manusia. Cara kerja alami dari insulin adalah merubah gula darah menjadi gula otot (glikogen) sebagai pemenuhan kebutuhan atas nutrisi dari sel-sel tubuh manusia.

Akibat yang ditimbulkan apabila seorang manusia kekurangan insulin dalam tubuhnya adalah munculnya penyakit diabetes.

Insulin

Secara alamiah, sebenarnya insulin dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia pada organ pankreas.

Latar belakang penemuan obat insulin berawal ketika Frederick Grant Banting terkena pecahan peluru meriam di lengan kanannya. Pada masa itu, untuk mengatasi luka jenis ini satu-satunya jalan adalah dilakukan amputasi (pemotongan bagian tubuh tertentu untuk menghilangkan penyakit).

Frederick Grant Banting tidak serta-merta menyetujui tindakan amputasi pada lengan kanannya. Ia menyadari sepenuhnya jika lengan kanannya diamputasi, maka karirnya sebagai dokter bedah akan tamat.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Hidetsugu Yagi Penemu Antena

Sekali lagi pada masa itu tindakan bedah dan operasi harus dilakukan oleh manusia, karena teknologi otomasi menggunakan robot belum ditemukan.

Bersama asistennya, dr. Charles Best, Frederick Grant Banting kemudian menggunakan teknik ekstraksi untuk menemukan insulin dalam percobaan-percobaan yang dilakukannya.

Selang beberapa waktu kemudian, Frederick Grant Banting berhasil melakukan ekstrak insulin dan kemudian memproduksinya secara besar-besaran. Proses produksi ekstrak insulin dilakukan melalui kultur jaringan berbantuan mikroorganisme.

Frederick Grant Banting memperoleh hadiah Nobel kedokteran pada tahun 1923. Penghargaan ini diikuti pemberian gelar satria (knight) dari Raja George V yang pada saat itu menjadi raja di Kanada.

Karir kedokteran Frederick Grant Banting dihabiskan di korps Angkatan Udara Kanada sepanjang terjadinya Perang Dunia II.

Di dalam korps ketentaraan tersebut, Frederick Grant Banting terlibat secara aktif dalam beragam proyek pembuatan senjata pemusnah massal, termasuk diantaranya senjata biologis.

Produksi senjata biologi itu dilakukan dengan mereproduksi bakteri antraks secara besar-besaran.

Dalam suatu kecelakaan pesawat naas yang sedang dalam penerbangan di New Founland, menjadi akhir karir dan hidup Frederick Grant Banting. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 1 Februari 1941.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Frederick Grant Banting Penemu Obat Insulin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *