Biografi Singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

Blogdope.com – Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

Kebutuhan dunia terhadap hasil percetakan sangatlah tinggi. Tahukah Anda siapa yang menciptakan mesin cetak pertama kali di dunia? Berikut biografi singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg penemu mesin cetak.

Pranala Hidup Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

Johannes GutenbergJohannes Gensfleisch Gutenberg lahir di Mainz, Jerman, sekitar tahun 1395. Ia berasal dari keluarga dengan darah bangsawan Gensfleisch.

Riwayat perjalanan hidup Gutenberg secara detail sangatlah sulit untuk diperoleh. Hal ini terjadi karena Johannes Gensfleisch Gutenberg tidak pernah mengkomersilkan penemuan terbesarnya dalam sejarah berupa mesin cetak.

Alkisah menurut cerita, Johannes Gensfleisch Gutenberg pernah diasingkan selama beberapa tahun di Strasbourg, Perancis. Hal ini sebagai bentuk hukuman atas keterlibatannya dalam dunia politik.

Mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes Gensfleisch Gutenberg sangat berperan besar pada peradaban dan kebudayaan di benua Eropa pada masa itu.

Meskipun mesin cetak buatan Johannes Gensfleisch Gutenberg bukanlah alat pencetakan pertama di dunia.

Di bidang percetakan, Cina adalah pelopor dan menempati urutan pertama penemuan produk cetakan. Meskipun belum semodern sebagaimana mesin cetak yang dibuat oleh Johannes Gensfleisch Gutenberg.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis

Cina berhasil menemukan sebuah buku cetakan yang dibuat pada tahun 868 SM. Buku ini masih dibuat dengan sistem proses cetak blok.

Proses cetak blok dilakukan dengan menggunakan kayu atau logam yang dicukil untuk buku tertentu, dan tentu saja tidak bisa digunakan untuk buku yang lain.

Untuk memproduksi buku yang menggunakan cetakan blog tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu yang teramat lama.

Hasil cetak tertua

Sebenarnya pada pertengahan abad ke-11, di Cina juga ditemukan huruf cetak yang bisa bergerak. Tetapi karena berbahan baku sejenis tanah, maka tentu saja tidak bisa bertahan lama.

Pada awal abad ke-15, Korea telah menggunakan huruf cetak dari logam. Sayangnya mesin cetak ini tidak menjadi milik umum, hanya digunakan oleh keluarga kerajaan saja sehingga keberadaannya sulit terlacak.

Johannes Gensfleisch Gutenberg pada saat menemukan mesin cetak pada tahun 1447 sebelumnya tidak mempelajari sama sekali huruf cetak bergerak dari Cina maupun Korea.

Setelah penemuan mesin cetak yang praktis ini berkembang luas di daratan Eropa, kemudian Cinta ikut mempelajarinya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X

Penemuan Mesin Cetak Bergerak

Buku cetakan yang merupakan sumbangan Johannes Gensfleisch Gutenberg dibuat pada tahun 1454. Buku ini berwujud sebuah kitab yang kemudian dikenal dengan nama Injil Gutenberg.

Mesin cetak Gutenberg

Meski demikian, nama Johannes Gensfleisch Gutenberg sama sekali tidak tercantum dalam buku cetakannya tersebut. Berangkat dari masalah tersebut muncul anggapan bahwa Johannes Gensfleisch Gutenberg sama sekali tidak berniat memanfaatkan temuannya untuk tujuan komersil.

Jika ditilik dari kehidupannya, sebenarnya Johannes Gensfleisch Gutenberg sering terlibat pada berbagai kasus. Sehingga banyak dari alat-alat percetakan yang dimilikinya yang disita untuk sebagai tebusan atas kasus yang menjeratnya.

Pada saat itu kesadaran untuk memperoleh hak paten atas karya-karyanya belum muncul pada diri Johannes Gensfleisch Gutenberg. Hal ini mengakibatkan dirinya tidak bisa memperoleh royalti atas penggunaan karyanya oleh orang lain.

Jika hak paten tersebut melekat pada mesin cetak bergerak buatan Johannes Gensfleisch Gutenberg, maka bisa dipastikan hal itu akan membuatnya kaya raya.

Johannes Gensfleisch Gutenberg juga merupakan orang pertama yang dapat dengan teliti menuangkan cairan logam dalam rangka pembuatan huruf cetak blok.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal

Beliau juga dapat disebut pakar dalam hal penggunaan tinta cetak serta alat penekan saat proses pencetakan berlangsung.

Penemuan Johannes Gensfleisch Gutenberg telah membawa bangsa Eropa menjadi bangsa yang maju dalam hal berbagi informasi.

Johannes Gensfleisch Gutenberg meninggal dunia di Mainz, Perancis pada tahun 1468. Warisannya menjadi tonggak sejarah peradaban umat manusia.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *