Biografi Singkat Mark Zuckerberg Pencipta Media Jejaring Sosial Facebook

Blogdope.com – Biografi Singkat Mark Zuckerberg Pencipta Media Jejaring Sosial Facebook

Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Tahukah Anda siapa pencipta Facebook? Berikut biografi singkat Mark Zuckerberg pencipta media jejaring sosial Facebook.

Dewasa ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal apa itu Facebook. Penggunanya merambah dari usia remaja hingga dewasa.

Perusahaan Facebook Inc. sudah menjadi pemegang pangsa pasar media sosial terbesar di dunia. Saat ini tercatat memiliki pengguna lebih dari 1,3 milyar akun aktif tiap bulannya.

Nama Mark Zuckerberg adalah orang yang bertanggung jawab atas perkembangan dan kesuksesan Facebook, dari awal kemunculan sampai sekarang.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg merupakan alumni dari Harvard University, Amerika Serikat. Saat ini menjadi CEO (Chief Executive Officer) perusahaan Facebook Inc.

Sejarah Penemuan Facebook

Kemunculan media jejaring sosial Facebook tercatat dimulai pada tanggal 24 Februari 2004. Ketika itu Mark Zuckerberg masih berstatus mahasiswa di Harvard University dan tinggal di asrama kampus.

Ide awal dari penciptaan Facebook diperoleh Mark Zuckerberg justru pada saat dirinya masih berada di sekolah menengah.

Sekolah menengah tempat Mark Zuckerberg menuntut ilmu memiliki direktori yang memuat halaman pribadi setiap siswa yang tercatat bersekolah di sekolah tersebut.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alexander Graham Bell Penemu Telepon

Halaman pribadi para siswa tersebut merupakan halaman tersendiri dan dapat memuat beragam bentuk publikasi, baik berupa foto, esai, ataupun yang lainnya.

Direktori tersebut bernama The Facebook, yang mana dibuat dengan tujuan agar para siswa saling mengenal satu dengan yang lain meskipun berbeda angkatan maupun berbeda kelas.

Ketika sudah mengenyam studi di bangku perkuliahan pada Harvard University, Mark Zuckerberg menciptakan sebuah situs yang diberi nama facemash.com. Tampilannya menyerupai direktori The Facebook.

Situs yang dibuat oleh Mark Zuckerberg tersebut memiliki tujuan untuk memasang foto-foto mahasiswi Harvard University. Pengguna situs kemudian diminta untuk melakukan perbandingan dan menentukan foto mana yang paling menarik menurut mereka.

Saking populernya situs yang dibuat oleh Mark Zuckerberg membuat jaringan internet di Harvard University hampir lumpuh.

Oleh pihak kampus, facemash.com milik Mark Zuckerberg kemudian dinonaktifkan. Mark Zuckerberg pun dikenai sanksi karena melakukan tindakan peretasan terhadap server yang dimiliki oleh kampus.

Berdasarkan kejadian situs facemash.com tersebut dan imbasnya, Mark Zuckerberg kemudian merancang sebuah antaramuka program dan menulis kode programnya sendiri.

Setelah selesai, bersama dengan beberapa temannya antarmuka yang diberi nama The Facebook.com diluncurkan pada tanggal 24 Februari 2004.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Nikolaus August Otto Penemu Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Promosi keberadaan situs Facebook dilakukan dengan bantuan teman-temanya. Pada tahap awal, keanggotaan pada situs Facebook hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard University saja.

Akan tetapi melihat perkembangan Facebook yang terus meningkat secara signifikan, Mark Zuckerberg akhirnya membuka peluang menjadi anggota Facebook di beberapa kampus lain di Amerika Serikat.

Seorang pengusaha bernama Sean Parker melihat peluang untuk berbisnis dengan mengamati perkembangan Facebook yang sedemikian pesat. Ia kemudian menawarkan kerjasama dengan menanamkan modal kepada Facebook.

Usai penanaman modal, dimulailah era baru situs The Facebook.com yang diubah nomenklaturnya menjadi Facebook.com.

Selanjutnya peningkatan jumlah anggota aktif Facebook.com terus mengalami peningkatan. Hal ini menarik minat banyak investor untuk turut serta menanamkan modalnya.

Tentu saja ini mengakibatkan nilai saham Facebook.com menjadi semakin tinggi dan menjadi saham yang paling diburu.

Facebook.com resmi menjadi sebuah badan usaha berupa perusahaan media jejaring sosial dan berkedudukan di Palo Alto, Amerika Serikat. Mark Zuckerberg menjadi CEO (Chief Executive Officer) Facebook sampai sekarang.

Berkat penciptaan Facebook, nama Mark Zuckerberg menjelma dari seorang mahasiswa menjadi seorang milyarder muda paling kaya di dunia. Nilai asetnya mencapai angka milyaran dollar Amerika Serikat.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Facebook pun menjadi media jejaring sosial terbesar di dunia dengan pengguna aktif berjumlah milyaran dalam setiap bulan.

Selain bisnis utama di Facebook, perusahaan ini juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan lain yang bergerak di bidang beragam.

Diantaranya mengakuisisi WhatsApp (lihat juga: Biografi Singkat Jan Koum Pencetus Aplikasi WhatsApp) dan juga Instagram. Total karyawan yang dimiliki oleh Facebook sampai dengan akhir tahun 2015 berjumlah 11.996 orang.

Mark Zuckerberg bersama stafnya terus berusaha mengembangkan Facebook melalui penambahan fitur-fitur yang menarik bagi pengguna.

Sekarang Facebook sudah mendukung pertukaran video, memiliki fasilitas bercakap-cakap (chat) baik berbasis teks, maupun audio video bagi sesama anggota.

Demikian artikel singkat mengenai Biografi Singkat Mark Zuckerberg Pencipta Media Jejaring Sosial Facebook. Semoga bermanfaat.

Category: ArtikelPenemu Tag: Biografi Mark ZuckerbergFacebookMark ZuckerbergPenemu FacebookSang Penemu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *