Biografi Singkat Michael Faraday Penemu Listrik

Blogdope.com – Biografi Singkat Michael Faraday Penemu Listrik

Kehidupan masyarakat seluruh dunia tidak bisa terlepas dari kebutuhan listrik. Hampir semua aspek kehidupan memanfaatkan keberadaan listrik sebagai sumber tenaga. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang menemukan listrik? Berikut biografi singkat Michael Faraday penemu listrik.

Pranala Hidup Michael Faraday Penemu Listrik

Michael FaradayMichael Faraday lahir di Newingron, Inggris pada tanggal 22 September 1791. Beliau meninggal dunia di London pada tanggal 28 Agustus 1867.

Michael Faraday dikenal sebagai seorang ilmuwan besar, terutama pada bidang matematika, kimia, dan juga fisika.

Karena jasa-jasanya yang sedemikian besar terhadap kehidupan manusia, salah satunya melalui hukum kelistrikan yang dikemukakannya, Michael Faraday juga menyandang predikat sebagai “Bapak Listrik”.

Hukum kelistrikan yang dikemukakan oleh Michael Faraday menjadi hukum pokok bagi pengembangan teknologi kelistrikan dari dulu sampai sekarang. Produksi peralatan listrik untuk beragam keperluan kehidupan selalu berdasar pada hukum kelistrikan Michael Faraday.

Dalam biografi singkat Michael Faraday Penemu Listrik dinyatakan bahwa latar belakang perekonomian keluarganya tergolong pada keluarga tidak mampu. Meskipun dihadapkan kondisi yang demikian, Michael Faraday memiliki keinginan belajar yang sangat kuat, bahkan ketika usianya masih terbilang muda.

Michael Faraday menyadari sepenuhnya bahwa dengan kondisi perekonomian keluarganya yang tidak mampu maka kecil kemungkinan untuk dapat memperoleh pendidikan pada sekolah formal.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Robert Boyle Penemu Metanol

Oleh sebab itulah, Michael Faraday menempuh jalur untuk belajar secara mandiri dan otodidak melalui buku-buku yang dibacanya hampir setiap saat.

Saking cintanya pada kegiatan membaca buku, Michael Faraday mendapatkan sebutan kutu buku dari teman-teman dan lingkungannya. Setiap kali mendapatkan buku dengan judul yang belum pernah dibacanya, segera saja Michael Faraday menghabiskan waktu untuk membacanya sampai selesai.

Sejarah Penemuan Elektromagnetik

Pada usia remaja, Michael Faraday pernah berkarir sebagai seorang tukang jilid buku dan juga menjadi penjual buku. Kedua pekerjaan ini memungkinkan bagi Michael Faraday untuk banyak membaca buku dengan judul dan topik yang beragam.

Beranjak ke usia dewasa, secara diam-diam Michael Faraday rajin untuk berkunjung ke forum ceramah seorang ilmuwan Inggris bernama Sir Humphry Davy. Ia sangat tertarik dengan setiap ceramah keilmuwan yang disampaikan oleh Sir Humphry Davy.

Suatu ketika Michael Faraday memberanikan diri untuk meminta kepada Sir Humphry Davy agar dijadikan asisten. Permintaan ini diterima oleh Sir Humphry Davy.

Profesi sebagai asisten Sir Humphry Davy mengantar Michael Faraday untuk bisa menemukan bentuk-bentuk inovasi spektakuler yang hasilnya bisa kita nikmati sampai sekarang.

Latar belakang pendidikan formal yang tidak pernah dicicipi oleh Michael Faraday nyatanya tidak menghalangi kemampuannya untuk menciptakan penemuan-penemuan di bidang matematika, kimia, maupun fisika dan bidang pengetahuan alam yang lain.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Willem Einthoven Penemu Elektrokardiograf

Salah satu sifat yang patut kita contoh dari seorang Michael Faraday adalah kerendahan hati dan kesederhanaannya.

Michael Faraday merupakan sosok seorang ilmuwan yang rupawan, dan juga memiliki kemampuan berceramah yang handal. Tingkat keilmuan yang tinggi membuatnya ditawari jabatan sebagai ketua British Royal Society.

British Royal Society merupakan kelompok ilmuwan ternama di Inggris.

Michael Faraday menolak jabatan itu. Bahkan ia pernah pula menyatakan penolakan ketika akan dianugerahi gelar kebangsawanan Inggris.

Predikat sebagai “Bapak Listrik” berangkat dari penemuan terpenting yang dilakukan oleh Michael Faraday. Penemuan tersebut adalah elektromagnetik.

Sekira tahun 1831, Michael Faraday menyatakan berdasarkan percobaan dan penelitian yang dilakukannya bahwa jika sebuah magnet dilewati oleh sepotong kawat akan di sekitar kawat akan muncul arus diikuti oleh pergerakan magnet.

Keadaan demikian ini dikenal sebagai pengaruh elektromagnetik. Dasar hukum yang dinyatakan oleh Michael Faraday ini kemudian disebut dengan Hukum Faraday.

Hukum FaradayElektromagnetik memungkinkan terjadinya pergerakan aliran listrik yang terus menerus, yang mana bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan generator pembangkit listrik maupun dinamo.

Hukum Faraday menjadi sebuah hukum yang fenomenal dan monumental, karena dengan dasar hukum inilah penciptaan beragam peralatan kelistrikan yang sangat berguna dalam kehidupan manusia dapat terwujud.

Nama Michael Faraday juga dikenal dunia melalui Hukum Elektrolisis yang dikemukakannya. Hukum elektrolisis merupakan sebuah hukum kimiawi yang didasari pada pengembangan penyelidikan terhadap reaksi kimia yang disebabkan oleh arus listrik.

BACA JUGA :   Biografi Singkat William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah

Hukum elektrolisis ini kemudian menjadi dasar-dasar dari prinsip elektrokimia.

Michael Faraday juga merupakan orang yang memperkenalkan beberapa istilah kelistrikan yang digunakan sampai sekarang. Beberapa dari istilah tersebut adalah anoda, katoda, ion, dan elektroda.

Michael Faraday juga berhasil menemukan alat pembakar bunsen sebagai sumber panas praktis. Alat pembakar ini digunakan di hampir seluruh laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di dunia.

Inspirasi yang dapat diperoleh dari biografi singkat Michael Faraday penemu listrik ini diantaranya keterbatasan ekonomi tidak boleh menjadi alasan untuk berhenti belajar.

Di balik keterbatasan ekonomi, seseorang harus memiliki tekad yang kuat dan haus akan penemuan-penemuan tentang ilmu pengetahuan meskipun harus dipelajari secara otodidak.

Michael Faraday adalah sosok ilmuwan yang patut dijadikan inspirasi. Dibalik keterbatasan ekonominya, dia memiliki tekad yang kuat untuk belajar dan haus akan penemuan-penemuan tentang ilmu pengetahuan yang dipelajarinya secara otodidak.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Michael Faraday Penemu Listrik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *