Biografi Singkat Nikolaus August Otto Penemu Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Blogdope.com – Biografi Singkat Nikolaus August Otto Penemu Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Mesin bermotor 4 tak atau empat dorongan berperan penting dalam kemajuan transportasi umat darat masyarakat dunia. Tahukah Anda siapa penemu mesin 4 tak pada kendaraan bermotor? Berikut biografi singkat Nikolaus August Otto penemu mesin 4 tak kendaraan bermotor.

Pranala Hidup Nikolaus August Otto Penemu Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Nikolaus OttoNikolaus August Otto lahir pada tanggal 10 Juni 1832 di Hozhausen, Jerman. Beliau meninggal dunia di Koeln, Jerman, pada tanggal 6 Januari 1891.

Orang tua Nikolaus August Otto meninggal pada saat dirinya masih kecil. Hal tersebut mengakibatkan Nikolaus August Otto harus mengalami putus sekolah.

Sepeninggal orang tuanya, Nikolaus August Otto harus memulai hidup secara mandiri. Ia mencari nafkah dengan beragam cara yang bisa dilakukannya, bahkan pernah pula menjadi pelayan toko. Suatu ketika dia juga menjadi pedagang keliling.

Setelah menjalani beragam pekerjaan, akhirnya Nikolaus August Otto memilih untuk mmenjadi montir. Profesi sebagai montir dipilihnya dengan berbekal keterampilan montir yang dipelajarinya secara otodidak.

Pengalamannya sebagai pedangan keliling membuka keluasan relasi dengan banyak orang. Jalan hidup Nikolaus August Otto sebagai seorang montir banyak terbantu oleh pengalamannya ini.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)

Sejarah Penemuan Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Suatu ketika Nikolaus August Otto melakukan pengamatan fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat.

Rupanya pada saat itu sebagian kalangan masyarakat membutuhkan sebuah mesin kecil dengan sistem pembakaran di bagian dalam untuk digunakan pada kendaraan bermotor.

Ketika itu mesin dua tak sudah diperjualbelikan dan banyak digunakan. mesin dua tak ini adalah jenis mesin kendaraan bermotor pertama yang dikomersilkan secara luas. Mesin ini ditemukan oleh Etienne Lenoir.

Nikolaus August Otto kemudian berpikir untuk menyempurnakan mesin dua tak buatan Etienne Lenoir. Usahanya ini dimulai pada tahun 1860. Nikolaus August Otto berusaha untuk menciptakan sebuah mesin yang lebih berdaya guna dan tidak menimbulkan efek suara yang bising pada mesin.

mesin 4 tak kunoMesin yang diciptakan oleh Nikolaus August Otto menggunakan bahan bakar cair. Bahan bakar cair ini digunakan dengan pertimbangan agar tidak lagi terjadi pembuangan gas. Dasar penggunaan bahan bakar cair inilah yang kemudian membuka jalan penciptaan karburator.

Penciptaan Nikolaus August Otto berupa karburator tidak pernah mendapatkan hak paten, karena dinyatakan sudah pernah ada yang menciptakannya.

Sekira tahun 1861, Nikolaus August Otto memiliki gagasan untuk menciptakan sebuah mesin bermotor yang sama sekali berbeda dengan mesin dua tak yang dibuat oleh Etienne Lenoir.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Frederick Soddy Penemu Isotop

Banyak kendala teknis yang dialami oleh Nikolaus August Otto dalam mewujudkan pemikirannya tersebut. Hingga pada bulan Januari 1862 ia memutuskan untuk menghentikan usahanya karena mendapati sebuah kendala teknis yang tidak dapat diatasi.

Kegagalan tersebut tidak lantas membuat Nikolaus August Otto berputus asa. Ia kemudian beralih pada gagasannya yang lain, yaitu membuat sebuah mesin berbasis dua tak yang tetap digerakkan oleh gas dengan penyempurnaan-penyempurnaan.

Penyempurnaan yang dilakukan terhadap mesin dua tak oleh Nikolaus August Otto berhasil memperoleh hak paten. Hak paten tersebut menyatakan mesin atosferik yang memiliki kemampuan sebanding dengan mesin uap.

Pada perkembangannya Nikolaus August Otto kemudian seorang mitra bernama Eugene Langen. Mitranya ini bersedia menanamkan modal guna mendanai penelitian yang dilakukan oleh Nikolaus August Otto.

Mereka berdua kemudian mendirikan sebuah pabrik untuk memproduksi mesin dua tak versi Nikolaus August Otto.

Beberapa tahun setelahnya mesin yang diciptakan oleh Nikolaus August Otto atas modal yang diberiken Eugene Langen berhasil memenangkan medali pada ajang World Fair yang diselenggarakan di Paris.

Selepas memperoleh penghargaan, mesin tersebut sangat laris terjual di pasaran secara luas. Pada waktu itu daya angkut mesin tersebut baru sebesar kurang lebih tiga tenaga kuda.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Benjamin Franklin Penemu Penangkal Petir

Penjualan dan pemasaran mesin dua tak yang diciptakan oleh Nikolaus August Otto tidak selamanya tinggi. Pada suatu ketika terjadi kemerosotan pada penjualan mesin tersebut.

Nikolaus August Otto kemudian bekerja sama dengan seorang stafnya yang bernama Gottlieb Daimier menciptakan mesin 4 tak dengan bahan bakar kempaan.

mesin 4 tak

Mesin inilah yang kemudian menjadi mesin cikal bakal dari mesin-mesin yang digunakan pada mobil sampai saat ini. Hak paten atas karyanya berhasil diperoleh Nikolaus August Otto setahun kemudian.

Mesin 4 tak model baru yang diciptakan oleh Nikolaus August Otto diluncurkan pertama kali pada tahun 1876. Mesin ini memiliki keunggulan dibandingkan mesin-mesin lain pada waktu itu, sehingga dapat dengan cepat menguasai pangsa pasar penjualan mesin 4 tak.

Demikian artikel singkat mengenai Biografi Singkat Nikolaus August Otto Penemu Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *