Biografi Singkat Ray Tomlinson Penemu Surat Elektronik

Blogdope.com – Biografi Singkat Ray Tomlinson Penemu Surat Elektronik

Surat elektronik atau email sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Tahukah Anda siapa penemu surat elektronik atau email? Berikut biografi singkat Ray Tomlinson penemu surat elektronik.

Ray Tomlinson

Ray Tomlinson atau lengkapnya Raymond Samuel Tomlinson lahir pada tahun 1941 di Vail Millan, New York, Amerika Serikat.

Nama Ray Tomlinson dikenal secara luas sebagai orang yang menemukan surat elektronik atau email.

Surat elektronik atau email adalah salah satu fasilitas berkomunikasi secara tertulis untuk mengirimkan pesan secara cepat menggunakan jaringan internet.

Sejarah Penemuan Email

Dunia teknologi terutama komputer membawa Ray Tomlinson untuk bersekolah di Broadalbin Central School. Sekolah ini terletak di New York.

Selama bersekolah di tempat tersebut, Ray Tomlinson mempelajari ilmu tentang jaringan komputer dan juga pemrogramman komputer.

Minat Ray Tomlinson untuk memperdalam ilmu tentang teknologi komputer dan juga jaringan internet kemudian menuntunnya untuk melanjutkan belajar ke Universitas Rensselaer Polytechnic Institute.

Ray Tomlinson berhasil menyelesaikan studinya pada universitas tersebut dan memperoleh gelar pendidikan Bachelor of Science bidang teknik listrik.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis

Gelar akademik tersebut tidak sepenuhnya membuat seorang Ray Tomlinson berpuas diri. Ia kemudian melanjutkan belajar ke Massachussetts Institute of Technology untuk mengambil gelar master.

Kecemerlangan studi Ray Tomlinson membawanya berkarir di BNN Technologies sekira tahun 1967.

Ketika bekerja di perusahaan inilah ide awal untuk mengembangkan sebuah program komputer bernama SNDMSG yang merupakan cikal bakal surat elektronik atau email muncul dalam diri Ray Tomlinson.

SNDMSG merupakan aplikasi yang dirancang untuk bisa saling berkirim pesan dari satu orang kepada orang lain yang tergabung dalam suatu jaringan komputer.

Ide awal tentang program komputer SNDMSG ini kemudian disempurnakan pada tahun 1971.

Apa yang dirancang oleh Ray Tomlinson tidak selamanya berjalan mulus dan lancar. Pada suatu ketika muncul permasalahan yang harus dihadapi oleh Ray Tomlinson. Masalah itu berupa bagaimana agar pesan-pesan yang dikirim dapat disaring, mana pesan yang diarahkan keluar jaringan dan mana pesan-pesan yang dialamatkan kepada pengguna komputer lain dalam satu jaringan.

Simbol @ pada papan ketik komputer rupanya menarik perhatian Ray Tomlinson, yang kemudian dijadikannya sebagai penunjuk bagi alamat surat elektronik pada akun pengguna.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Jan Koum Pencipta Aplikasi Percakapan WhatsApp

Pesan berupa surat elektronik pertama yang di dalamnya terdapat pesan berbunyi QWERTYUIOP merupakan pesan bersejarah yang dikirimkan melalui jaringan ARPANET. Jaringan ARPANET inilah yang pada perkembangannya nanti kita kenal sebagai jaringan internet.

Ray Tomlinson memperoleh banyak penghargaan atas upaya dan pemikirannya terkait teknologi komputer utamanya dalam terminologi jaringan komputer. Diantara sekian banyak penghargaan yang diterimanya adalah penghargaan George R. Stibits Computer Pioneer Award yang diterimanya pada tahun 2000.

Setahun berikutnya, Ray Tomlinson juga memperoleh penghargaan Academy of Digital Arts and Sciences.

Ray Tomlinson juga memperoleh penghargaan berupa Top 150 Innovators and Ideas dari Massachusets Institute of Technology (MIT) pada tahun 2011.

Internet Society memberikan penghargaan Internet Hall of Fame kepada Ray Tomlinson tepat setahun berikutnya.

Penemuan surat elektronik atau email ini menempatkan nama Ray Tomlinson dalam daftar 50 orang paling berpengaruh dalam perkembangan dunia informatika dan komputer.

Demikian artikel singkat mengenai Biografi Singkat Ray Tomlinson Penemu Surat Elektronik. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Cai Lun Penemu Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *