Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis

Blogdope.com – Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analistis

Ilmu geometri analitis merupakan sumbangan besar bagi dunia ilmu pengetahuan. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang mengemukakan teori geometri analitis? Berikut biografi singkat Rene Descartes pencipta geometri analitis.

Pranala Hidup Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis

Rene Descartes pencipta teori geometri analitis

Rene Descartes lahir di distrik Touraine, Perancis, pada tanggal 31 Maret 1596. Untuk menghormati jasa-jasa Rene Descartes, kota kelahirannya ini kemudian berubah nama menjadi La Haye Descartes.

Rene Descartes tumbuh besar di bawah asuhan dan bimbingan oleh neneknya, hingga mencapai usia kurang lebih sepuluh tahun. Hal ini disebabkan oleh meninggalnya ibu Rene Descartes pada saat dirinya masih kecil.

Selepas berusia sepuluh tahun, Rene Descartes bersekolah di Jasuit di La Fleche, sebuah daerah dekat Kota Le Mans, Perancis. Bangku sekolah tersebut berhasil diselesaikannya pada tahun 1614.

Rene Descartes memperoleh gelar di bidang ilmu hukum dari Universitas Politiers dua tahun berikutnya. Latar belakang perekonomian keluarganya yang serba berkecukupan memberikan kesempatan yang sangat luas bagi Rene Descartes untuk melakukan perjalanan di daratan Eropa.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Jiwa muda Rene Descartes pada akhirnya menuntunnya menjadi tentara atau serdadu, kemudian ia bergabung ke dalam dinas militer pada tiga negara yang berbeda yaitu Belanda, Bavaria, dan Hongaria.

Selama berkarir di dinas militer, Rene Descartes selalu berusaha mengumpulkan dan menghimpun segala hal yang dianggapnya dapat membentuk sebuah metode umum untuk memperoleh kebenaran.

Rene Descartes kemudian memutuskan untuk menguji metode yang dipikirkannya dalam membangun gambaran dunia sesungguhnya pada usia 32 tahun.

Dalam rangka perwujudan keinginan dan pemikirannya tersebut, Rene Descartes kemudian tinggal dan menetap di Belanda. Hal ini terjadi dari tahun 1628 sampai dengan tahun 1649.

Kurang lebih pada tahun 1633, Rene Descartes berhasil menyelesaikan sebuah karya besar berjudul Le Monde (Dunia).

Buku Le Monde

Isi tulisan tersebut merupakan dukungan terhadap teori yang disampaikan oleh Copernicus. Mengingat pada waktu itu teori Copernicus mendapat tentangan yang luar biasa dari gereja, Rene Descartes kemudian menyembunyikan karyanya.

Karya Rene Descartes berjudul Le Monde tersebut baru diterbitkan beberapa tahun setelah wafatnya. Rene Descartes meninggal dunia pada tanggal 11 Februari di Kota Stocholm, Swedia. Dirinya pada saat itu diundang oleh Ratu Cristina yang berkeinginan untuk menjadi muridnya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Guglielmo Marconi Penemu Radio

Rene Descartes meninggal dunia dengan memberikan warisan bersejarah berupa ilmu geometri analitis yang dikemukakannya pada tahun 1619.

geometri analitisGeometri analitis merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari sifat-sifat geometri (meliputi segitiga, segiempat, dan persegi) menggunakan pola aljabar yang diterapkan dengan sistem koordinat. Koordinat merupakan jarak dari satu titik ke sumbu pada bidang datar.

Rene Descartes mampu membuktikan bahwa sifat khas dari bidang datar dapat diuraikan dengan batasan-batasan kuantitatif sebagaimana halnya aljabar.

Karya besar Rene Descartes ini merupakan sebuah terobosan besar dan tonggak sejarah yang teramat penting dalam perkembangan ilmu Matematika.

Pemikiran Rene Descartes ini juga merupakan sumbangan tidak langsung bagi Isaac Newton (lihat juga: Biograf Singkat Isaac Newton Pencetus Hukum Gravitasi) untuk menemukan ilmu kalkulus kurang lebih sepuluh tahun setelah meninggalnya Rene Descartes, tepatnya pada tahun 1670.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Teori Geometri Analitis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *