Biografi Singkat Robert Harding Whittaker Pencipta Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Blogdope.com – Biografi Singkat Robert Harding Whittaker Pencipta Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Sistem klasifikasi lima kingdom merupakan bentuk klasifikasi makhluk hidup yang digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sampai dengan saat ini. Tahukah Anda siapa pencipta sistem klasifikasi lima kingdom? Berikut biografi singkat Robert Harding Whittaker pencipta sistem klasifikasi lima kingdom.

Penemuan mikroskop elektron (lihat juga: Biografi Singkat Joseph John Thomson Penemu Unsur Elektron) memberikan peluang bagi para ilmuwan untuk membuat klasifikasi makhluk hidup yang baru. Hal ini didukung oleh kemampuan mikroskop elektron untuk mengetahui perbedaan makhluk hidup sampai tingkat sel paling kecil.

Pranala Hidup Robert Harding Whittaker Pencipta Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Robert Harding WhittakerRobert Harding Whittaker merupakan seorang ahli biologi dari Amerika Serikat yang menyusun sekaligus menciptakan sistem klasifikasi lima kingdom pada tahun 1969.

Sistem klasifikasi makhluk hidup yang dikemukakan oleh Robert Harding Whittaker ternyata mendapatkan sambutan yang teramat baik dan memperoleh persetujuan dari sebagian besar ahli biologi.

Prinsip dasar dari sistem klasifikasi lima kingdom yang dikemukakan oleh Robert Harding Whittaker adalah pemisahan jamur atau fungi dari kerajaan tanaman (kingdom plantarum) untuk kemudian dijadikan dalam sebuah kingdom sendiri.

Alasan pemisahan ini adalah karena jamur atau fungi tidak melakukan proses fotosintesis. Jamur atau fungi menyerap makanan dari organisme lain.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Wilbur Wright dan Orville Wright Penemu Pesawat Terbang

Jamur atau fungi juga memiliki perbedaan susunan dinding sel, struktur tubuh, dan cara reproduksi dibandingkan dengan tumbuhan lain.

Sebelum sistem klasifikasi lima kingdom yang dikemukakan oleh Robert Harding Whittaker muncul, sebelumnya telah dikemukakan tentang klasifikasi makhluk hidup oleh beberapa ilmuwan pendahulu.

Klasifikasi makhluk hidup tersebut diantaranya:

  • Carolus Linnaeus (1753) : membagi makhluk hidup menjadi dua kingdom, yaitu animalia (hewan) dan vegetabilia (tumbuhan).
  • Ernest Haeckel (1866) : membagi makhluk hidup menjadi tiga kingdom, yaitu  protisa (bersel tunggal), plantae (tumbuhan), dan animalia (hewan).
  • Herbert F. Copeland (1938) : membagi mahluk hidup ke dalam empat kingdom, yaitu monera, protista, plantae, dan animalia.

Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Sistem klasifikasi lima kingdom yang diciptakan oleh Robert Harding Whittaker merupakan penyempurnaan dari klasifikasi makhluk hidup yang sudah ada sebelumnya.

Susunan lima kingdom dalam sistem klasifikasi lima kingdom Robert Harding Whittaker meliputi:

1. Kingdom monera

Kingdom monera terdiri dari berbagai jenis bakteri dan ganggang biru (Cyanophyta).

2. Kingdom protista

Kingdom Protista terdiri atas ganggang dan protozoa

3. Kingdom fungi

Kingdom fungi (jamur) terdiri atas jamur dan khamir (ragi)

BACA JUGA :   Biografi Singkat Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak

4. Kingdom plantarum

Kingdom plantarum terdiri atas tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi.

5. Kingdom animalia

Kingdom animalia terdiri atas hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi.

Biografi Singkat Robert Harding Whittaker Pencipta Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Robert Harding Whittaker lahir pada tanggal 27 Desember 1920 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat.

Nama Robert Harding Whittaker dikenal sebagai seorang ekolog tanaman yang aktif berkarir dari tahun 1950 sampai dengan tahun 1970-an.

Selain sistem klasifikasi lima kingdom, nama Robert Harding Whittaker juga dikenal dunia berkat teori gradien dalam ekologi.

Gelar Bachelor of Arts diperoleh oleh Robert Harding Whittaker dari Washburn College (sekarang berubah nama menjadi Washburn University). Selanjutnya ia mengikuti dinas militer dan memperoleh gelar Ph.D dari Universitu of Illinois.

Robert Harding Whittaker juga pernah menduduki jabatan pada bagian pengajaran dan penelitian di Washington State College yang berkedudukan di Hanford. Selain itu juga pernah menjadi pimpinan pada Hanford Laboratorium.

Di Hanford Laboratorium inilah Robert Harding Whittaker mempelopori penggunaan pelacak radioaktif (lihat juga: Biografi Antoine Henri Becquerel Penemu Radioaktif) dalam pembelajaran ekosistem.

Robert Harding Whittaker juga pernah berkarir di Brooklyn College, Universitu of California-Irvine, dan juga Cornell University.

BACA JUGA :   Biografi Singkat George Eastman Penemu Film Kamera Kodak

Spesialisasi utama dari Robert Harding Whittaker adalah bidang analisis komunitas tumbuhan, suksesi, dan produktivitas. Selama berkarir, Robert Harding Whittaker dikenal sebagai ilmuwan yang sangat produktif.

Atas dedikasi dan jasa-jasanya yang luar biasa pada bidang ekologi tanaman, Robert Harding Whittaker kemudian terpilih menjadi anggota National Academy of Science pada tahun 1974.

Robert Harding Whittaker juga memperoleh penghargaan berupa Society of America Ecology Eminent Award pada tahun 1980.

Kehidupan pribadinya diwarnai dengan pernikahan yang terjadi pada tahun 1952. Adapun istrinya adalah Clara Buehl, seorang ahli biokimia yang kemudian juga menjadi rekan kerja di Hanford Laboratories.

Pernikahan mereka berdua dikaruniai tiga orang anak yang kemudian juga memiliki prestasi yang luar biasa.

Anak tertua dari pasangan ini bernama John Whittaker, lahir pada tahun 1953. Ia adalah Guru Besar Antropologi pada Grinnel College.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Robert Harding Whittaker Pencipta Sistem Klasifikasi Lima Kingdom. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *