Biografi Singkat Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal

Blogdope.com – Biografi Singkat Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal

Mesin pintal masih banyak digunakan pada masa ini, utamanya pada industri yang memproduksi kain. Tahukah Anda siapa yang menemukan mesin pintal? Berikut adalah biografi singkat Samuel Crompton penemu mesin pintal.

Pranala Hidup Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal

Samuel CromptonSamuel Crompton lahir pada tanggal 3 Desember 1753 di Firwood, sebuah wilayah yang terletak di dekat Bolton, Lancashire, Inggris.

Sewaktu masih berusia muda, Samuel Crompton bekerja sebagai seorang tukang pintal kapas menjadi benang. Kapas pada saat itu menjadi bahan utama untuk pembuatan tekstil, karena saat itu belum ditemukan bahan tiruan atau sintetis.

Ketika itu mesin pintal yang banyak digunakan adalah mesin yang dibuat pertama kali oleh James Hargreaves yang dikenal dengan sebutan spinning jenny.

Pada kenyataannya, ketika digunakan untuk melakukan produksi atau proses pintal kapas menjadi benang, masih banyak kerusakan yang terjadi pada benang yang diakibatkan oleh kurang sempurnanya cara kerja mesin. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi pekerja pemintalan.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alessandro Volta Penemu Baterai

Samuel Crompton kemudian berpikir dan merasa tertantang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dia berkeinginan menciptakan sebuah mesin pintal yang baru dan yang lebih memiliki fungsionalitas atau berdaya guna.

Hampir seluruh waktu luang yang dimiliki oleh Samuel Crompton digunakan untuk mewujudkan mesin rancangannya tersebut. Sekira tahun 1779, Samuel Crompton mencapai keberhasilan.

Ia berhasil mewujudkan mesin yang dapat mengulur kapas secara terus menerus dan membuat pintalan terakhir bagi serat kapas.

Cara kerja mesin yang seperti ini serupa dengan cara kerja gerakan tangan seorang tukang pintal kapas.

Mesin pintal kapas buatan Samuel Crompton kemudian dikenal dengan sebutan spinning mule. Mesin ini memungkinkan untuk dikembangkan dan dipakai pada pabrik benang berskala besar.

spinning mule

Dengan menggunakan mesin pemintal kapas yang diciptakan oleh Samuel Crompton ini perusahaan-perusahaan benang mampu membuat bahan tekstil dalam jumlah yang besar.

Menurut cerita, mesin yang diciptakan oleh Samuel Crompton mendapatkan sebutan mule, artinya bagal atau kuda silangan. Sebutan ini muncul karena mesin pintal buatan Samuel Crompton merupakan hasil persilangan dua buah struktur atau konstruksi mesin pintal yang sudah ada.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alfred Bernard Nobel Penemu Dinamit

Kedua konstruksi mesin pintal yang disilangkan oleh Samuel Crompton tersebut adalah spinning frame yang dibuat oleh Richard Arkwright pada tahun 1768 dan mesin spinning jenny yang dibuat oleh James Hargreaves pada taun 1778.

spinning frameKurang lebih 200 tahun sebelumnya, sekira tahun 1589, William Lee telah berhasil menciptakan sebuah mesin rajut. Ketika itu mesin rajut belum memiliki manfaat yang besar sebagaimana mesin pintal.

Kain hasil rajutan pemakaiannya hanya sebatas pada saat terjadi musim dingin dan musim tertentu saja. Sedangkan kain hasil pemintalan dapat dipakai dalam hampir seluruh musim.

Semenjak ditemukannya mesin pemintal kapas dalam skala besar oleh Samuel Crompton membuat permintaan terhadap produksi mesin tersebut mulai naik. Hal yang patut disayangkan adalah Samuel Crompton tidak bisa mendaftarkan mesin buatannya untuk mendapatkan hak paten.

Hal tersebut dikarenakan Samuel Crompton telah membeberkan rahasia pembuatan mesinnya kepada sejumlah perusahaan dengan harapan akan memperoleh bayaran.

Akan tetapi imbalan yang diperoleh oleh Samuel Crompton sama sekali tidak memadai. Pada akhirnya parlemen Inggris memberikan bantuan berupa sejumlah uang kepada Samuel Crompton.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Samuel Crompton penemu mesin pintal ini meninggal dunia pada tanggal 26 Juni 1827 di Bolton, Inggris.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *