Biografi Singkat Samuel Finley Breese Morse Pencipta Sandi Morse

Blogdope.com – Biografi Singkat Samuel Finley Breese Morse Pencipta Sandi Morse

Dunia mengenal telegraf dan sandi morse sebagai alat komunikasi yang pernah digunakan. tahukah Anda siapa pencipta sandi morse yang digunakan pada telegraf? Berikut biografi singkat Samuel Finley Breese Morse pencipta sandi morse.

Pranala Hidup Samuel Finley Breese Morse Pencipta Sandi Morse

samuel morseSandi Morse atau kode Morse adalah sebuah sistem persandian atau tanda yang digunakan dalam berkomunikasi dimana tersusun atas sekumpulan titik-titik dan garis. Sandi Morse ini diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse pada tahun 1837.

Samuel Finley Breese Morse lahir di Charlestown pada tanggal 29 April 1791. Charlestown merupakan sebuah wilayah di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat.

Ayah Samuel Finley Breese Morse merupakan seorang pendeta yang juga dikenal sebagai ahli ilmu bumi.

Selama bersekolah di Philips Academy, Samuel Finley Breese Morse memiliki minat belajar yang rendah. Sikapnya acuh tak acuh bahkan cenderung eksentrik.

Mengamati sikap anaknya yang demikian, orangtuanya kemudian mengirim Samuel Finley Breese Morse untuk belajar di Yale College. Kedua orang tuanya terpaksa mengambil langkah yang demikian dengan harapan agar terjadi perubahan sikap pada diri Samuel Finley Breese Morse.

Akan tetapi harapan orang tuanya tidak menjadi kenyataan. Samuel Finley Breese Morse tidak mengalami perubahan sikap. Tetap saja malas belajar, minat menuntut ilmunya rendah, dan masa bodoh.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Keberminatan Samuel Finley Breese Morse terhadap ilmu pengetahuan baru tumbuh saat dirinya menerima mata kuliah kelistrikan. Selain itu ia juga sangat menyukai seni melukis potret dalam bentuk miniatur.

Setelah menamatkan proses belajarnya di Yale College sekira tahun 1810, Samuel Finley Breese Morse kemudian bekerja pada sebuah penerbit buku di Boston.

Ilmu tentang seni terutama seni lukis begitu mendarah dalam diri Samuel Finley Breese Morse. Pilihan ini pada akhirnya disikapi dengan bijak oleh kedua orang tuanya dengan mengirimkan Samuel Finley Breese Morse untuk belajar seni rupa di Inggris pada tahun 1811.

Begitu selesai dengan proses belajarnya dan kembali ke Amerika pada tahun 1815, publik di sana ternyata tidak memberikan apresiasi yang cukup terhadap setiap karyanya. Keadaan yang demikian memaksa Samuel Finley Breese Morse untuk mulai melukis lukisan potret agar memperoleh penghasilan.

Samuel Finley Breese Morse kemudian melakukan perjalan ke beberapa negara bagian dan akhirnya memutuskan untuk tinggal dan menetap di Kota New York.

Kehidupan Kota New York yang demikian keras sangat mempengaruhi kondisi perekonomian Samuel Finley Breese Morse. Di kota ini dirinya benar-benar hidup miskin dan memulai perjuangan hidupnya dari nol.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere

Kehidupan ekonomi yang miskin tidak menghalangi keluasan pergaulan Samuel Finley Breese Morse dengan banyak orang, terutama kalangan intelektual.

Salah seorang dari sekian banyak sahabat Samuel Finley Breese Morse adalah Marqui de Lapayett, pahlawan kemerdekaan Amerika Serikat berkebangsaan Perancis.

Sejarah Penemuan Kode Morse

Pada suatu ketika Samuel Finley Breese Morse berada dalam sebuah kapal yang sedang melakukan pelayaran kembali ke Eropa. Dia mendengar percakapan yang membahas tentang elektromagnet yang baru saja ditemukan.

Dari percakapan tersebut timbullah ide untuk membuat telegrap listrik. Ide tentang pembuatan telegrap listrik ini sebenarnya pernah muncul di tahun 1800. Samuel Finley Breese Morse tetap berkeyakinan bahwa telegrap listrik yang dibuatnya adalah yang pertama.

Samuel Finley Breese Morse mulai mewujudkan ide dan gagasannya pada tahun 1837. Dengan pencurahan seluruh perhatian pada gagasan telegrap listrik tersebut membuatnya melupakan kegiatan seni rupa untuk sejenak.

Tepat setahun setelahnya, yaitu pada tahun 1838, Samuel Finley Breese Morse berhasil menciptakan sistem titik dan garis yang kemudian dikenal oleh dunia sebagai sandi atau kode Morse.

kode morseSamuel Finley Breese Morse kemudian berhasil membangun jaringan telegrap berbasis kode Morse pertama di Amerika Serikat pada tahun 1844. Pembangunan jaringan telegrap ini mendapatkan sokongan penuh termasuk dari sisi keuangan oleh Kongres Amerika.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Sigmund Freud Pencetus Teori Psikoanalisis

Hak paten atas telegrap Morse terbit pada tahun 1854 dan dikeluarkan oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Perkembangan telegrap berbasis kode atau sandi Morse ini sedemikian pesat bahkan sampai ke daratan Eropa. Nama Samuel Finley Breese Morse menjadi semakin terkenal.

Ketenaran namanya ini berbanding lurus dengan kekayaan yang diperolehnya atas hasil karyanya berupa telegrap Morse.

Kekayaan dan ketenaran yang sudah diraihnya ternyata sama sekali tidak menggerus kelembutan jiwa dan menjadikannya lupa diri. Samuel Finley Breese Morse menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk mendanai kegiatan sosial dan keagamaan. Dia turut pula memberikan bantuan dan donasi bagi para seniman yang kurang mampu.

Samuel Finley Breese Morse meninggal dunia di New York pada tanggal 2 April 1872.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Samuel Finley Breese Morse Pencipta Sandi Morse. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *