Biografi Singkat Sigmund Freud Pencetus Teori Psikoanalisis

Blogdope.com – Biografi Singkat Sigmund Freud Pencetus Teori Psikoanalisis

Dunia psikologi tentu saja mengenal teori psikoanalisis atau teori kejiwaan. Tahukah Anda siapa pencetus teori psikoanalisa ini? Berikut biografi singkat Sigmund Freud pencetus teori psikoanalisis.

Pranala Hidup Sigmund Freud Pencetus Teori Psikoanalisis

Sigmund Freud

Sigmund Freud lahir di Kota Freigerg pada tanggal 6 Mei 1856. Dulunya, Kota Freigerg merupakan bagian dari Kerajaan Austria. Pada saat ini Kota Freigerg menjadi bagian dalam wilayah negara Republik Ceko.

Nama Sigmund Freud dikenal sebagai seorang ahli penyakit syarat atau neurolog dan juga psikiater.

Keluarga Sigmund Freud melakukan migrasi ke Wina, ibukota Austria. Di sanalah Sigmund Freud tinggal dan menetap hampir sepanjang hidupnya.

Sigmund Freud menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi di Universitas Wina dengan predikat dokter pada tahun 1881. Selama berkuliah, seorang Sigmund Freud termasuk ke dalam golongan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik sangat menonjol.

Meskipun pendidikan tingginya mengambil jurusan dokter, akan tetapi Sigmund Freud menaruh minat yang teramat besar pada bidang psikologi.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Keberminatan Sigmund Freud yang sedemikian tinggi pada bidang psikologi kemudian memberikan dorongan dalam dirinya untuk melakukan serangkaian penyelidikan dan penelitian.

Kegiatan penyelidikan dan penelitian yang dilakukan oleh Sigmund Freud pada bidang psikologi berjalan kurang lebih sepuluh tahun sejak dirinya berhasil meraih gelar sarjana..

Untuk mempermudah pekerjaannya, Sigmund Freud membentuk sebuah kelompok kerja dalam satu klik psikiatri. Klinik psikiatri ini didirikan untuk menampung para penderita sakit jiwa.

Ide-ide dan teori kejiwaan yang dikemukakan oleh Sigmund Freud mendapatkan sambutan dan apresiasi yang luar biasa dari kalangan masyarakat. Semenjak itu banyak mahasiswa dari seluruh penjuru dunia yang tertarik untuk belajar tentang ilmu kejiwaan pada Sigmund Freud.

Teori Psikoanalisis Sigmund Freud

Teori psikoanalisis atau analisa jiwa merupakan teori psikologi kejiwaan yang dicetuskan oleh Sigmund Freud.

Sigmund Freud berpendapat bahwa di dalam kepribadian seorang manusia di dalamnya terdiri atas lapisan-lapisan perkembangan.

Perkembangan-perkembangan kejiwaan pada manusia berbeda satu dengan yang lain. Ada yang perkembangan kejiwaannya berlangsung dengan tepat, ada pula yang perkembangan kejiwaannya terhambat.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere

Dalam teori psikoanalisis, salah satu indikator bahwa seseorang mengalami gangguan kejiwaan diantaranya adalah mimpi yang dialami seseorang, gagap ketika berbicara, pelupa, dan hal-hal lain yang menyebabkan ketidakberesan sikap.

Teori psikoanalisis atau analisa jiwa yang dikemukakan oleh Sigmund Freud ini menimbulkan efek yang teramat besar bagi perkembangan pemikiran tentang manusia. Teori psikoanalisa ini menjadi dasar bagi upaya-upaya yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kejiwaan.

Pada prosesnya, teori psikoanalisis Sigmund Freud ini terus mengalami perkembangan, yang mana perkembangan ini menyesuaikan hasil penelitian secara langsung yang dilakukan dengan cara melihat perkembangan pasien yang menjadi objek penelitian.

Beberapa tahun kemudian, Sigmund Freud menulis sebuah buku fenomenal yang berjudul “Tafsir Mimpi” pada tahun 1900. Buku ini memuat teori-teori yang khas darinya tentang kejiwaan. Saking fenomenalnya buku ini dianggap sebagai salah satu karya Sigmund Freud yang paling penting.

tafsir mimpi sigmund freud

Bertitik tolak dari popularitas buku “Tafsir Mimpi”, Sigmund Freud semakin produktif menghasilkan karya-karya tulis berikutnya. Kurang lebih pada tahun 1908, Sigmund Freud banyak diundang untuk memberikan ceramah di Amerika Serikat. Sejak itulah nama Sigmund Freud dikenal oleh dunia sebagai seorang ahli kejiwaan dan sangat terkenal.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Jan Koum Pencipta Aplikasi Percakapan WhatsApp

Selain sebagai seorang ahli kejiwaan, Sigmund Freud juga pernah menduduki jabatan penting di bidang akademis. Jabatan itu adalah guru besar pada Universitas Wina yang mulai disandangnya pada tahun 1902.

Pendudukan Nazi semasa Perang Dunia II memaksa Sigmund Freud untuk meninggalkan Austria dan kemudian menetap di London, Inggris.

Sigmund Freud menetap di London, Inggris sampai meninggal dunia pada tanggal 22 Desember 1939.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Sigmund Freud Pencetus Teori Psikoanalisis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *