Biografi Singkat Sir Alexander Fleming Penemu Obat Penisilin

Blogdope.com – Biografi Singkat Alexander Fleming Penemu Obat Penisilin

Biografi singkat Sir Alexander Fleming penemu obat penisilin perlu untuk diketahui, karena melalui penemuannya yang berupa penisilin tersebut dunia kedokteran banyak mengalami kemajuan.

Pranala Kehidupan Sir Alexander Fleming

Sir Alexander Fleming lahir di Lochfield, Ayrshire, Skotlandia pada tanggal 6 Agustus 1881. Oleh pemerintah Kerajaan Skotlandia, Alexander Fleming diberi gelar kebangsawanan (Sir) pada tahun 1944.

Sir Alexander Flemming berasal dari keluarga yang sederhana dengan jumlah anggota keluarga yang besar. Ayah beliau berprofesi sebagai seorang petani dengan seorang istri dan anak berjumlah sembilan orang.

Biografi singkat Sir Alexander Fleming penemu obat penisilin

Pada waktu Sir Alexander Fleming berumur tujuh tahun, ayahnya meninggal dunia dengan hanya mewariskan sebidang tanah pertanian.

Tanah pertanian yang diwarisi keluarga Fleming tersebut kurang subur sehingga ketika ditanami menjadi kurang produktif.

Sir Alexander Fleming menempuh pendidikan dasar pada sebuah sekolah di desanya, kemudian melanjutkan studi di Akademi Kilmarnock.

Sejak masih berusia muda, Sir Alexander Fleming sangat mengakrabi alam dan teramat senang melakukan pengamatan terhadap gejala-gejala yang ditimbulkan alam.

Pada saat berusia 13 tahun, Sir Alexander Fleming bekerja sebagai juru tulis pada sebuah usaha percetakan kakaknya di London, Inggris.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)

Sembari bekerja, Sir Alexander Fleming belajar di Politeknik London Scotish. Sekira tahun 1900, beliau masuk sebagai anggota tentara pada Resimen London Scotish.

Sir Alexander Fleming mendapatkan warisan berupa uang sebesar 250 poundsterling (sekitar 1.200 dolar Amerika, kurs pada saat itu).

Pada masa tersebut, uang sejumlah itu merupakah sebuah jumlah uang yang teramat besar.

Sir Alexander Fleming kemudian mengikuti ujian negara untuk bisa masuk ke sekolah kedokteran. Biaya yang diperlukannya diperoleh dari uang warisan. Hal ini tidak lepas dari dorongan dan motivasi dari kakaknya.

Prestasi akademik Sir Alexander Fleming sangat mengkilap, hingga berhasil menyelesaikan studi di sekolah kedokteran dengan perolehan nilai tertinggi di seluruh Inggris.

Atas prestasi yang dicapainya tersebut, Sir Alexander Fleming memperoleh hadiah berupa beasiswa belajar di sekolah kedokteran di Rumah Sakit St. Mary.

Sir Alexander Fleming menitikberatkan studinya pada ilmu bedah. Beliau berhasil lulus doktoral pada tahun 1906 di Royal College.

Sembari bekerja pada bagian patologi di Rumah Sakit St. Mary, Sir Alexander Fleming melanjutkan belajar di Universitas London untuk meraih gelar akademik yang lebih tinggi.

Patologi merupakan sebuah ilmu cabang dari biologi yang mempelajari penyakit.

Sejarah Penemuan Penisilin

Pada masa Perang Dunia I, Sir Alexander Fleming yang pada saat itu berprofesi sebagai dokter tentara melakukan penelitian terhadap infeksi pada luka.

BACA JUGA :   Biografi Singkat James Clerk Maxwell Penemu Spektrum Elektromagnetik

Dari hasil penelitiannya tersebut, Sir Alexander Fleming menemukan bahwa antiseptik yang selama ini digunakan pada proses perawatan pasien ternyata tidak hanya membunuh kuman, melainkan juga merusak sel-sel tubuh.

Sir Alexander Fleming menyadari bahwa untuk dapat membunuh bakteri dan tidak menimbulkan kerugian atau bahaya pada tubuh manusia memerlukan sesuatu terobosan.

Pada sekira tahun 1928 setelah Perang Dunia I usai, Sir Alexander Fleming melakukan penelitian yang lebih mendalam dan berhasil menemukan penisilin.

Penisilin merupakan obat yang bersifat antibiotik. Antibiotik merupakan zat yang berasal dari jasad renik atau mikroba yang memiliki daya tangkal terhadap jasad renik lain yang berbahaya.

Dunia kedokteran pada saat itu tidak memberikan perhatian yang cukup pada saat Sir Alexander Fleming melakukan publikasi terhadap obat penisilin yang ditemukannya.

penisilinSekitar sepuluh tahun setelah publikasi penemuan obat penisilin, Howard Walter Florey dan Ernst B. Chain menemukan publikasi ilmiah Sir Alexander Fleming. Keduanya adalah peneliti di bidang kedokteran dan berkebangsaan Inggris.

Kedua orang peneliti tersebut kemudian menyempurnakan karya Sir Alexander Fleming berupa pembuatan obat penisilin dan melakukan ujicoba terhadap hewan.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Benjamin Franklin Penemu Penangkal Petir

Penggunaan obat penisilin terhadap pasien manusia dilakukan sekira tahun1941. Hasil yang diperoleh ternyata sangat luar biasa.

Obat penisilin ini pada perkembangan awalnya hanya digunakan pada pasien korban Perang Dunia II. Setelah perang selesai, obat penisilin menyebar ke seluruh dunia.

Hingga pada akhirnya seluruh umat manusia dapat menikmati manfaat obat penisilin.

Atas jasa penemuan obat yang sangat luar biasa tersebut, Sir Alexander Fleming beserta Howard Walter Florey dan juga Ernst B. Chain memperoleh hadiah Nobel pada tahun 1945.

Sir Alexander Fleming meninggal dunia pada tanggal 11 Maret 1955 di Chelsea, London, Inggris.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Sir Alexander Fleming Penemu Obat Penisilin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *