Biografi Singkat Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Blogdope.com – Biografi Singkat Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Lampu pijar merupakan benda penghantar cahaya yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang menemukannya? Berikut biografi singkat Thomas Alva Edison penemu lampu pijar.

Pranala Hidup Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

thomas alva edisonThomas Alva Edison lahir di Kota Milan, Ohio, Amerika Serikat, pada tanggal 11 Februari 1847.

Latar belakang perekonomian keluarga Thomas Alva Edison adalah keluarga yang sederhana. Masa kecil Thomas Alva Edison dilalui dengan penuh perjuangan demi memperoleh sumber penghidupan.

Thomas Alva Edison pernah berjualan koran, kacang, permen, dan juga kue yang dilakukannya di atas kereta api.

Dari sisi akademis, Thomas Alva Edison pernah mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan dari gurunya. Ia dianggap terlalu bodoh untuk menjadi pelajar, sehingga Thomas Alva Edison hanya pernah bersekolah selama tiga tahun.

Di luar perkiraan gurunya tersebut, anak yang dikeluarkannya memiliki bakat yang luar biasa sebagai seorang penemu.

Dunia pada akhirnya mengenal nama Thomas Alva Edison sebagai seorang penemu yang luar biasa, meskipun tidak cemerlang pada kemampuan akademiknya.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Bill Gates Pendiri Microsoft

Pada saat mencapai usia 21 tahun, Thomas Alva Edison berhasil menemukan alat perekam suara elektronik. Penemuan berikutnya oleh Thomas Alva Edison berupa mesin telegram yang mampu mencetak secara otomatis. Alat ini oleh Thomas Alva Edison dijual seharga 40.000 dollar Amerika Serikat.

Semenjak saat itu banyak sekali ragam peralatan-peralatan yang berhasil ditemukan oleh Thomas Alva Edison, yang kemudian mulai melambungkan namanya.

Thomas Alva Edison berhasil mengembangkan penemuan-penemuan yang berhasil dicapai oleh para penemu sebelumnya. Hal ini tidak berarti Thomas Alva Edison tidak memiliki karya berupa penemuan yang orisinil dari hasil pemikirannya sendiri.

Salah satu contoh karya penemuan hasil pemikiran Thomas Alva Edison sendiri adalah mesin piringan hitam (gramafon). Hak paten atas penemuan ini terdaftar atas nama Thomas Alva Edison pada tahun 1877.

Selang dua tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 1879, Thomas Alva Edison berhasil mengembangkan bola lampu pijar. Letak kepraktisan bola lampu pijar yang ditemukan oleh Thomas Alva Edison adalah pada sistem pemusatan listrik yang pada waktu itu biasa disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Alessandro Volta Penemu Baterai

Ketika itu arus listrik disalurkan pada lampu-lampu jalan kota Paris, tetapi sama sekali tidak menyentuh rumah-rumah penduduk.

Thomas Alva Edison kemudian mendirikan perusahaan untuk memproduksi listrik guna menyuplai kebutuhan rumah-rumah penduduk di Kota New York pada tahun 1882.

Penemuan sistem kelistrikan pada bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison dengan cepat menyebar ke kota-kota besar lain di dunia, bahkan diterapkan juga di sektor industri sampai dengan saat ini.

Thomas Alva Edison meninggal pada tanggal 18 Oktober 1931 di West Orange, New Jersey. Ketika itu usianya mencapai 84 tahun.

Sepanjang hidupnya Thomas Alva Edison telah menghasilkan kurang lebih 3.000 karya penemuan. Akan tetapi sayangnya sebagian besar diantaranya tidak didaftarkan untuk mendapatkan hak paten.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *