Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Blogdope.com – Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Televisi mengambil peran yang sangat besar terhadap perkembangan sosial budaya dan peradaban manusia. Tahukah Anda siapa penemu televisi? Berikut biografi singkat Vladimir Kosma Zworykin penemu televisi.

Pranala Hidup Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi

Vladimir Kosma Zworykin Penemu TelevisiVladimir Kosma Zworykin lahir di Murom, Rusia, pada tanggal 30 Juli 1889. Jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi diperoleh oleh Vladimir Kosma Zworykin di Institut Teknologi St. Petersburg dan College de France di Paris.

Setelah menyelesaikan studinya Vladimir Kosma Zworykin kemudian berdinas pada Korps Penghubung Rusia. Pada waktu itu Perang Dunia I sedang berkecamuk di seluruh penjuru Eropa.

Kurang lebih pada tahun 1919, Vladimir Kosma Zworykin melakukan migrasi ke negara Amerika Serikat. Selanjutnya dia berhasil menjadi warga resmi negara Amerika Serikat pada tahun 1924.

Televisi ditemukan oleh Vladimir Kosma Zworykin pada tahun 1923. Hak paten atas penemuannya juga berhasil diperolehnya pada tahun yang sama.

Ciptaan Vladimir Kosma Zworykin pada waktu itu adalah televisi iconoscope. Iconoscope merupakan tabung penerus gambar televisi.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Charles Robert Darwin Pencetus Teori Evolusi

televisi iconoscope

Selang satu tahun kemudian, Vladimir Kosma Zworykin kembali mengajukan penerbitan hak paten atas penemuannya berupa pesawat penerima gambar televisi yang disebut dengan kinescope.

Kedua bentuk penemuan Vladimir Kosma Zworykin, yaitu televisi iconoscope dan kinescope tersebut menggabungkan sistem televisi serba elektronik di dunia.

Seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat, Fransworth, kemudian melakukan penyempurnaan pada mesin televisi yang berbasis pada mesin buatan Vladimir Kosma Zworykin.

Nama Vladimir Kosma Zworykin mendapatkan tempat terhormat di kalangan ilmuwan dan masyarakat di dunia pada umumnya karena jasanya yang luar biasa berupa penemuan televisi.

Sejarah Penemuan Televisi

Pada prosesnya, mesin televisi buatan Vladimir Kosma Zworykin tidak dengan mudah bisa diterima oleh masyarakat. Sewaktu mesin televisi buatannya didemonstrasikan untuk pertama kali, perusahaan tempatnya bekerja bahkan hampir tidak menunjukkan ketertarikan.

Vladimir Kosma Zworykin tentu saja tidak putus asa dengan kejadian tersebut. Berbekal dengan keyakinan yang sangat kuat, ia terus berusaha melakukan penyempurnaan terhadap mesin televisi buatannya.

Hasilnya pada tahun 1929 Vladimir Kosma Zworykin kembali melakukan demonstrasi atas mesin televisi yang sudah disempurnakannya. Kali ini ia mendemonstrasikannya pada perusahaan radio Amerika Serikat yang bernama Radio Corporation of America (RCA).

BACA JUGA :   Biografi Singkat William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah

vladimir kosma zworykin

Ternyata perusahaan tersebut menaruh minat sangat yang besar terhadap hasil ciptaan Vladimir Kosma Zworykin. Ia kemudian ditunjuk sebagai direktur riset elektronik pada perusahaan tersebut dan berkedudukan di Camden, New Jersey.

Berdasarkan penemuan mesin televisi yang sudah disempurnakan tersebut memungkinkan terjadinya pengembangan televisi modern pada saat ini sebagai sebuah sarana pendidikan sekaligus hiburan.

Bentuk penemuan Vladimir Kosma Zworykin lain yang juga mempunyai peran dan manfaat selama terjadinya Perang Dunia II adalah sebuah alat yang disebut dengan “mata listrik” atau electric eye.

Electric Eye atau Mata listrik merupakan alat yang memungkinkan tentara untuk mendapatkan visual atau pandangan meskipun berada dalam lingkungan yang gelap gulita.

Vladimir Kosma Zworykin meninggal dunia di Princeton pada tanggal 29 Juli 1982. Warisan yang ditinggalkannya merupakan warisan besar dalam sejarah peradaban manusia.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworykin Penemu Televisi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *