Biografi Singkat Wilbur Wright dan Orville Wright Penemu Pesawat Terbang

Blogdope.com – Biografi Singkat Wilbur Wright dan Orville Wright Penemu Pesawat Terbang

Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang efekif dan sering digunakan oleh manusia. Tahukah Anda siapa penemu pesawat terbang? Berikut biografi singkat Wilbur Wright adan Orville Wright penemu pesawat terbang.

Sebenarnya manusia sudah melakukan beragam cara dan usaha untuk mewujudkan angan-angan adanya manusia yang bisa terbang dengan bantuan sebuah alat. Usaha ini bahkan sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu.

Montgolfier bersaudara dari Perancis pada tahun 1783 berhasil menciptakan balon udara. Balon udara ini dapat digunakan untuk membawa orang terbang ke angkasa.

Balon udara yang ditemukan oleh Montgolfier bersaudara ini kemudian disempurnakan oleh Graaf Zappelin dari Jerman. Balon udara buatan Graaf Zappelin ini merupakan penyempurnaan buatan Montgolfier baik dari aspek bentuk maupun fungsionalitasnya.

Balon udara buatan Graaf Zappelin di tahun 1900 ini kemudian dikenal dengan sebutan Balon Zappelin.

Sedangkan alat bantu terbang sebagai purwarupa pesawat terbang yang kita gunakan saat ini adalah hasil karya Wright bersaudara, yaitu Wilbur Wright dan Orville Wright. Keduanya merupakan kakak adik yang berasal dari Amerika Serikat.

Profesi keduanya sebenarnya adalah pedagang sepeda. Akan tetapi mereka berdua selalu rajin melakukan percobaan-percobaan.

Wright BersaudaraWilbur Wright lahir di Milville, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 16 April 1867. Sementara adiknya, Orville Wright, lahir di Dayton, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 19 Agustus 1871.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Dmitri Mendeleev Penemu Tabel Periodik Unsur Kimia

Sejarah Penemuan Pesawat Terbang

Wilbur Wright dan Orville Wright mendirikan toko sepeda pada tahun 1892. Toko sepeda tersebut sekaligus berfungsi sebagai tempat mereka melakukan percobaan atau bengkel.

Dari sisi akademis, keduanya tidak berhasil menyelesaikan pendidikannya sampai di tingkat perguruan tinggi. Meskipun demikian minat mereka untuk melakukan percobaan dan penelitian di bidang penerbangan sangatlah tinggi.

Bahkan minat tersebut melebihi semangat para sarjana yang beruntung memiliki sarana penelitian yang lengkap pada waktu itu.

Toko sepeda yang didirikan oleh Wilbur Wright dan Orville Wright melayani penjualan, perbaikan, dan pembuatan sepeda. Keuntungan dari usaha perdagangan sepeda inilah yang diharapkan oleh Wright bersaudara untuk mendanai percobaan-percobaan atas penelitian mereka.

Penelitian mereka diawali dengan melakukan pembelajaran terhadap konsep terbang yang dikemukakan oleh para ahli penerbangan pada masa itu.

Ketika itu belum ada satupun orang yang mampu menciptakan pesawat yang dapat diterbangkan, apalagi dengan membawa manusia sebagai penumpangnya.

Wilbur Wright dan Orville Wright pada tahun 1899 mulai mengarahkan usaha dan upayanya untuk membuat pesawat yang bisa diterbangkan.

Setelah melakukan percobaan-percobaan dengan gigih dan tidak kenal lelah, empat tahun kemudian mereka berdua berhasil menciptakan pesawat terbang pertama.

Idenya berawal dari hal yang sangat sederhana. Mereka melakukan pengamatan terhadap layang-layang, kemudian mempelajari cara kerja layang-layang tersebut dengan sesama. Usaha tersebut kemudian diikuti dengan pembuatan peluncur.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Jan Koum Pencipta Aplikasi Percakapan WhatsApp

Satu tahun berikutnya mereka berhasil membuat sebuah pesawat terbang yang mampu mengangkat manusia dengan menggunakan bantuan peluncur. Hasil karya mereka tersebut kemudian dibawa ke Kitty Hawk, California bagian Utara. Mereka membawanya kesana untuk dilakukan ujicoba terbang.

Hasil ujicoba terbang yang mereka lakukan dengan pesawat berpeluncur ternyata kurang memuaskan.

Pada tahun 1903, mereka berdua melakukan percobaan terbang pesawat berpeluncur yang ketiga kalinya. Wilbur Wright dan Orville Wright berhasil terbang ke angkasa setinggi kurang lebih seribu kaki.

Keberhasilan terbang pada ketinggian seribu kaki ini semakin mendorong minat dan keinginan mereka untuk melakukan percobaan dan inovasi pembuatan pesawat terbang bermesin.

Kembali mereka berdua tenggelam dalam kegiatan merancang pesawat terbang bermesin. Mereka dengan teliti melakukan perhitungan-perhitungan terhadap setiap komponen pesawat terbang, termasuk di dalamnya bagian sayap.

Bahkan perhitungan-perhitungan pada saat merancang sayap pesawat terbang ini menjadi pedoman bagi pabrik pesawat terbang modern dalam memproduksi pesawat terbang sampai sekarang.

Wilbur Wright dan Orville Wright juga menciptakan mesin paling ringan di masa itu, mereka pun merancang sendiri baling-baling yang digunakan.

Hasil kerja keras kedua bersaudara tersebut diberi nama Flier 1. Dunia penerbangan lebih mengenalnya dengan julukan “Kitty Hawk”. Wilbur Wright dan saudaranya, Orville Wright tidak berhenti sampai di situ saja.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Michael Faraday Penemu Listrik

flier 1

Pesawat Flier 1 ini sampai sekarang masih tersimpan di Museum Udara dan Ruang Angkasa Amerika Serikat di Washington DC.

Mereka kemudian mengembangkan pesawat terbang bermesin selanjutnya yang diberi nama Flier 2 yang dapat diuji terbang sampai dengan 105 kali pada tahun 1904.

flier 2

Kurang lebih pada tahun 1905, hasil pengembangan pesawat-pesawat sebelumnya kembali dibuat oleh Wilbur Wright dan Orville Wright. Mereka menamainya sebagai pesawat Flier 3. Pesawat tersebut mampu terbang dengan sangat nyaman di dekat kota Dayton. Wright bersaudara sendiri yang menjadi pengemudinya.

Wilbur Wright meninggal dunia lebih dahulu daripada adiknya, Orville Wright. Wilbur Wright tercatat meninggal dunia pada tanggal 30 Mei 1912 di Dayton, Ohio, Amerika Serikat setelah menderita penyakit tipes.

Sementara Orville Wright meninggal dunia di Dayton, Ohio pada tanggal 30 Januari 1948.

Hasil usaha dan pemikiran mereka menjadi tonggak bersejarah bagi perkembangan teknologi transportasi manusia.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Wilbur Wright dan Orville Wright Penemu Pesawat Terbang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *