Biografi Singkat Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X

Blogdope.com – Biografi Singkat Wilhelm Conrad Rontgen Penemu Sinar X

Sinar X atau yang biasa dikenal dengan sebutan sinar rontgen banyak digunakan di dunia kedokteran. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang menemukan sinar X atau sinar rontgen? Berikut biografi singkat Wilhelm Conrad Rontgen penemu sinar X.

Pranala Hidup Wilhelm Conrad Rontgen

RontgenWilhelm Conrad Rontgen lahir di Lennep, Prusia, pada tanggal 27 Maret 1845. Kota Lennep, Prusia sekarang dikenal sebagai Kota Remscheld, Jerman.

Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kain yang sangat sukses. Ketika Wilhelm Conrad Rontgen berusia tiga tahun, keluarganya memutuskan untuk pindah ke kota kecil Apeeldom, Belanda. Di sana keluarga tersebut tinggal bersama kakek dari pihak ibu.

Masa kecil Wilhelm Conrad Rontgen berlalu dengan sangat menyenangkan. Pada waktu itu ia sangat senang melakukan petualangan ke hutan-hutan kecil yang terdapat di sekitar kota.

Wilhelm Conrad Rontgen bersekolah mengambil jurusan teknik di Kota Utrech, Belanda pada tahun 1862. Bangku sekolah teknik ini tidak sampai ditamatkannya karena ia keburu dikeluarkan karena kesalahannya sendiri.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Charles Robert Darwin Pencetus Teori Evolusi

Bahkan, Wilhelm Conrad Rontgen tidak berhasil masuk ke universitas manapun di Belanda karena ijazahnya tidak lengkap.

Berbekal motivasi dan keinginan belajar yang sangat tinggi, Wilhelm Conrad Rontgen kemudian memohon izin untuk menjadi pendengar pada beberapa perkuliahan yang berlangsung di Universitas Utrech.

Pada tahun 1865, Wilhelm Conrad Rontgen berhasil lulus ujian masuk Institut Teknologi Federal di Zurich, Swiss. Pada institut tersebut, ia mempelajari bidang rekayasa mekanik dan berhasil memperoleh gelar diploma.

Wilhem Conrad Rontgen kemudian masuk ke jurusan fisika atas prasaran dari Profesor August Kundt dari Jerman. Tepat setahun berikutnya, Wilhelm Conrad Rontgen sudah berhasil menyandang gelar doktor dari Institut Teknologi Federal Zurich, Swiss.

Profesor August Kundt kemudian memperkerjakan Wilhelm Conrad Rontgen sebagai asisten di laboratorium pribadi miliknya. Profesor August Kundt kemudian memperoleh tawaran untuk mengajar di Bavaria, dan beliau mengajak serta Wilhelm Conrag Rontgen untuk turut membantu.

Semenjak saat itulah, karir intelektual Wilhelm Conrad Rontgen mengalami perkembangan yang sangat pesat.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Wilhel Conrad Rontgen kemudian kembali ke Universitas Strasbourg, Perancis untuk mulai mengajar mata kuliah fisika teoritis sejak tahun 1872.

Pada tahun 1872, Rontgen kembali ke Universitas Strasbourg dan mulai mengajar fisika teoritis sejak tahun 1874.

Penemuan Sinar X (X-ray) atau Sinar Rontgen

Meskipun sibuk dengan kegiatan mengajar, Wilhelm Conrad Rontgen tidak berhenti melakukan penelitian pribadi. Pada tanggal 8 November 1895, Wilhelm Conrad Rontgen berhasil menemukan sinar X (x-ray) yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan sinar rontgen.

sinar X atau sinar rontgen

Dengan bantuan sinar X (x-ray) atau sinar rontgen, Wilhelm Conrad Rontgen pada waktu itu dapat melihat tulang jemarinya yang diperlihatkan berupa bayangan hitam yang dikelilingi oleh bayangan yang agak terang. Bayangan yang agak terang tersebut merupakan bagian daging tangan.

Penemuan sinar X oleh Wilhelm Conrad Rontgen ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia, pada khususnya di bidang kedokteran. Meskipun demikian Wilhelm Conrad Rontgen sama sekali tidak berniat untuk mengkomersilkannya.

Wilhelm Conrad Rontgen menyumbangkan hasil penemuannya tersebut kepada dunia ilmu pengetahuan dan kedokteran demi kemanusiaan. Ia menginginkan agar temuannya dapat meringankan penyakit yang menjangkiti jutaan orang. Sungguh sebuah sikap yang sangat mulia dan patut menjadi teladan.

BACA JUGA :   Biografi Singkat George Eastman Penemu Film Kamera Kodak

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Wilhelm Conrad Penemu Sinar X (Sinar Rontgen). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *