Biografi Singkat William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah

Blogdope.com – Biografi Singkat William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah

Ilmu yang mempelajari sistem peredaran darah mengambil peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan kedokteran. Tahukah Anda siapa ilmuwan yang menemukan sistem peredaran darah? Berikut biografi singkat William Harvey penemu sistem peredaran darah.

Pranala Hidup William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah

William Harvey penemu sistem peredaran darah

William Harvey lahir pada tanggal 1 April 1578 di Folkestone, Kent, Inggris. Beliau meninggal dunia di London pada tanggal 3 Juni 1657.

Jenjang pendidikan tinggi diselesaikan oleh William Harvey di Caius College, Cambridge pada tahun 1600, dan juga di Universitas Padua yang pada masa itu merupakan universitas kedokteran terbaik di dunia pada tahun 1602.

Lulus dari Universitas Padua, William Harvey kemudian menjadi mahasiswa tingkat doktoral di Royal College of Physicians pada tahun 1607 sembari mengajar bidang anatomi.

Lompatan karir luar biasa berhasil dicapai oleh William Harvey pada tahun 1654 dengan menduduki jabatan sebagai presiden pada Royal College of Physicians. Sebuah jabatan yang sangat prestisius di kalangan masyarakat akademis.

BACA JUGA :   Biografi Singkat William Thomas Green Morton Penemu Anestesia

William Harvey juga bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit St. Batholome di Kota London, selain juga membuka praktik pribadi.

Penemuan Sistem Pembuluh Darah

Nama William Harvey dikenal oleh dunia sebagai seorang tokoh fisiologi modern yang pertama kali mendeskripsikan sistem peredaran darah yang dipompakan oleh jantung ke sekeliling tubuh manusia.

sistem peredaran darah manusiaWilliam Harvey mengembangkan gagasan Rene Descartes (lihat juga: Biografi Singkat Rene Descartes Pencipta Geometri Analitis) bahwa arteri dan vena merupakan dua buah pipa yang membawa makanan ke seluruh tubuh.

Penemuan ini dikukuhkan dalam sebuah buku berjudul Exercitatio Anatomica de Motu Cordis et Sanguinis in Animalibus (Gerak Otomatis Jantung dan Darah Binatang). Buku tersebut diterbikan pada tahun 1628.

Di dalam buku inilah William Harvey meletakkan dasar pemikiran dan pengertian cara kerja tubuh manusia.

Penemuannya tersebut dia kukuhkan dalam buku yang diterbitkannya pada tahun 1628 berjudul Exercitatio Anatomica de Motu Cordis et Sanguinis in Animalibus (Gerak Otomatis Jantung dan Darah Binatang). Di dalam buku tersebut, Harvey meletakkan dasar pengertian cara kerja tubuh manusia.

BACA JUGA :   Biografi Singkat George Eastman Penemu Film Kamera Kodak

William Harvey juga melakukan penelitian terhadap embriologi dan hasil penelitiannya ini dituangkan dalam sebuah buku berjudul On the Generation of Animals (De Generatione). Buku tersebut diterbitkan pada tahun 1651.

Secara tidak langsung, William Harvey merupakan salah seorang ilmuwan pendukung teori yang dikemukakan Aristoteles bahwa embrio terbentuk secara perlahan dan berangsur-angsur dan embrio tersebut pada tahap awal tidak memiliki ciri-ciri dewasa.

Teori William Harvey tentang sistem peredaran darah melalui jantung ini juga menggugurkan pandangan dunia ilmu pengetahuan sebelumnya mengenai teori yang dikemukakan oleh Galen.

Galen merupakan ilmuwan dan dokter yang hidup pada zaman Romawi kuno. Galen berpendapat bahwa terdapat dua pusat darah dalam tubuh manusia. Kedua pusat darah tersebut adalah hati dan jantung.

Pendapat Galen menyatakan hati adalah sumber dan pengirim darah melalui urat halus yang bernama vena (pembuluh balik). Fungsi urat halus atau vena tersebut adalah mengangkut makanan ke seluruh tubuh.

Masih menurut pendapat Galen, jantung merupakan penyuplai darah yang mengalir di sepanjang arteri dan sebagian kecil darah vena mengalir dari hati menuju ke seluruh tubuh.

BACA JUGA :   Biografi Singkat Joseph John Thomson Penemu Unsur Elektron

Kebalikan dari pendapat yang dikemukakan oleh Galen, William Harvey menyatakan bahwa semua darah di pembuluh vena bukan mengalir dari hati ke seluruh tubuh. Melainkan dari seluruh tubuh ke pusat tunggal berupa jantung.

William Harvey mengibaratkan jantung sebagai pompa yang bertugas untuk memompakan daerah ke dalam pembuluh arteri.

pembuluh arteri

Buku yang membahas tentang sistem peredaran darah hasil karya William Harvey ini dengan cepat melambungkan namanya ke seluruh penjuru dunia.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat William Harvey Penemu Sistem Peredaran Darah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *