Biografi Sir Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi

Blogdope.comBiografi Sir Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi. Hukum gravitasi menyatakan bahwa benda bergerak ke bawah karena tertarik oleh gaya gravitasi. Tahukah Anda siapa penemu hukum gravitasi? Berikut ini adalah biografi singkat Isaac Newton pencetus hukum gravitasi.

Riwayat Hidup Sir Isaac Newton

Isaac Newton lahir di Woolsthorpe, Inggris pada tanggal 4 Januari 1643. Beliau meninggal dunia pada usia 84 tahun, tepatnya pada tanggal 31 Maret 1727.

Nama Sir Isaac Newton terkenal di dunia sebagai seorang ahli ilmu fisika, matematika, kimia, astronomi, seorang filsuf alam, dan juga seorang theolog.

biografi isaac newton penemu hukum gravitasi
Sir Isaac Newton, Penemu Hukum Gravitasi (Sumber: gammafishblog.com)

Anugerah kemampuan berpikir yang luar biasa menjadikan Newton sebagai seorang jenius dan berhasil mengemukakan beragam hukum tentang alam semesta. Beliau juga berhasil menciptakan beberapa peralatan penting yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia.

Baca Juga: Biografi John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern

Pada saat Isaac Newton berusia 12 tahun, ia bersekolah di The Kings School. Sebuah sekolah yang terletak di Kota Grantham, Inggris. Ketika itu, keinginannya untuk terus bersekolah tidak mendapatkan dukungan dari keluarganya.

Kedua orang tuanya menginginkan Isaac Newton untuk menjadi petani yang baik saja. Hal ini terbukti dari tindakan orang tuanya yang mencoba mengeluarkan Newton dari sekolah pada saat ia berusia 17 tahun.

Isaac Newton sama sekali tidak menyukai pekerjaan sebagai petani. Ia terus berusaha untuk meyakinkan keluarganya agar di izinkan untuk menyelesaikan belajarnya di sekolah. Usahanya yang terus menerus dan tidak kenal lelah ini akhirnya mendapatkan persetujuan.

Isaac Newton berhasil lulus dari sekolahnya pada usia 18 tahun dengan perolehan nilai yang sangat memuaskan.

Artikel Terkait: Seri Biografi Ilmuwan: Andre Marie Ampere Penemu Hukum Ampere

Biografi Singkat Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi

Sedari kecil, Isaac Newton sudah menunjukkan keistimewaan dan kualitas berpikir yang di atas rata-rata. Utamanya dalam bidang mekanika.

Keistimewaan yang dimilikinya ini tidak ia perlihatkan secara langsung selama bersekolah. Bahkan oleh teman-temannya, Newton terkenal sebagai pelajar yang nampaknya biasa-biasa saja bahkan cenderung bermalas-malasan.

Usai menamatkan belajarnya di The Kings School, selanjutnya Isaac Newton melanjutkan studi di Universitas Cambridge pada usia 18 tahun.

Sekali lagi karena kejeniusan cara berpikir Isaac Newton menjadikannya dapat dengan cepat menyerap semua ilmu yang di belajarkan di universitas tersebut.

Beragam disiplin ilmu mulai Fisika, Matematika, maupun Kimia dapat dengan cepat dikuasai oleh Isaac Newton. Di samping terus belajar, Newton pun mulai melakukan serangkaian penelitian-penelitian.

Dasar-dasar ilmu pengetahuan yang selanjutnya berperan besar dalam perkembangan dunia manusia berhasil ditemukan oleh Newton pada usia 21 tahun.

Berdasarkan pencapaian berupa karya-karya monumental, Isaac Newton kemudian menulis sebuah buku pada tahun 1687 berjudul Philophiae Naturalis Principia Mathematica.

Di dalam buku tersebut ia mendeskripsikan banyak hal, termasuk teori gravitasi secara umum yang berdasarkan pada hukum gerak yang telah ia kemukakan.

Teori gravitasi secara umum ini menyatakan bahwa benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi berdasarkan hukum gerak.

Buku ini menjadi salah satu buku paling monumental sepanjang sejarah ilmu pengetahuan. Di dalam buku ini menjadi dasar ilmu mekanika klasik, selain itu juga terdapat penjabaran tentang hukum gravitasi dan hukum gerak yang mengambil peran terbesar dalam sudut pandang ilmu pengetahuan tentang alam semesta.

Hukum Gravitasi Newton

Gravitasi sebagaimana pendapat yang di kemukakan oleh Isaac Newton dinyatakan bahwa gerak benda di seluruh bumi maupun benda-benda di luar angkasa diatur oleh sekumpulan hukum alam yang sama. Selanjutnya, hukum alam ini kemudian kita kenal dengan istilah gravitasi.

hukum gravitasi newton
Hukum Gravitasi Newton (Sumber: gammafishblog.com)

Sedangkan hukum gerak yang di kemukakan oleh Isaac Newton merupakan tiga buah hukum fisika klasik dan menjadi dasar bagi ilmu mekanika klasik.

Di dalam hukum ini di gambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada benda dengan gerak yang disebabkannya.

Karya Isaac Newton tidak terbatas pada hukum gerak saja. Beliau juga mengemukakan teori kalkulus pada bidang ilmu matematika. Isaac Newton kemudian memberikan penjelasan terperinci mengenai teori gerak.

Penjabarannya ini kemudian ia gunakan untuk merumuskan gerakan melingkar dari hukum Kepler.

Hukum Kepler di sempurnakan oleh Isaac Newton dengan mengemukakan pendapat bahwa orbit gerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran yang sempurna, melainkan dapat berupa elips/lonjong, parabola, atau hiperbola.

Isaac Newton juga berhasil menciptakan teleskop refleksi pertama di dunia. Beliau juga mengembangkan teori tentang spektrum warna. Kedua hal ini menjadi terobosan bersejarah dalam bidang ilmu optika.

Pada bidang ilmu mekanika, Isaac Newton juga mengemukakan prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Kedua teori ini berpengaruh besar dan menjadi patokan pengembangan teknologi teleskop.

Artikel Terkait:

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat Isaac Newton Pencetus Hukum Gravitasi. Semoga bermanfaat.