* Steven Sasson: Biografi Penemu Kamera Digital Pertama di Dunia

Hobi Selfie? Baca Dulu Biografi Steven J Sasson sang Penemu Kamera Digital Pertama di Dunia

Blogdope.comHobi Selfie? Baca Dulu Biografi Steven J Sasson sang Penemu Kamera Digital Pertama di Dunia. Anda suka selfie? Ya, kegiatan memfoto diri sendiri ini bagi sebagian orang merupakan cara mengekspresikan diri yang teraktual.

Ada yang mengatakan memperoleh kepuasan jika bisa menghasilkan foto selfie yang bagus.

selfie atau swafoto
Ilustrasi Kegiatan Selfie atau Ber-swafoto

Baca Juga: George Eastman, Biografi Ilmuwan Penemu Film Kamera Kodak

Dulu sebelum merebaknya teknologi telepon seluler dengan dukungan kamera terintegrasi, orang masih menggunakan kamera foto biasa.

Seiring perkembangan zaman, penggunaan kamera foto beralih ke kamera digital. Sulitnya proses untuk mencetak foto biasa ke dalam kertas menjadi salah satu alasannya. Dengan kamera digital, semua menjadi lebih mudah.

Nah, tahukah Anda, siapakah orang pertama di dunia yang menemuka kamera digital? Simak biografi penemu kamera digital di bawah ini.

Riwayat Hidup Steven J. Sasson sang Penemu Kamera Digital

Steven J. Sasson lahir pada tanggal 4 Juli 1950. Ia tumbuh besar di Brooklyn, New York. Namanya terkenal di dunia sebagai orang pertama yang berhasil menemukan kamera digital.

Profesi utama Steven adalah ahli elektronik terutama kamera. Ia memiliki latar belakang pendidikan dari Rensselaer Polytechnic Institute. Dari kampus itu ia meperoleh gelar sarjana bidang teknik elektro.

Penemuan Kamera Digital Pertama di Dunia

Kamera digital pertama di dunia berhasil ditemukan oleh Steven J. Sasson pada tahun 1975. Meskipun pada tahun 1972, Texas Instruments Inc telah mengawalinya terlebih dahulu.

Perusahaan tersebut berhasil mendesain sebuah kamera elektronik yang penggunaannya tidak membutuhkan film. Komponen ini diperlukan pada penggunaan kamera biasa.

Akan tetapi, kamera elektronik hasil desain perusahaan Texas Instrumens bukanlah sebuah kamera digital.

Steven ketika bekerja di perusahaan Eastman Kodak Company, memperoleh tugas dari supervisornya bernama George A. Lloyd untuk membuat sebuah kamera elektronik.

kamera digital
Beragam Jenis Kamera Digital Modern

Baca Juga: Biografi Alexander Bain Ilmuwan Penemu Mesin Fax

Kamera elektronik tersebut bekerja menggunakan charger. Selanjutnya kita kenal dengan sebutan Charger Coupled Device (CCD).

Sayangnya pencarian Steven tidak berhasil. Ia kemudian mengalihkan fokus pada bahan-bahan yang tersedia saat itu. Misalnya konverter analog ke digital, dan chip CCD mini. Alat berupa konverter analog ke digital ia adaptasi dari Motorola. Sedangkan chip mini diproduksi oleh Fairchild Semiconductor.

Dari bahan-bahan tersebut kemudian Steven membuat sirkuit digital baru. Panduannya menggunakan hasil pengukuran osiloskop. Dari serangkaian percobaan tersebut, lahirlah sebuah purwarupa kamera digital. Proses itu berlangsung sampai dengan bulan Desember 1975.

Untuk mencoba hasil karyanya, Steven membujuk asisten laboratorium agar mau berpose foto. Setelah berhasil mengambil gambar foto dengan kamera ciptaannya, ia memerika hasil foto yang berupa hitam putih.

Gambar foto tersebut memiliki resolusi 0,01 megapixel. Itu setara dengan 10.000 pixel. Untuk memindahkan gambar dengan resolusi itu ke dalam kaset digital membutuhkan waktu 23 detik. Kemudian 23 detik lagi agar dapat terbaca oleh unit pemutaran. Akhirnya dapat muncul di layar televisi.

Semenjak saat itu, Sasson terus berupaya mengembangkan penemuannya. Hingga pada akhirnya ia tercatat oleh sejarah seabgai penemu kamera digital pertama di dunia.

Penghargaan Karir Steven Sasson

Hasil penemuan Steven J. Sasson berupa kamera digital ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kemanusiaan. Purwarupa kamera digital pertama di dunia buatan Sasson inilah yang kemudian berkembang menjadi kamera digital seperti kita kenal sekarang.

Atas jasa-jasa dan pemikirannya itulah, banyak sekali penghargaan yang diterima oleh Steven Sasson. Di antaranya sebuah penghargaan berupa The National Medal of Technology and Innovation. Penghargaan ini diterimakan langsung oleh Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 17 November 2009 di East Room White House.

Selain itu, Sasson juga menerima penghargaan berupa Medali Progress and Honorary Fellowship dari The Royal Photographic Society. Ini terjadi pada tanggal 6 September 2012. Pemberian penghargaan ini berdasar atas jasa Sasson dalam menemukan teknologi berkenaan dengan seni fotografi.

Nilai moral yang dapat kita ambil dari biografi Steven Sasson ialah keterbatasan alat dan bahan yang ada di sekitar kita bukanlah sebuah alasan yang membatasi kreativitas. Kunci keberhasilan atas inovasi teknologi terletak pada kreativitas seseorang.

Biografi Tokoh Penemu Lainnya:

Demikianlah riwayat hidup Steven J. Sasson sang penemu kamera digital pertama di dunia. Semoga dapat menginspirasi kita semua untuk tetap bersemangat kerja.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply