Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda

Blogdope.com – Biografi William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda. Tabung sinar katoda merupakan peralatan kelistrikan yang menjadi dasar dari penemuan dan pengembangan televisi. Tahukah Anda siap ilmuwan yang menemukan tabung sinar katoda? Berikut biografi William Crookes penemu tabung sinar katoda.

Riwayat Hidup William Crookes

William Crookes lahir di London, Inggris pada tanggal 17 Juni 1832. Tabung sinar katoda hasil penemuannya pada tahun 1878 bukanlah satu-satunya karya dan jasa William Crookes bagi ilmu pengetahuan.

Beliau juga menemukan unsur talium pada tahun 1861. Unsur talium merupakan suatu unsur kimia yang berperan penting dalam pengembangan fisika atom.

biografi william crookes penemu tabung sinar katoda
William Crookes, Penemu Tabung Sinar Katoda (Sumber: kunciujianbaru.blogspot.com)

Artikel Terkait: Biografi Lengkap Frederick Soddy Penemu Isotop

Jasa-jasa William Crookes tidak hanya berupa penemuan dalam tingkat praktis seperti televisi siap pakai, melainkan juga merambah pada ranah suplai suku cadang.

Tabung sinar katoda yang di temukan oleh William Crookes pada waktu itu merupakan elemen terpenting dalam televisi iconoscope (lihat juga: Biografi Singkat Vladimir Kosma Zworyn Penemu Televisi). Tabung ini juga dipakai di dalam sebuah kamera.

William Crookes menyelesaikan pendidikan jurusan kimia dari Royal College. Selanjutnya ia menjadi peneliti pada Departemen Meteorologi yang merupakan bagian dari Observatorium Radcliffe, Oxford pada tahun 1854.

Tahun berikutnya William Crookes memperoleh jabatan di Perguruan Tinggi Ilmu Pengetahuan Chester, Chesfie, Inggris.

Dari ayahnya yang sudah meninggal, William Crookes memperoleh warisan yang nominalnya cukup besar pada waktu itu. Warisan ini tidak serta merta di gunakannya untuk hidup bersenang-senang dan berfoya-foya, melainkan dia pergunakan untuk melakukan penelitian lebih lanjut di bidang ilmu pengetahuan.

William Crookes kemudian membangun sebuah laboratorium pribadi di London, Inggris, pada tahun 1856. Semenjak saat itulah William Crookes mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk melakukan penelitian ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Biografi John Dalton Penemu dan Pencetus Teori Atom Modern

Penemuan Tabung Sinar Katoda

Ketika melakukan penelitian terhadap katoda William Crookes menemukan keberadaan ruangan gelap yang berada di sekitar katoda. Bagian tersebut kemudian terkenal dengan sebutan “Ruang Gelap Crookes”.

William Crookes kemudian melakukan demonstrasi dan peragaan sinar katoda yang bergerak dalam garis-garis lurus. Dari hasil pergerakan sinar katoda tersebut terciptalah pendaran atau pancaran cahaya. Pergerakan sinar katoda ini juga menghasilkan panas jika sinar tersebut membentur benda-benda tertentu.

tabung sinar katoda
Ilustrasi Tabung Sinar Katoda

William Crookes juga menciptakan banyak alat perlengkapan yang di gunakannya untuk mendukung penelitian di laboratorium pribadinya untuk mendalami perilaku sinar katoda.

Teori analisa spektrum yang dikemukakan oleh Robert Wihelm Busen dan Gustav Robert Kirchhoff menuntun William Crookes untuk melakukan cara baru dalam mempelajari campuran selenium.

Di dalam lapisan selenium tersebut, William Crookes kemudian berhasil menemukan unsur talium. William Crookes kemudian menghabiskan waktu kurang lebih dua tahun lamanya untuk melanjutkan penelitian terhadap unsur talium.

Sekira pada tahun 1873, berat atom unsur talium berhasil di temukan oleh William Crookes.

Selain penemuan-penemuan tersebut, salah satu karya besar dari William Crookes adalah alat berupa radiometer. Radiometer ini merupakan sebuah alat yang dapat mengubah radiasi gerakan cahaya menjadi gerakan berputar.

Kerajaan Inggris kemudian menganugerahi William Crookes dengan gelar kebangsawanan Sir. Gelar ini diberikan pada tahun 1897.

William Crookes meninggal dunia di London, pada tanggal 4 April 1919.

Artikel Populer Lainnya:

Demikian artikel mengenai Riwayat Hidup William Crookes Penemu Tabung Sinar Katoda. Semoga dapat menambah wawasan serta khasanah pengetahuan Anda.

Terima kasih.