Biografi William Thomas Green Morton Penemu Obat Bius

Blogdope.com – Biografi Singkat William Thomas Green Morton Penemu Obat Bius. Tindakan medis berupa anestesia atau pemberian obat bius merupakan langkah penting pra tindakan operasi.  Tahukah Anda siapa penemu obat bius? Berikut biografi singkat William Thomas Green Morton penemu obat bius.

Riwayat Hidup William Thomas Green Morton, Penemu Obat Bius

biografi william thomas green morton penemu obat bius
William Thomas Green Morton: Penemu Obat Bius

William Thomas Green Morton lahir di Carlton, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 9 Agustus 1819.  Beliau meninggal dunia di New York City pada tanggal 15 Juli 1868.

Nama William Thomas Green Morton terkenal sebagai seorang dokter yang sangat berjasa di bidang medis karena beliaulah yang menemukan anestesia atau tindakan pemberian obat bius.

Anestesia merupakan tindakan medis menggunakan obat bius yang bertujuan utuk menghilangkan rasa sakit atau rasa lain yang muncul selama tindakan operasi atau pembedahan pada pasien.

Peristiwan anestesia atau pembiusan oleh William Thomas Green Morton pada bulan Oktober 1846 merupakan tonggak sejarah dunia kedokteran medis.

Sebelumnya beragam cara untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit ketika dilakukan tindakan operasi atau pembedahan. Usaha ini bahkan telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

Pernah pada masanya, seorang penyair Yunani bernama Homer, yang hidup kurang lebih pada tahun 850 SM menuliskan dalam salah satu esainya bahwa upaya pembiusan atau anestesi menggunakan sejenis candu telah dipakai pada zamannya.

Dokter-dokter yang hidup pada zaman Arab kuno juga menggunakan candu untuk pembiusan atau anestesia.

Sementara itu para pelaut dari berkebangsaan Inggris menggunakan arak yang beralkohol tinggi sebelum melakukan tindakan operasi atau amputasi darurat di atas kapal selama perang.

Sejarah Penemuan Anestesia atau Obat Bius

William Thomas Green Morton menyelesaikan studi mengambil jurusan bedah gigi pada Akademi Baltimore. Ia berhasil menyelesaikan studinya pada usia 23 tahun kemudian membuka praktik kedokteran gigi.

Beberapa tahun berikutnya, William Thomas Green Morton menjalin kerjasama dengan dokter Horace Wells. Keduanya memiliki ketertarikan yang sama terhadap anestesia atau pembiusan.

Seiring perjalanan waktu ternyata hasil kerjasama keduanya tidak mendatangkan keuntungan.  Kerjasama tersebut kemudian berhenti atas persetujuan bersama.

Dokter Horace Wells pernah melakukan percobaan pembiusan menggunakan gas ketawa.  Percobaan ini mengalami kegagalan.

Selama menjalankan praktik kedokteran gigi, William Thomas Green Morton banyak mendapati pasien yang meminta penggantian gigi yang sudah hilang atau rusak dengan gigi palsu.

Secara prosedur, penggantian gigi dengan mencabut gigi yang lama sampai ke akarnya terlebih dahulu.  Proses ini tentu saja menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.

Eter, Zat Anestesia Pertama

William Thomas Green Morton terus berpikir untuk menemukan cara bagimana menghilangkan atau setidaknya mengurangi rasa sakit ini.

Atas saran seorang rekannya yang bernama Charles T. Jackson, William Thomas Green Morton mulai melakukan percobaan anestesia atau pembiusan menggunakan zat eter.  Charles T. Jackson adalah seorang profesor kimia pada Universitas Hardvard, Amerika Serikat.

Usulan Profesor Charles T. Jackson tersebut bukannya tanpa alasan.  Kurang lebih 300 tahun sebelumnya, seorang dokter yang juga ahli kimia dari Swiss bernama Paracelcus telah mengetahui daya bius dari eter.  Tetapi ia tidak memanfaatkannya pada proses bedah.

Suatu ketika datang padanya seorang pasien yang sakit gigi.  Saking sakitnya pasien tersebut sampai menjerit-jerit. Oleh William Thomas Green Morton, pasien tersebut segera disuntik dengan eter.

Ternyata rasa sakit pasien tersebut menjadi hilang, dan pasien tersebut tidak sadar bahwa gigi yang menimbulkan rasa sakit telah dicabut.

William Thomas Green Morton terus mengembangkan upaya penggunaan eter sebagai bahan anestesia atau pembiusan.  Tidak hanya pada kegiatan pencabutan gigi, melainkan merambah sampai ke tindakan operasi pembedahan.

Semenjak saat itulah perkembangan anestesia menjadi sangat cepat. Atas jasa-jasanya mengembangkan teknik anestesia atau pembiusan, William Thomas Green Morton bersama Profesor Charles T. Jackson menerima Hadiah Montyon yang diberikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis.

Anda juga dapat membaca artikel tentang biografi ilmuwan lain pada tautan berikut.

Demikian artikel mengenai Biografi Singkat William Thomas Green Morton Pencipta Anestesia atau Obat Bius.  Semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: