Cara Mudah Memahami Materi Narrative Text Bahasa Inggris Beserta Contoh

Materi dan Contoh Narrative Text Bahasa Inggris – Halo! Selamat bertemu kembali dalam seri artikel Bahasa Inggris untuk kelas 9 SMP. Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama belajar mengenai materi narrative text atau teks narasi dalam Bahasa Inggris.

Materi narrative text cukup sering dipergunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris, baik di jenjang SMP maupun SMA.materi dan contoh narrative text bahasa inggris

Artikel Terpopuler:

Materi dan contoh soal narrative text Bahasa Inggris ini akan membahas secara lengkap mulai dari pengertian, generic structure, ciri-ciri, contoh soal narrative text.

Selain itu juga membahas tentang unsur instrinsik teks naratif, serta melakukan analisa mengenai nilai moral atau morality value dari narrative text.

Materi dan Contoh Narrative Text Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text

Genre teks naratif atau narrative text dalam bahasa apapun, termasuk Bahasa Inggris memiliki pengertian umum yang kurang lebih sama.

Teks naratif atau narrative text adalah teks cerita fiksi (cerita hasil karangan), yang dibuat semata-mata hanya untuk tujuan menghibur pembacanya.

Bentuk narrative text biasanya berupa cerita, dongeng, fabel, dan sebagainya.

Sedangkan tujuan narrative text sekali lagi adalah untuk menghibur pembaca atau pendengarnya apabila teks naratif dinarasikan melalui monolog.

Alur cerita pada narrative text terbentuk melalui serangkaian cerita kejadian yang berurutan dan mengarah ke suatu puncak atau klimaks dan berakhir dengan solusi atau penyelesaian.

Adapun struktur baku narrative text selengkapnya dibahas pada paparan di bawah ini. Kalian juga dapat menyimak video pembelajaran mengenai materi dan contoh narrative text Bahasa Inggris berikut ini.

Baca Juga:

Generic Structure of Narrative Text

Struktur teks naratif dalam Bahasa Inggris atau narrative text secara umum memiliki 3 (tiga) susunan yang terdiri atas:

Pertama, Orientation

Berisi tentang pengenalan tokoh-tokoh yang terlibat dalam keseluruhan cerita, latar belakang tempat, dan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita.

Kedua, Complication

Merupakan tahap dimana permasalahan-permasalahan mulai muncul dan harus memperoleh penyelesaian dari tokoh utama cerita.

Ketiga, Resolution

Tahapan di mana cerita berakhir. Struktur ini menceritakan penyelesaian masalah yang muncul pada tahap complication oleh tokoh utama cerita. Pada bagian ini juga memuat nilai moral atau moral value dari cerita (coda).

Bentuk Kalimat Narrative Text Bahasa Inggris

Adapun kalimat-kalimat yang digunakan untuk menyusun paragraf teks narasi (narrative text) harus menggunakan bentuk lampau atau past. Penjelasan lebih lengkap tentang bentuk lampau dapat kalian baca pada artikel Materi Simple Past Tense Dilengkapi Rumus, Penjelasan, dan Contoh Soalnya.

Penggunaan kalimat bentuk lampau atau past ini erat kaitannya dengan sifat cerita dalam teks naratif yang merupakan cerita hasil karangan atau fiksi.

Sedangkan tense yang digunakan pada narrative text boleh menggunakan bentuk past perfect, past continuous, past perfect continuous, atau bisa juga menggunakan past future continuous.

Rumus dan cara menggunakan tense-tense di atas dapat kalian simak pada materi Materi Simple Past Tense Dilengkapi Rumus, Penjelasan, dan Contoh Soalnya.

Hal yang harus selalu diingat, bahwa aturan penggunaan bentuk tenses tersebut tidak harus menjadi acuan. Karena tenses itu sendiri mengacu pada situasi dan kondisi kalimat.

Ciri-ciri Narrative Text

Narrative Text Bahasa Inggris memiliki serangkaian ciri-ciri khusus yang membedakannya dari genre teks yang lain.

Adapun ciri-ciri narrative text selengkapnya sebagai berikut.

Pertama, menggunakan action verb berbentuk Past Tense. Misalnya: said, cried, sang, prepared, dan sebagainya. Kalian dapat mengingat kembali materi past tense dengan membaca artikel Past Tense.

Kedua, narrative text menggunakan Nouns khusus untuk menggantikan orang, hewan, atau benda yang terdapat dalam cerita. Contoh: the prince, the king, the jungle king, dan sebagainya.

Ketiga, kalimat dalam narrative text menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya: The poisonous Orchid, the red riding hood, dan lain-lain.

Keempat, menggunakan time connectives dan conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian dalam cerita. Contoh: before, after, then, next, soon, dan sebagainya.

Kelima, narrative text juga menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase sebagai penunjuk lokasi kejadian dalam cerita. Misalnya: on the cloud, in the mountain, there, here, happily ever after, dan sebagainya.

Nah, agar kalian lebih mudah memahami narrative text silahkan simak contoh narrative text dalam Bahasa Inggris berikut ini.

Contoh Teks Naratif atau Narrative Text Bahasa Inggris

The Legend Of Malin Kundang
Orientation

A long time ago, in a small village near the beach in West Sumatra, a woman and her son lived. They were Malin Kundang and his mother. His mother was a single parent because Malin Kundang’s father had passed away when he was a baby. Malin Kundang had to live hard with his mother.

Terjemahan:

(Pada zaman dahulu, di sebuah desa kecil dekat danau di Sumatra Barat, hiduplah seorang Wanita dan anak laki-lakinya. Mereka adalah Malin Kundang dan ibunya. Ibunya adalah orang tua tunggal, karena ayah Malin Kundang meninggalkan mereka Ketika ia masih bayi. Sejak saat itu, Malin kundang hanya hidup bersama dengan ibunya)

materi dan contoh narrative text bahasa inggris

Events Complication

Malin Kundang was a healthy, diligent, and strong boy. He usually went to sea to catch fish. After getting fish he would bring it to his mother, or sold the caught fish in the town. One day, when Malin Kundang was sailing, he saw a merchant’s ship which was being raided by a small band of pirates. He helped the merchant. With his brave and power, Malin Kundang defeated the pirates.

The merchant was so happy and thanked to him. In return the merchant asked Malin Kundang to sail with him. To get a better life, Malin Kundang agreed. He left his mother alone. Many years later, Malin Kundang became wealthy. He had a huge ship and was helped by many ship crews loading trading goods. Perfectly he had a beautiful wife too. When he was sailing his trading journey, his ship landed on a beach near a small village. The villagers recognized him. The news ran fast in the town; “Malin Kundang has become rich and now he is here”. An old woman ran to the beach to meet the new rich merchant. She was Malin Kundang’s mother.

She wanted to hug him, released her sadness of being lonely after so long time. Unfortunately, when the mother came, Malin Kundang who was in front of his well-dressed wife and his ship crews denied meeting that old lonely woman. For three times her mother begged Malin Kundang and for three times he yelled at her. At least Malin Kundang said to her “Enough, old woman! I have never had a mother like you, a dirty and ugly woman!” After that he ordered his crews to set sail. He would leave the old mother again but in that time she was full of both sadness and angriness. Finally, enraged, she cursed Malin Kundang that he would turn into a stone if he didn’t apologize. Malin Kundang just laughed and really set sail.

Terjemahan:

(Malin Kundang tumbuh sebagai anak yang sehat, cerdas, dan kuat. Terkadang ia pergi ke laut untuk menangkap ikan. Setelah memperoleh ikan, ia memberikannya kepada ibunya, atau menjual ikan hasil tangkapannya ke kota. Suatu hari, saat Malin Kundang berlayar, ia melihat sebuah kapal dagang yang sedang dirompak oleh kawanan bajak laut. Ia menolong para pedagang itu. Dengan keberanian dan kekuatannya, Malin Kundang berhasil mengalahkan para perompak.

Pedagang sangat gembira dan berterima kasih padanya. Mereka meminta Malin Kundang untuk berlayar bersama. Untuk memperoleh hidup yang lebih baik, Malin Kundang setuju. Ia meninggalkan ibunya seorang diri. Beberapa tahun setelahnya, Malin Kundang tumbuh semakin perkasa. Ia memiliki kapal besar dan banyak anak buah yang membantunya memuat barang-barang dagangan. Sempurna, ia memiliki istri yang cantik pula. Ketika ia berlayar dalam perjalanan dagangnya, kapalnya mendarat di sebuah pantai dekat dengan sebuah desa kecil. Para penduduknya mengenalinya. Berita dengan cepat tersebar di kota; “Malin Kundang menjadi kaya raya dan sekarang ia berada di sini”. Seorang Wanita tua berlari ke pantai to menemui pedang kaya baru itu. Ia adalah ibu Malin Kundang.

Ia ingin memeluknya, melepaskan kesedihan dan kesendiriannya selama ini. Sayangnya, saat ibunya datang, Malin Kundang berada di depan istri dan anak-anak buahnya, dan menolak untuk menemui Wanita itu. Sampai tiga kali ibunya memohon kepada Malin Kundang dan tiga kali pula ia menolaknya. Akhirnya, Malin Kundang berkata padanya, “Cukup, Wanita tua! Aku tidak pernah memiliki ibu sepertimu, Wanita kotor dan gila!”. Setelah itu ia memerintahkan pada anak buahnya bersiap untuk berlayar. Ia akan meninggalkan ibunya lagi. Ibunya merasa sangat sedih dan marah. Akhirnya, ia mengutuk Malin Kundang akan berubah menjadi batu sampai ibunya bisa memaafkannya. Malin Kundang hanya tertawa dan benar-benar berangkat berlayar.

Resolution

In the quiet sea, suddenly a thunderstorm came. His huge ship was wrecked and it was too late for Malin Kundang to apologize. He was thrown by the wave out of his ship. He fell on a small island. It was really too late for him to avoid his curse. Suddenly, he turned into a stone.

Terjemahan:

(Dalam ketenangan laut, tiba-tiba badai datang. Kapal besarnya terbelah dan sudah terlambat bagi Malin Kundang untuk menyesal. Ia terlempar oleh gelombang keluar dari kapalnya. Ia terjatuh ke sebuah pulau kecil. Sungguh sangat terlambat baginya untuk menghindari kutukan. Tiba-tiba, ia berubah menjadi batu).

Agar kalian dapat semakin memahami materi narrative text Bahasa Inggris yang dibahas kali ini, silahkan unduh soal latihan narrative text kemudian mengerjakannya.

Semoga dapat membantu kalian memahami materi narrative text. Selamat belajar, semoga sukses.

Thank you.